Menu

Mode Gelap

Bisnis · 7 Jan 2022 14:43 WIB

Gubernur Kalimantan Tengah Rekomunasikan Tidak Perpanjang PKP2B 7 Perusahaan Tambang


 Keterangan foto: Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat memimpin rapat evaluasi pengembangan Food Estate, Kamis (6/01). Foto. Adi/1tulah.com. Perbesar

Keterangan foto: Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat memimpin rapat evaluasi pengembangan Food Estate, Kamis (6/01). Foto. Adi/1tulah.com.

1tulah.com, PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran merekomunasikan untuk menghentikan perpanjang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) kepada tujuh perusahaan, karena selama 23 tahun tidak memberi kontribusi optimal kepada daerah. Demikian keterangan tertulis Gubernur pada Kamis (6/01).

Menurut Gubernur, tujuh perusahaan tambang yang ia maksud adalah PT Kalteng Coal (PT.KL), PT Maruwai Coal (PT.MC), PT. Pari Coal (PT.PC), PT Ratah Coal (PT.RC), PT Sumber Barito Coal (PT.SBC), PT Juloi Coal (PT.JC) dan PT Lahai Coal (PT.LC).

Ketujuh perusahaan tersebut bernaung di bawah Grup Perusahaan BHP Biliton dan Adaro Metcoal Company (AMC. Total lahan seluas 221.109 hektar.

Menurutnya, langkah ini menindaklanjuti kebijakan Presiden Joko Widodo yang mencabut izin 2.078 perusahaan tambang mineral dan batu bara yang tidak produktif dan tidak aktif membuat rencana kerja.

“Kalimantan Tengah memiliki potensi alam yang sangat luar biasa, khususnya dari sektor pertambangan, perkebunan, dan perhutanan (3P) serta sumber daya alam potensial lainnya yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Tujuh perusahaan tadi, katanya, diberi kesempatan selama 23 tahun melalui PKP2B untuk menambang yang meliputi eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, dan operasi produksi. Namun mereka belum memberi kontribusi optimal kepada daerah atas penguasaan pengelolaan sumber daya alam itu.

“Bukan hanya yang tidak dikelola, tetapi perusahaan tambang yang tidak berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah,” ucapnya.

Atas dasar itulah ia memberi dua rekomendasi kepada pemerintah pusat agar mengevaluasi semua perizinan.

Pertama, menciutkan wilayah PKP2B yang berstatus konstruksi/operasi produksi dan memberi prioritas untuk mendapatkan IUPK pada area penciutan tersebut kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sehingga ada kesempatan bagi daerah untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Kedua, tidak memperpanjang dua PKP2B atas nama PT. Pari Coal (PT. PC) dan PT Ratah Coal (PT. RC) yang berstatus eksplorasi dan akan berakhir pada tahun 2022 ini.

Menurutnya, rekomendasi tersebut sejalan dengan upaya Presiden Joko Widodo yang telah mencabut ribuan perusahaan tambang mineral dan batu bara yang tidak produktif serta tidak membuat rencana kerja.

Ia menambahkan akibat tidak memberi kontribusi, Pemerintah Kalimantan Tengah harus menggelontorkan dana Rp750 miliar setiap tahunnya untuk perbaikan infrastruktur jalan sesuai data dari Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Tengah.

Sugianto menjelaskan seandainya perusahaan mau berkontribusi maka dana tersebut bisa disalurkan untuk beragam pembangunan yang menghadirkan manfaat langsung bagi masyarakat. *

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua Caretaker DAD Barito Utara Audensi dengan Asisten dua Mewakili Bupati dan Kapolres Barut

3 Desember 2022 - 08:46 WIB

Ketua Caretaker DAD Barito Utara bersama pengurus lain, saat audensi dengan Asisten II, Rahmat MUratni dan dengan Kapolres Barut AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Jumat (04/12/2022). Foto. Dellia Anisya Fitri/1tulah.com

Kabar Baik! Kompetisi Liga 1 Digulir 5 Desember

3 Desember 2022 - 08:39 WIB

Ilustrasi pertandingan Liga 1 2022/2023. [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Berperan Dalam Kesehatan Ibu dan Anak, Pemkab Barut Dukung Rencana Aksi Pokja Posyandu

3 Desember 2022 - 08:38 WIB

Rp 1,794 Triliun, Pemkab Barut Terima Transferan Dana Provinsi Tahun Anggaran 2023

3 Desember 2022 - 08:30 WIB

Jokowi Buka Kembali Peluang Investor Masuk ke IKN, Setelah Kawasan 1A, Giliran Kawasan 1B dan 1C yang Ditawarkan

3 Desember 2022 - 07:48 WIB

Hasil Piala Dunia Grup G : Brasil dan Swiss ke Babak 16 Besar

3 Desember 2022 - 07:12 WIB

Para pemain Timnas Brasil memberikan aplaus pada suporter usai laga Piala Dunia 2022 kontra Kamerun di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. [NELSON ALMEIDA / AFP]
Trending di Berita