Menu

Mode Gelap

Berita · 12 Apr 2021 22:48 WIB

Lintasi Jalan Nasional, PT MME dan PT BAT Ternyata Kantongi Izin Dari Balai Besar Pengelola Jalan Nasional


 DPRD Barito Utara saat menggelar RDP, dimpinpin langsung Wakil Ketua I, Parmana Setiawan. Perbesar

DPRD Barito Utara saat menggelar RDP, dimpinpin langsung Wakil Ketua I, Parmana Setiawan.

1tulah.com, MUARA TEWEH– Sering dipermasalahkan karena aktifitas tambang batubara menggunakan jalan nasional di Desa Hajak, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara, ternyata PT. ​Mega Multi Energi (MME) dan PT Bahtera Alam Tamiang (BAT) sudah mengantongi izin/dispensasi dari Balai Besar pengelolaan Jalan dan Jembatan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Kalsel/Kalteng.

Hal ini terungkap saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Kantor DPRD Barito Utara, antara sejumlah perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah Kecamatan Teweh Selatan dan DPRD (komici 3) serta dinas terkait, Senin (12/4/2021).

“Kami mendapat dispensasi penggunaan jalan nasional dari Balai Besar jalan nasional di Kalimantan Selatan. Tapi kami juga ada kewajiban memperbaiki jalan itu jika ada kerusakan. Kami menyiapkan bahan material, dan perbaikannya ditangani balai besar,” kata Manager PT MME, Deni Yayan, saat memberikan klarifikasi penggunaan jalan nasional, di wilayah Desa Sikui dan Hajak.

Menurut Deni, izin/dispensasi yang mereka kantongi sudah cukup lama, dan berapa kali mengalami perpanjangan. Sayangnya, dia tidak menyebut berapa nominal angka pertahun perbaikan jalan yang mereka gunakan. “Untuk Houling batubara, kami menggunakan jalan nasional sepanjang 12 kilometer, dan jika ada kerusakan, dalam dispensasi diberikan, perusahaan berkewajiban memperbaiki,” tambahnya.

Senada dengan Deni Yayan, perwakilan dari PT Baktera Alam Tamiang (BAT), juga menyampaikan hal sama. Dimana mereka yang melintasi jalan nasional di Km 24, juga mengantongi izin/dispansasi dari Balai Besar.

Sementara itu, anggota DPRD Barito Utara, H Tajeri membenarkan penjelasan dari wakil perusahaan, bahwa mereka mengantongi izin dan dispensasi penggunaan jalan. “Kita kemarin sudah berkunjung ke Kementrian PUPR balai besar, yang dulu di Kalimantan Selatan, dan sejak tahun ini sudah terpisah perwakilan ada di Kalteng.

“Kami sudah dijelaskan oleh Kementrian PUPR Balai Besar di Palangkaraya, mereka memberikan ijin penggunaan jalan nasional. Meski begitu, PT MME juga mesti diingatkan untuk mematuhi ketentuan terutama penggunaan jam waktu houling,” kata Tajeri.

dalam RDP, baik perusahaan dan DPRD menyimpulkan berapa point rapat. Diantaranya, pihak perusahaan agar memperhatikan keselamatan dan keamanan pengguna jalan saat melintas dan memotong jalan di KM 24.

DPRD dan pemerintah daerah meminta komitmen perusahaan, agar lebih memperhatiakn kewajiban dan tanggungjawab terkait dispansasi yang telah diberikan oleh balai besar Pelaksana Jalan nasional. Rapat Dengar Pendapat (RDP) dimpimpin Wakil Ketua I, Parmana Setiawan. (eni)

 

Artikel ini telah dibaca 272 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua Caretaker DAD Barito Utara Audensi dengan Asisten dua Mewakili Bupati dan Kapolres Barut

3 Desember 2022 - 08:46 WIB

Ketua Caretaker DAD Barito Utara bersama pengurus lain, saat audensi dengan Asisten II, Rahmat MUratni dan dengan Kapolres Barut AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Jumat (04/12/2022). Foto. Dellia Anisya Fitri/1tulah.com

Kabar Baik! Kompetisi Liga 1 Digulir 5 Desember

3 Desember 2022 - 08:39 WIB

Ilustrasi pertandingan Liga 1 2022/2023. [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Berperan Dalam Kesehatan Ibu dan Anak, Pemkab Barut Dukung Rencana Aksi Pokja Posyandu

3 Desember 2022 - 08:38 WIB

Rp 1,794 Triliun, Pemkab Barut Terima Transferan Dana Provinsi Tahun Anggaran 2023

3 Desember 2022 - 08:30 WIB

Jokowi Buka Kembali Peluang Investor Masuk ke IKN, Setelah Kawasan 1A, Giliran Kawasan 1B dan 1C yang Ditawarkan

3 Desember 2022 - 07:48 WIB

Hasil Piala Dunia Grup G : Brasil dan Swiss ke Babak 16 Besar

3 Desember 2022 - 07:12 WIB

Para pemain Timnas Brasil memberikan aplaus pada suporter usai laga Piala Dunia 2022 kontra Kamerun di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. [NELSON ALMEIDA / AFP]
Trending di Berita