Bartim Kembangkan Tanaman Jagung di Desa Sumber Garunggung

284
SHARES
65
VIEWS

1tulah.com, TAMIANG LAYANG-Pemerintah Kabupaten Barito Timur(Bartim) Kalimantan Tengah, terus memperkuat pangan di daerahnya. Seperti yang dilakukan  Dinas Pertanian setempat  dengan mengembangkan tanaman Jagung.

Komoditi ini di garap di Desa Garunggung Kecamatan Dusun Tengah. Adapun luas areal mencapai 25 hektar.

Riza Rahmadi, Kepala Dinas Pertanian Bartim, Senin(20/7/2020) saat meninjau kebun Jagung milik Kelompok Tani Nela Jakat Poon meminta, potensi pengembangan jagung pakan bisa dikembangkan dengan baik dan benar, mengingat peluang pasar terbuka lebar bagi para petani.

Pada musim tanam berikutnya harap Reza, ditambahkan lagi luas tanaman para petani yang ada di Desa Sumber Garunggung ini. “Apalagi  tanam jagung di kawasan ini masih dilindungi oleh hutan yang asli sehingga pergerakan hama penyakit masih kurang,” kata Reza, didampingi oleh Koordinator BPP Dusun Tengah, Kepala Desa Sumber Garunggung dan Petugas Penyuluh Lapangan.

Sementara itu dia meminta agar PPL yang bertugas di desa itu, segera melaporkan perkembangan yang ada dilapangan secara berkala jika ditemukan serangan hama atau penyakit agar dapat segera di atasi.

“Dan saya minta juga kepada Koordinator BPP agar selalu menginvetarisir semua kebutuhan para petani yang ada, semuanya akan kita bantu,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Ketua Kelompok Nela Jakat Poon, Arbain, dia berterimakasih terhadap kunjungan kerja oleh Kepala Dinas Pertanian beserta rombongan. Dan dia berharap agar pemerintah selalu terus memberikan sport dan dukungan kepada kelompok tani yang dia tangani.

Selanjutnya para petani yang ada agar tetap dibantu benih dan juga alat pemipil jagung oleh pemerintah. “soalnya nanti kalau hasil panen sudah banyak pasti kami kesulitan memipil jagung secara manual,” terangnya.

Pemerintah Desa Sumber Garunggung pada musim tanam bulan April-September tahun ini, menargetkan luas tanam jagung 25 hektar. Sementara BPP Kecamatan Dusun Tengah menargetkan luasan tanam jagung untuk wilayah Kecamatan Dusun Tengah sebanyqk 50 hektar, jdi harapan dari pihak dinas lebih banyak 25 hektar, paparnya mengahiri.(SIN/ENI)

 

 

Related Posts

Discussion about this post

ADVERTISEMENT

Recommended

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

error: Content is protected !!