Sebentar Lagi Warga Muara Teweh Bisa Lihat Gerhana Matahari Cincin

988
SHARES
934
VIEWS
1tulah.com,MUARA TEWEH– Masyarakat Kalimantan tengah(Kalteng), termasuk warga Barito Utara(Barut)  bakal dapat melihat gerhana matahari cincin, Minggu(21/6) siang ini. Jika tak ada aral, penomena alam ini mulai pukul 14.26 WIB, puncaknya pukul 15.22 WIB, dan berakhir pukul 16.14 WIB.
Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.

Adapun Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan dan selalu terjadi pada saat fase purnama. Pada tahun 2020 ini diprediksi terjadi enam kali gerhana, yaitu:.

  • Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 11 Januari 2020 yang dapat diamati di Indonesia.
  • Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 6 Juni 2020 yang dapat diamati di Indonesia.
  • Gerhana Matahari Cincin (GMC) 21 Juni 2020 yang dapat diamati di Indonesia berupa Gerhana Matahari Sebagian, kecuali di sebagian besar Jawa dan sebagian kecil Sumatera bagian Selatan.
  • Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 5 Juli 2020 yang tidak dapat diamati di Indonesia.
  • Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 20 November 2020 yang dapat diamati di wilayah Indonesia bagian Barat menjelang gerhana berakhir.
  • Gerhana Matahari Total (GMT) 14 Desember 2020 yang tidak dapat diamati di Indonesia.

Sementara, Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari. Akibatnya, saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Namun diimbau, agar masyarakat dapat berhati-hati ketika hendak menikmati fenomena Gerhana Matahari Cincin. Sebab melihat gerhana matahari secara langsung dengan mata terbuka sangatlah berbahaya.(*)

Related Posts

Discussion about this post

ADVERTISEMENT

Recommended

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

error: Content is protected !!