Gandeng LPP Enter Borneo dan AIC Indonesia, Pemkab Barsel Jajaki Peluang Kerjasama Program Karir ke Jepang

- Penulis Berita

Jumat, 8 Desember 2023 - 10:48 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Direktur AIC. Co. Ltd, Nagano, Jepang, Mr. Kobayashi Katsuno (tengah), Direktur AIC Indonesia Karir Jepang, Mauluda Malik (tengah kiri) dan Manejer LPP Enter Berneo, Fenny Ariyanti (kiri) bersama Asisten II, Rahmat Nuryadin didampingi Plt. Kepala Disnakertrans Barsel, Sufian Arifin beserta jajarannya saat berfoto bersama usai menggelar pertemuan, di ruang kerja Sekda Barsel, Kamis (7/12/2023). Foto. Alifansyah/1tulah.com

Direktur AIC. Co. Ltd, Nagano, Jepang, Mr. Kobayashi Katsuno (tengah), Direktur AIC Indonesia Karir Jepang, Mauluda Malik (tengah kiri) dan Manejer LPP Enter Berneo, Fenny Ariyanti (kiri) bersama Asisten II, Rahmat Nuryadin didampingi Plt. Kepala Disnakertrans Barsel, Sufian Arifin beserta jajarannya saat berfoto bersama usai menggelar pertemuan, di ruang kerja Sekda Barsel, Kamis (7/12/2023). Foto. Alifansyah/1tulah.com

1tulah.com, BUNTOK– Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Enter Borneo, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali mengunjungi Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Untuk yang kedua kalinya, dalam rangka menjelaskan atau memaparkan program kerja ke Jepang. Tim LPP Enter Borneo tidak sendiri, melainkan membawa tim AIC Indonesia Karir Jepang.

Kedatangan rombongan disambut oleh Asisten II, Rahmat Nuryadin mewakili Pj. Bupati didampingi Plt. Kepala Disnakertrans Barsel, Sufian Arifin, bertempat di ruang kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Barsel, Kamis (7/12/2023).

Rahmat Nuryadin mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari LPP Enter Borneo Pangkalan Bun dan AIC Indonesia. Karena, sudah berkenan mengunjungi Kabupaten Barsel, dalam rangka memaparkan maksud dari program kerja ke Jepang kepada pemerintah daerah setempat.

“Kami dari Pemkab Barsel sangat mengapresiasi dan menyambut baik maksud dari program mereka itu,” ucapnya kepada wartawan usai acara audeinsi selesai.

Ia menyampaikan, pertemuan tersebut adalah langkah awal dari Pemkab Barsel sebelum melakukan kerjasama dengan LPP Enter Borneo dan AIC Indonesia dalam hal peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Baik keterampilan dan keahlian ataupun peningkatan skils lain kedepannya nanti. Dengan adanya penjelasan dari mereka tentang program tersebut, tentunya sangat membantu pemerintah daerah setempat.

“Supaya masyarakat kita yang bersedia mengikuti program itu dapat meningkatkan ekonomi keluarga dan tentunya untuk menambah pengalaman kerja, sehingga kita bisa mewujudkan SDM yang berkualitas, unggul, kompoten serta siap kerja,” ujar Rahmat Nuruadin.

Baca Juga :  Dibuka Secara Resmi oleh Pj Bupati Barut, Ini Agenda Festival Keuangan Barito (FKB) 2024

Sementara itu, Direktur AIC Indonesia Karir Jepang, Mauluda Malik menuturkan, kunjungan tersebut adalah merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenker) yang sedang melakukan program pemerataan ekonomi dari Sabang sampai Marauke.

“Dan yang kita lakukan saat ini adalah penyampaian informasi tentang program bekerja dan berkarir¬† ke Jepang,” tutur pria yang akrab disapa pak Malik itu

Lebih lanjut Malik menerangkan, selama ini yang sering menerima informasi itu, hanya masyarakat di daerah pulau Jawa dan Sumatera saja, jadi untuk sekarang AIC Indonesia sudah mulai melebarkan sayapnya sampai ke pulau Kalimantan. Sebelumnya sudah masuk wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) dan sekarang di Kalteng.

Di Kalteng, lanjutnya, baru satu daerah yaitu Kabupaten Kobar yang sudah menerima informasi itu dan sudah bekerjasama dengan AIC Indonesia dan LPP Enter Borneo, sekarang pihaknya hadir di Kabupaten Barsel dengan misi yang sama.

“Jadi kedepannya kita akan sampaikan informasi itu sampai ke pelosok di wilayah Kalteng, sehingga kesempatan yang didapat oleh generasi muda Indonesia khususnya di Kalteng untuk bekerja dan berkarir di Jepang bisa terwujud pemerataannya,” terang Mauluda Malik.

Manejer LPP Enter Borneo, Fenny Ariyanti mengatakan,  pihaknya selalu siap mensupport kegiatan program bekerja dan berkarir ke Jepang tersebut.

Baca Juga :  Rencanakan Program Penambangan di Wilayah Barito Utara, Ini Janji Komitmen PT EBS

Dari segi pelatihan bahasa Jepang dan keterampilan bagi mereka terutama kalangan generasi muda yang sungguh-sungguh ingin bekerja ke luar negeri, khususnya ke negeri Sakura Jepang.

Ia menambahkan, karena syarat utama ingin bekerja kesana adalah harus fasih berbahasa Jepang, hal itu untuk menghindari kesalahpahaman antara pekerja Indonesia dan orang Jepang.

Untuk itu LPP Enter Borneo siap memberikan pelatihan tersebut hingga mereka benar-benar fasih bahasa Jepang.

 

“Dengan adanya program ini kita berharap generasi muda di daerah ini nantinya mempunyai keterampilan, kemampuan yang kompoten dan siap kerja, sehingga SDM di Kalteng khsusunya di Barsel akan lebih baik serta meningkat lagi kedepannya,” kata Fenny Ariyanti.

Dari pemerintah daerah yang turut hadir pada pertemuan tersebut yakni Sekretatis Disnakertans Barsel, Adenan, Kabid Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, Sahala Junjungan Sitorus, Kabid HI dan Jaminan Sosial, Irma Marlina, berserta beberapa karyawan lainnya, sedangkan dari AIC Indonesia, Mauluda Malik didampingi langsung Presiden Direktur AIC. Co. Ltd, Nagano, Jepang, Mr. Kobayashi Katsunori bersama manejer LPP Enter Borneo dan karyawan lainnya.

Sekadar informasi, kunjungan pertama yang di lakukan LPP Enter Borneo, dan diwakili oleh Direktur, Sigit Hariyanto bersama tim, mengadakan pertemuan bersama Plt. Kepala Disnakertrans berserta jajarannya, bertempat di Aula Kantor Disnakertrans Barsel, pada tanggal, 15 November 2023 lalu. (Alifansyah)

 

Berita Terkait

Pencaiaran Lapisan Es di Laut Antartika Semakin Parah, Ini yang Terjadi bagi Makhluk Hidup di Bumi Jika Terus Dibiarkan
Peluang 6 Caleg DPR RI Dapil Kalteng Melaju ke Senayan; Tiga Petahana dan Tiga Wajah Baru, Siapakah Mereka?
Tumbangkan Petahana, Ini Daftar Caleg Baru yang Lolos ke DPRD Murung Raya
Daftar 7 Caleg Wajah Baru yang Lolos ke DPRD Murung Raya 2024 -2029
Daftar Caleg yang Melenggang ke DPRD di Dapil 3 Murung Raya
German Open 2024 : Rehan)Lisa ke Semifinal
Dibuka Secara Resmi oleh Pj Bupati Barut, Ini Agenda Festival Keuangan Barito (FKB) 2024
Rencanakan Program Penambangan di Wilayah Barito Utara, Ini Janji Komitmen PT EBS
Tag :

Berita Terkait

Senin, 19 Februari 2024 - 07:36 WIB

Penjualan Anjlok, Nike akan PHK 1.600 Karyawan

Rabu, 7 Februari 2024 - 19:16 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2023 Melambat,Terpengaruh Ekonomi Global

Kamis, 25 Januari 2024 - 18:25 WIB

RAT Pembukuan III KLUB Bartim, Laporkan Telah Bayar Pajak hingga Rp60 M

Senin, 22 Januari 2024 - 21:42 WIB

Mau Kejar Cuan, Startup Unicorn Xendit Umumkan PHK Karyawan

Rabu, 17 Januari 2024 - 09:39 WIB

Komisi VI DPR RI Sebut Izin TikTok Shop Akan Dicabut Kembali Jika Masih Melanggar Permendag Nomor 31

Senin, 15 Januari 2024 - 08:10 WIB

Dapat Insentif dari Pemerintah, Segini Harga Terbaru Wuling Binguo EV

Selasa, 9 Januari 2024 - 08:55 WIB

Sempat Jualan Beras Bersama Sang Ayah, Kini Penghasilan Haji Isam Dari Satu Perusahaan Bisa Tembus Rp. 40 Miliar Per Bulan

Senin, 8 Januari 2024 - 08:00 WIB

IOTF Melalui Fox Logger Perluas Layanan di IKN Resmi Dimulai Januari 2024

Berita Terbaru

Entertainment

Ed Sheeran Masuk Indonesia Gunakan Visa Jenis Baru

Minggu, 3 Mar 2024 - 20:39 WIB

Potret Wulan Guritno bersandar di dada Sabda Ahessa saat nonton konser Ne-Yo (sumber: suara.com)

Entertainment

Tanggapan Sabda Ahessa Usai Digugat Rp396 Juta oleh Wulan Guritno

Minggu, 3 Mar 2024 - 20:36 WIB

Ilustrasi: Stasiun Pengisian BBM di AS.foto pixabay

Nasional

10 Negara dengan Harga Bensin Termahal di Dunia

Minggu, 3 Mar 2024 - 20:34 WIB