Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2023 di Barsel Telah Selesai

- Penulis Berita

Senin, 4 Desember 2023 - 17:00 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sufian Arifin, Plt. Kepala Disnakertrans Barsel (tengah) didampingi Sahala Junjungan Sitorus (tengah kiri) dan Irma Marlina bersama supervise serta peserta PDN angkatan tahun 2023, saat berfoto bersama diacara penutupan program PDN tahun 2023, di Buntok, Senin (4/12/2023). 
Foto. Alifansyah/1tulah.com

Sufian Arifin, Plt. Kepala Disnakertrans Barsel (tengah) didampingi Sahala Junjungan Sitorus (tengah kiri) dan Irma Marlina bersama supervise serta peserta PDN angkatan tahun 2023, saat berfoto bersama diacara penutupan program PDN tahun 2023, di Buntok, Senin (4/12/2023). Foto. Alifansyah/1tulah.com

1tulah.com, BUNTOK-Program Pemagangan Dalam Negeri (PDN) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Disnakertrans Kabupaten Barito Selatan (Barsel) telah selesai.

Dipimpin Plt. Kepala Disnakertrans Barsel, Sufian Arifin, acara penutupan dihadiri Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, Sahala Junjungan Sitorus, dan Kepala Bidang HI dan Jaminan Sosial, Irma Marlina, supervisi serta seluruh peserta, bertempat di Aula Kantor Disnakertrans, Senin (4/12/2023).

Sufian Arifin saat membacakan sambutan Kepala Disnakertrans Kalteng, Farid Wajdi sebelum menutup kegiatan menyampaikan, pemagangan merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja dengan bekerja secara langsung di sebuah perusahaan tempat peserta magang dibawah bimbingan dan pengawasan supervisi atau pendamping pemagang.

“Sehingga peserta mendapatkan pengalaman kerja yang sesungguhnya, meliputi keterampilan kerja, sikap dan mental etos kerja, perilaku kerja serta budaya di industri kerja, terutama di daerah ini,” ujarnya kepada wartawan usai acara.

Ia menerangkan, pemagangan tersebut berlangsung selama 5 bulan, yang dimulai pada 5 Juni dan berakhir pada 5 November 2023 lalu, dengan melibatkan 4 perusahaan yang ada di daerah setempat, dan diikuti sebanyak 27 orang yang berasal dari masyarakat di wilayah Barsel, dengan 6 kejuruan, yaitu kejuruan mekanik, marketing, operator, administrasi, pastry serta bakery.

Baca Juga :  Selama Ramadan, Israel Sepakat Hentikan Aksi Militer Di Gaza

“Dengan adanya program ini, diharapkan para alumni magang dapat diserap oleh dunia usaha sebagai pekerja atau berusaha secara mandiri, sehingga masalah pengangguran dapat kita atasi,” terang pria yang juga menjabat sebagai Kabag Kesra di Setda Barsel.

Ia menuturkan, bagi peserta yang telah mengikuti program tersebut hingga selesai, agar segera menyiapkan diri untuk memasuki dunia kerja, dengan memanfaatkan dan menunjukkan keterampilan serta kemampuan yang kalian dapatkan dari mengikuti program tersebut secara maksimal.

“Kepada seluruh pihak yang terlibat terutama perusahaan tempat pemagangan, kami ucapkan terimaksih atas kerjasamanya selama ini, semoga program ini terus berlanjut dan pesertanya bisa bertambah lebih banyak lagi dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga kita bisa meningkatkan SDM serta mengurangi angka pengangguran,” tutur Sufian Arifin.

Baca Juga :  Antisipasi Krisis Pangan Nasional, PBS Sawit Siap Galakkan Program Tumpang Sari; Diawali dari Provinsi Kalsel

Sementara itu, Sahala Junjungan Sitorus mengatakan, dengan adanya program itu peserta dapat menerima semua pembelajaran yang diberikan oleh para supervise sesuai dengan kemampuannya masing-masing, agar mereka mendapakan keterampilan dan pengetahuan untuk bekerja, sehingga mampu bersaing di bursa kerja yang ada di Kabupaten Barsel untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Ia melanjutkan, maksud dan tujuan pemagangan tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi para peserta yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, sehingga mereka bisa menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dan siap kerja sesuai keahlian mereka masing-masing.

“Dengan berakhirnya program ini, kita berharap seluruh peserta dapat menguasai dan memiliki keterampilan yang kompeten dalam bidangnya masing-masing, sehingga bisa membuka peluang usaha sendiri dan tidak menutup kemungkinan kalian juga akan direkrut oleh perusahaan dimana kalian pernah menyelesaikan pelatihan,” kata Sahala Junjungan Sitorus. (Alifansyah)

 

Berita Terkait

Pencaiaran Lapisan Es di Laut Antartika Semakin Parah, Ini yang Terjadi bagi Makhluk Hidup di Bumi Jika Terus Dibiarkan
Peluang 6 Caleg DPR RI Dapil Kalteng Melaju ke Senayan; Tiga Petahana dan Tiga Wajah Baru, Siapakah Mereka?
Tumbangkan Petahana, Ini Daftar Caleg Baru yang Lolos ke DPRD Murung Raya
Daftar 7 Caleg Wajah Baru yang Lolos ke DPRD Murung Raya 2024 -2029
Daftar Caleg yang Melenggang ke DPRD di Dapil 3 Murung Raya
German Open 2024 : Rehan)Lisa ke Semifinal
Dibuka Secara Resmi oleh Pj Bupati Barut, Ini Agenda Festival Keuangan Barito (FKB) 2024
Rencanakan Program Penambangan di Wilayah Barito Utara, Ini Janji Komitmen PT EBS
Tag :

Berita Terkait

Senin, 19 Februari 2024 - 07:36 WIB

Penjualan Anjlok, Nike akan PHK 1.600 Karyawan

Rabu, 7 Februari 2024 - 19:16 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2023 Melambat,Terpengaruh Ekonomi Global

Kamis, 25 Januari 2024 - 18:25 WIB

RAT Pembukuan III KLUB Bartim, Laporkan Telah Bayar Pajak hingga Rp60 M

Senin, 22 Januari 2024 - 21:42 WIB

Mau Kejar Cuan, Startup Unicorn Xendit Umumkan PHK Karyawan

Rabu, 17 Januari 2024 - 09:39 WIB

Komisi VI DPR RI Sebut Izin TikTok Shop Akan Dicabut Kembali Jika Masih Melanggar Permendag Nomor 31

Senin, 15 Januari 2024 - 08:10 WIB

Dapat Insentif dari Pemerintah, Segini Harga Terbaru Wuling Binguo EV

Selasa, 9 Januari 2024 - 08:55 WIB

Sempat Jualan Beras Bersama Sang Ayah, Kini Penghasilan Haji Isam Dari Satu Perusahaan Bisa Tembus Rp. 40 Miliar Per Bulan

Senin, 8 Januari 2024 - 08:00 WIB

IOTF Melalui Fox Logger Perluas Layanan di IKN Resmi Dimulai Januari 2024

Berita Terbaru

Entertainment

Ed Sheeran Masuk Indonesia Gunakan Visa Jenis Baru

Minggu, 3 Mar 2024 - 20:39 WIB

Potret Wulan Guritno bersandar di dada Sabda Ahessa saat nonton konser Ne-Yo (sumber: suara.com)

Entertainment

Tanggapan Sabda Ahessa Usai Digugat Rp396 Juta oleh Wulan Guritno

Minggu, 3 Mar 2024 - 20:36 WIB

Ilustrasi: Stasiun Pengisian BBM di AS.foto pixabay

Nasional

10 Negara dengan Harga Bensin Termahal di Dunia

Minggu, 3 Mar 2024 - 20:34 WIB