Menu

Mode Gelap

Berita ยท 17 Okt 2022 08:55 WIB

Tahun 2023 Diprediksi Resesi Ekonomi, Ikuti Langkah Berikut Agar Keuangan Anda Aman


 Ilustrasi mengatur keuangan (Freepik/suara.com) Perbesar

Ilustrasi mengatur keuangan (Freepik/suara.com)

1TULAH.COM-Dampak resesi global akan berpengaruh langsung terhadap perekonomian bangsa ini. Diprediksikan bahwa pada tahun 2023 mendatang, sektor ekonomi Nasional akan mengalami hantaman berat, hingga dapat menganggu sektor usaha masyarakat.

Tidak hanya pelaku usaha yang akan merasakan dampak resesi global ini, ekonomi rumah tangga hingga perorangan pun akan terdampak.

Saat ini pemerintah telah melakukan upaya agar dampak resesi global ini dapat diantisipasi sejak awal, salah satunya adalah dengan mengendalikan inflasi di setiap daerah.

Selanjutnya, bagi sektor usaha maupun perorangan diperlukan pula langkah-langkah khusus agar keuangan/finansial aman dan terjaga.

Munculnya isu resesi saat ini menjadi salah satu kekhawatiran masyarakat dalam menghadapi tahun 2023 mendatang.

Apalagi ditambah dengan pernyataan dari Presiden Republik Indonesia yang mengatakan situasi tahun 2023 diprediksi akan lebih gelap dibandingkan tahun 2022.

Hal ini bayang-bayang resesi banyak menghantui sebagian besar negara-negara yang ada dunia. Banyak negara maju yang terlihat memiliki ekonomi kuat malah memiliki tingkat inflasi yang tinggi.

Nah, sebagai masyarakat ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan. Seperti melakukan perencanaan keuangan yang ideal untuk menghadapi tantangan resesi.

Hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah mengatur uang sebaik-baiknya.Berikut, rangkuman cara mengatur keuangan dalam menghadapi tantangan resesi, yaitu:

  1. Siapkan dana darurat terlebih dahulu

Dalam menghadapi situasi sulit yang mungkin akan terjadi, pastikan kalian selalu memiliki dana darurat. Hal ini dikarenakan kondisi ekonomi yang berubah dengan cepat membuat diri sendiri harus menyiapkan seminimal mungkin 6 kali pengeluaran bulanan untuk dana darurat.

Kalian juga harus memperhatikan beberapa tanggungan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Semakin banyak tanggungan yang kalian miliki, maka jumlah dana darurat yang harus dipersiapkan pun semakin besar.

2.Mencoba untuk investasi

Dengan mencoba investasi kalian dapat mencapai tujuan jangka panjang. Jika dibandingkan uang yang kalian milik hanya ditaruh di dalam bank dan menjadi aset yang tidak produktif. Apalagi saat menabung dibank akan ada biaya administrasi yang dibayarkan setiap bulannya.

Tapi perlu diingat, jika memulai untuk berinvestasi kalian juga harus memilih instrumen investasi yang tepat. Karena saat melakukan investasi di instrumen yang memiliki hasil yang besar juga memiliki risiko yang kehilangan yang tinggi.

  1. Melakukan asuransi

Terkadang masyarakat masih belum memahami betapa pentingnya asuransi. Sebenarnya, asuransi adalah sebagai bentuk perlindungan saat terjadi risiko yang tidak terduga dalam hidup, seperti kehilangan pencari nafkah ataupun mengalami kecatatan.

4.Belanja sesuai dengan kebutuhan saja

Saat berbelanja, kurangilah hasrat untuk membeli barang atau jasa yang sekiranya belum dibutuhkan. Hal yang bijak jika memikirkan baik dan buruknya terlebih dahulu sebelum membelanjakan uang yang dimiliki untuk suatu hal bahkan hanya untuk memuaskan hasrat saja. (Sumber:suara.com)

 

Artikel ini telah dibaca 105 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terungkap, Aksi Bejat Oknum Paspampres Diduga Perkosa Prajurit Wanita Pada Saat Bertugas di KTT G20 Bali

3 Desember 2022 - 10:50 WIB

Hasil Pantauan BMKG : Aktivitas Gempa Susulan di Cianjur Semakin Lemah dan Jarang

3 Desember 2022 - 10:22 WIB

Ilustrasi Gempa Bumi. sumber foto : suara.com

Ketua Caretaker DAD Barito Utara Audensi dengan Asisten dua Mewakili Bupati dan Kapolres Barut

3 Desember 2022 - 08:46 WIB

Ketua Caretaker DAD Barito Utara bersama pengurus lain, saat audensi dengan Asisten II, Rahmat MUratni dan dengan Kapolres Barut AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Jumat (04/12/2022). Foto. Dellia Anisya Fitri/1tulah.com

Kabar Baik! Kompetisi Liga 1 Digulir 5 Desember

3 Desember 2022 - 08:39 WIB

Ilustrasi pertandingan Liga 1 2022/2023. [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Berperan Dalam Kesehatan Ibu dan Anak, Pemkab Barut Dukung Rencana Aksi Pokja Posyandu

3 Desember 2022 - 08:38 WIB

Rp 1,794 Triliun, Pemkab Barut Terima Transferan Dana Provinsi Tahun Anggaran 2023

3 Desember 2022 - 08:30 WIB

Trending di Berita