Friday, October 30, 2020
  • Opini
  • Opini

Sering Ngantuk Ketika menyetir? Ini Beberapa Tips Mengatasinya

194
SHARES
1.6k
VIEWS

Sering ngantuk ketika menyetir mobil? Permasalahan ini tentu sering dialami, baik mengendarai motor dan juga mobil. Hal tersebut bisa menjadi salah  penyebab kecelakaan yang dapat merugikan diri sendiri mampu orang lain.

Berkendara dengan rasa kantuk berlebih, pastinya akan mengalami hilang fokus sampai kendali, yang kemudian berbuntut kecelakaan. Bahkan dapat menyebabkan meninggal dunia.

Bagi pengendara yang mengalami kantuk saat di perjalanan, ada beberapa tips untuk bagaimana mencegah dan mengobati rasa kantuk yang berlebihan, seperti dilansir laman resmi Wahana Honda:

BACA JUGA

1) Menepikan kendaraan untuk beristirahat

Tips pertama, dan paling disarankan bagi pengendara yang mengalami kantuk saat diperjalanan, adalah dengan berhenti. Carilah rest area secepat mungkin, kemudian beristirahatlah, dan tidur sebentar untuk menghilangkan rasa kantuk, sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Namun, apabila tidak menemukan rest area,

Apabila tidak ada rest area terdekat, tepikan kendaraan untuk beristirah. Tapi ingat, pastikan sekeliling adalah tempat yang cukup ramai lalu lalang pengendara lain supaya lebih aman.

2) Minum Minuman Berkafein

Tips kedua, jika rasa kantuk menyerang dan Anda harus tetap melanjutkan perjalanan sebelum mencari tempat beristirahat, minuman berkafein bisa menjadi solusi untuk mencegah rasa kantuk.

Bagi beberapa orang yang hobi begadang, mungkin sudah biasa melakukan hal ini. Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya anda mengisi perut dengan makanan bergizi dan juga minuman berkafein.

Anda bisa minum kopi, teh, atau minuman favorit lain. Coba tambahkan rasa pedas jahe kedalam minuman untuk efek tambahan yang membuat badan menjadi lebih segar.

3) Menghibur Diri Sendiri

Salah satu cara menyenangkan untuk berkendara adalah dengan menghibur diri sendiri. Banyak cara yang bisa anda lakukan seperti menyanyi, atau berbicara layaknya seorang moto vlogger yang membicarakan apa saja yang dilihatnya. Kegiatan yang nampaknya nyeleneh ini justru sangat berguna untuk mengusir rasa kantuk.

Selain berguna untuk menjaga badan tetap fokus, juga dapat menikmati perjalanan dengan lebih santai dan bahagia. Perjalanan yang jauh pun akan tidak terasa jika Anda menikmatinya.

4) Mengobrol dengan Penumpang

Ada baiknya bila melakukan perjalanan jauh, ajaklah salah satu anggota keluarga. Bisa jadi istri atau anak. Ajaklah mereka ngobrol agar suasana menjadi lebih menyenangkan. Menikmati perjalanan sambil bercerita dan tertawa bersama, akan meningkatkan mood juga, sehingga rasa letih dan kantuk pun tidak terasa.

Namun perlu diingat bahwa pengendara juga harus tetap fokus ke jalan. Jangan sampai karena asyiknya cerita, pengendara lupa melihat arah depan.(*)

Sumber : Liputan6

Related Posts

Discussion about this post

POPULAR NEWS

EDITOR'S PICK

,

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.