Saturday, October 31, 2020
  • News
  • Daerah
  • Metrokrim
  • News
  • Daerah
  • Metrokrim

Berkat Rekaman CCTV, Polisi Bekuk Pelaku Teror Bom Seruyan

325
SHARES
1.7k
VIEWS

1tulah.com,PALANGKARAYA-Polisi bergerak cepat. Pelaku teror bom Seruyan tidak sampai 1 x 24 jam berhasil di bekuk.  Adalah Tim Crisis Respon Time (CRT) Polres Seruyan yang berhasil mengamankan  pelaku teror bom di Masjid Nurul Yaqin Kuala Pembuang Kecamatan Pembuang Hilir Kabupaten Seruyan. Sabtu (2/5/2020) pagi.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Ilham Salahudin melalui Kabid Humas Kombes Pol Hendra Rochmawan membenarkan penangkapan ini. Menurut dia, benda diduga bom rakitan ini diletakan pelaku disalah satu masjid di Kuala Pembuang Jumat (1/5) malam. Temuan benda ini dilaporkan ke anggota, sehingga dilakukan penyelidikan dengan melihat rekaman CCTV masjid.

BACA JUGA

Baca juga : Penemuan Benda di Duga Bom di Teras Mesjid Gemparkan Warga Seruyan

Dari rekaman CCTV lanjut dia, terlihat jelas pelaku beraksi menggunakan kaos oblong, dan celana pendek warna gelap serta berperawakan sedang. Dari hasil pantau cctv lainnya diketahui pelaku sebelum tiba di masjid menumpang motor tosa warna kuning dan turun di pertigaan Apotik Azmi lebih tepatnya seberang toko serba 35 ribu.

“Bergerak cepat akhirnya anggota berhasil mengamankan pelaku ini. Dari hasil penyelidikan diketahui kendaraan roda tersebut milik seorang pemuda bernama Akbar yang pada saat kejadian digunakan oleh pelaku Iwan alias HG (22) berprofesi sebagai tukang pengantar galon di daerah setempat. Jadi pelaku sempat menumpang tosa roda tiga sebelum datang ke masjid,” ujar Kabid Humas.

Pelaku yang merupakan warga Kampung Kumai, Kuala Pembuang, Kecamatan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan bertemu dengan saksi TH setelah mengantar galon air minum dan memanggil dengan maksud untuk menumpang kendaraan roda tersebut sembari memperlihatkan benda yang mirip bom.

“Pelaku ini sempat memperlihatkan bom tersebut kepada temannya saat akan menumpang namun saksi TH tidak menggubrisnya dan pelaku minta turun di pertigaan Apotik Azmi kemudian berjalan kaki menuju masjid Nurul Yaqin dengan membawa benda yang diduga bom yang disembunyikan di balik baju bagian depan,”ujar Hendra.

Hendra menjelaskan, bahwa pelaku ini memang memiliki keahlian dibidang perakitan elektronik dan kelistrikan secara otodidak sejak SMA. Saat ini ia sudah diamankan di Polres Seruyan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui motifnya menaruh benda tersebut.

“Kita akan dalami lagi kasus ini apakah niat pelaku ini ada yang menyuruh dan maksud serta tujuannya apa,”tegas Hendra. (am/eni)

Related Posts

Discussion about this post

POPULAR NEWS

EDITOR'S PICK

,

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.