75 Hari Masa Kampanye, KPU RI Serukan Pesan Damai kepada Para Peserta Pemilu 2024

- Penulis Berita

Selasa, 28 November 2023 - 11:14 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

18 perwakilan partai politik juga ikut menandatangani Deklarasi Damai Kampanye Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin (27/11) di Jakarta. (VOA/Indra Yoga)

18 perwakilan partai politik juga ikut menandatangani Deklarasi Damai Kampanye Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin (27/11) di Jakarta. (VOA/Indra Yoga)

1TULAH.COM-Selama 75 hari ke depan, para peserta Pemilu 2024 diberikan kesempatan untuk berkampanye guna meraih simpati masyarakat, baik itu para Capres/Cawapres maupun para calon anggota legislatif dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Selama rentang waktu kampanye dari tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, para politisi tersebut akan berlomba dalam mendapatkan simpati masyarakat.

Namun, dalam kampanye ini pihak KPU RI tetap menyerukan kepada para kontenstan untuk membawa pesan damai dan menyejukan bagi terwujudnya Pemilu 2024 yang aman, damai dan sukses.

Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (27/11/2023) menyelenggarakan “Deklarasi Pemilu Damai 2024.” Deklarasi ini bertujuan menyampaikan pesan bahwa seluruh peserta pemilu dan publik Indonesia, harus senantiasa mewujudkan pemilu damai selama masa kampanye di pemilu serentak 2024.

Mulai hari Selasa 28 November ini, dimulai masa kampanye resmi pemilu 2024. Masa kampanye ini akan berlangsung selama 75 hari ke depan, tepatnya hingga tanggal 10 Februari 2024.

Kampanye dilaksanakan secara serentak meliputi kampanye pemilu presiden dan wakil presiden, serta kampanye pemilu anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Untuk mengantisipasi terjadinya konflik dan polarisasi dalam masyarakat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari Senin menggelar “Deklarasi Pemilu Damai 2024,” yang dihadiri langsung oleh tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, serta partai politik peserta pemilu.

Baca Juga :  Musrenbang RKPD 2025 Kecamatan Montallat; Pj Bupati Resmikan Fasilitas Pemerintahan Desa Paring Lahung.

Ketiga pasangan capres/cawapres peserta pilpres 2024 yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sejumlah pimpinan partai politik resmi juga ikut menandatangani komitmen pemilu damai dan berintegritas.

Dalam naskah deklarasi tersebut, mereka berkomitmen untuk mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Juga tentunya pemilu yang aman, tertib, damai, beritegritas, tanpa hoaks, tanpa politidasi suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) serta tanpa politik uang.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, “Pada kesempatan ini adalah momentum penting, sebagai sesama anak bangsa, sesama peserta pemilu telah meneguhkan niat dan menyatakan sikap untuk bersama-sama berkolaborasi, bergandengan tangan untuk menyelenggarakan pemilu berdasarkan azas pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.”

Usai deklarasi, Hasyim menegaskan bahwa lembaganya berkomitmen memastikan agar jajaran personil KPU di semua tingkatan tidak melakukan hal-hal yang melanggar aturan hukum.

Dua Capres Berkomitmen Jaga Perdamaian Saat Pemilu

Berbicara pada wartawan seusai acara itu, calon presiden Anies Baswedan mengatakan selama berkampanye, ia tidak hanya mengungkapkan program-program yang akan mereka gunakan, tetapi juga menyampaikan pesan pentingnya netralitas dalam Pemilu 2024.

“Program semuanya, tapi yang paling penting adalah bahwa pada saat ini, ada pembicaraan yang sangat luar tentang apakah pemilu dan pilpres dijalankan dengan penuh netralitas,” ujar Anies.

Baca Juga :  Berikut Manfaat English Rose yang Ada dalam Deterjen

Menurut Anies, komitmen untuk menyelenggarakan pemilu yang netral dan adil tidak hanya dapat dilakukan melalui penandatanganan pakta integritas antar para peserta, tetapi juga tindakan dan langkah-langkah nyata di lapangan.

Menurutnya, kualitas pemimpin yang dihasilkan dalam Pemilu 2024 akan ditentukan sejauh mana peserta demokrasi tersebut bebas dari segala kondisi.

Calon presiden lainnya, Ganjar Pranowo, juga menegaskan komitmennya untuk menghadirkan kampanye yang damai dalam perhelatan pesta demokrasi itu.

Bawaslu: Jakarta Paling Rentan Terjadi Gangguan Selama Pemilu

Beberapa waktu yang lalu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) pada Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah 2024. Indeks itu menunjukkan potensi gangguan selama Pemilu 2024 paling rentan terjadi di Provinsi DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Maluku dan Jawa Barat.

Adapun di tingkat kabupaten/kota , daerah paling rawan berada di Kabupaten Intan Jaya dan Jayawijaya, Papua. Dimensi penyelenggaraan pemilu menjadi dimensi paling tinggi yang mempengaruhi kerawanan pemilu di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Tiga dimensi lainnya yang diukur adalah dimensi konteks sosial politik, dimensi kontestasi dan dimensi partisipasi politik. Adapun definisi kerawanan pemilu adalah segala hal yang berpotensi mengganggu atau menghambat proses pemilu yang demokratis.(Sumber:voaindonesia.com)

 

 

Berita Terkait

10 Negara dengan Harga Bensin Termahal di Dunia
Pencaiaran Lapisan Es di Laut Antartika Semakin Parah, Ini yang Terjadi bagi Makhluk Hidup di Bumi Jika Terus Dibiarkan
Peluang 6 Caleg DPR RI Dapil Kalteng Melaju ke Senayan; Tiga Petahana dan Tiga Wajah Baru, Siapakah Mereka?
Ganjar-Mahfud Kerap Tampil Stylish, Perhitungan Suaranya Menang di Kota Mode Paris
Suara PSI Tiba-tiba Melambung, Elit Partai: Kenapa Hanya PSI yang Disorot?
Tumbangkan Petahana, Ini Daftar Caleg Baru yang Lolos ke DPRD Murung Raya
Daftar 7 Caleg Wajah Baru yang Lolos ke DPRD Murung Raya 2024 -2029
Daftar Caleg yang Melenggang ke DPRD di Dapil 3 Murung Raya
Tag :

Berita Terkait

Senin, 19 Februari 2024 - 07:36 WIB

Penjualan Anjlok, Nike akan PHK 1.600 Karyawan

Rabu, 7 Februari 2024 - 19:16 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2023 Melambat,Terpengaruh Ekonomi Global

Kamis, 25 Januari 2024 - 18:25 WIB

RAT Pembukuan III KLUB Bartim, Laporkan Telah Bayar Pajak hingga Rp60 M

Senin, 22 Januari 2024 - 21:42 WIB

Mau Kejar Cuan, Startup Unicorn Xendit Umumkan PHK Karyawan

Rabu, 17 Januari 2024 - 09:39 WIB

Komisi VI DPR RI Sebut Izin TikTok Shop Akan Dicabut Kembali Jika Masih Melanggar Permendag Nomor 31

Senin, 15 Januari 2024 - 08:10 WIB

Dapat Insentif dari Pemerintah, Segini Harga Terbaru Wuling Binguo EV

Selasa, 9 Januari 2024 - 08:55 WIB

Sempat Jualan Beras Bersama Sang Ayah, Kini Penghasilan Haji Isam Dari Satu Perusahaan Bisa Tembus Rp. 40 Miliar Per Bulan

Senin, 8 Januari 2024 - 08:00 WIB

IOTF Melalui Fox Logger Perluas Layanan di IKN Resmi Dimulai Januari 2024

Berita Terbaru

Entertainment

Ed Sheeran Masuk Indonesia Gunakan Visa Jenis Baru

Minggu, 3 Mar 2024 - 20:39 WIB

Potret Wulan Guritno bersandar di dada Sabda Ahessa saat nonton konser Ne-Yo (sumber: suara.com)

Entertainment

Tanggapan Sabda Ahessa Usai Digugat Rp396 Juta oleh Wulan Guritno

Minggu, 3 Mar 2024 - 20:36 WIB

Ilustrasi: Stasiun Pengisian BBM di AS.foto pixabay

Nasional

10 Negara dengan Harga Bensin Termahal di Dunia

Minggu, 3 Mar 2024 - 20:34 WIB