Komisi III DPRD Minta Pemerintah Barito Selatan Menjaga Lahan dan Aset Daerah

  • Bagikan
Zainal Khairudin

1tulah.com, BUNTOK – Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Zainal Khairudin meminta pemerintah kabupaten setempat untuk senantisa menjaga, mengamankan, dan memelihara lahan serta bangunan milik daerah, karena diduga ada bagunan yang berdiri di lahan pemerintah.

Hal tersebut disampaikannya kepada wartawan sewaktu dikonfirmasi melalui via telepon, Senin (22/11/2021) sore di Buntok.

Ia mengatakan, pemerintah harus menjaga, mengamankan, dan memelihara aset daerah tersebut dengan menginventarisasi terutama lahan dan bangunan yang masih dikuasai atau dipakai tidak sesuai peruntukannya.

Ia mencontohkan rumah dinas yang masih dipakai pegawai negeri sipil (PNS) yang sudah pensiun maupun lahan-lahan yang digunakan masyarakat.

“Kalau lahan dan bangunan tersebut sudah diinventarisasi agar segera dibuatkan surat menyuratnya seperti sertifikat, sehingga ada legalitasnya,” katanya.

Dia mendengar desas-desus ada salah satu bangunan guest house milik masyarakat di Jalan Pahlawan Atas yang diindikasi sebagian bangunannya berdiri di atas tanah milik pemerintah daerah.

“Jadi kami harapkan kepada dinas berkait untuk sesegera mungkin mencek kebenaran mengenai informasi tersebut dan mengukurnya di lapangan,” katanya.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Barito Selatan ini menambahkan, dengan dijaganya aset-aset tersebut akan menambah pendapatan asli daerah terhadap tanah dan toko/kios yang disewakan kepada pihak ketiga.

Demikian juga dengan kendaraan dinas harus diinventarisasi agar penggunaanya sesuai aturan yang berlaku.

“Apabila ada kendaraan atau barang-barang yang tidak layak pakai segera koordinasi ke bagian pelelangan kekayaan negara untuk dilelang untuk menambah pendapatan daerah,” kata Zainal Khairuddin. *

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *