Pelayanan Gratis Hanya di Fasilitas Kesehatan Pemerintah

  • Bagikan
Sastra Jaya, Wakil Ketua II DPRD Barito Utara.

1tulah.com, MUARA TEWEH– Masyarakat yang ada di wilayah pedesaan Kabupaten Barito Utara (Barut)  jika ingin mendapat pelayanan kesehatan gratis atau berobat gratis, harus mendatangi fasilitas kesehatan pemerintah seperti puskesmas dan pustu yang ada di desa.

Himbauan ini disampaikan oleh Wakil Ketua II DPRD Batara, Sastra Jaya setelah menggelar rapat bersama dengan Dinas Kesehatan setempat, baru-baru lalu.

Sastra Jaya selaku pimpinan rapat mengatakan, berdasarkan penjelasan dalam rapat bersama Dinas Kesehatan, masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan perlu mengetahui terkait perbedaan berobat di Pustu atau Puskesmas, dengan memangil tenaga kesehatan datang ke rumah untuk memberikan pelayanan pengobatan.

Dimana jika berobat di fasilitas kesehatan pemerintah, maka hal ini bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan atau gratis. Sementara jika memanggil perawat atau bidan untuk datang ke rumah memberi pengobatan, hal tersebut bisa masuk dalam pelayanan praktek mandiri tenaga kesehatan tersebut.

“Hal ini yang mungkin jarang diketahui oleh masyarakat desa, mengingat letak pustu dekat dari rumahnya sehingga lebih senangnya memangil petugas untuk datang ke rumahnya ketika berobat, sehingga terkena biaya,” ujar Sastra Jaya.

Menurutnya, hal ini agar dapat diketahui oleh masyarakat di desa, sehingga nantinya tidak menimbulkan kesalahpahaman ke depannya. Dalam melaksanakan praktek mandiri ini, petugas kesehatan tersebut menggunakan obat-obat pribadinya.

“Ini kita sampaikan supaya masyarakat tahu bahwa pelayanan kesehatan gratis itu ada di pustu dan puskesmas,” pungkasnya.(*)

Reporter : Tim Redaksi

, Advertisement Here
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.