Warga Desa Rubei Resah, Menangkap Ikan Pakai Alat Setrum Marak di DAS Barito

661
SHARES
351
VIEWS

1tulah.com,MUARA TEWEH-Penangkapan ikan menggunakan alat setrum di aliran Sungai Barito, tepatnya di wilayah perairan Kecamatan Montallat, Kabupaten Barito Utara(Barut), Kalimantan Tengah, marak terjadi. Warga desa di pinggiran sungai resah dengan aktifitas illegal fishing ini. Mereka ingin para pelaku di tangkap.

Atma Lelo Fgz, salah warga Desa Rubei Kecamatan Montallat kepada 1tulah.com,Minggu(12/7) malam, meminta aktifitas menangkap ikan secara ilegal ini dipublikasi, sehingga bisa diketahui dan diamankan aktifitas para pelaku. Karena menurutnya, warga desa mereka resah. Dalam seminggu, katanya, aktifitas para pelaku bisa tiga kali beroperasi. Mereka mencari ikan dengan alat setrum dilakukan malam hari.

“Biasanya sekitar jam sepuluh malam, disitulah mereka mulai menangkap ikan menggunakan alat setrum. Sekali beroperasi bisa empat sampai lima kelotok,” katanya bercerita.

Wilayah pencarian ikan, tidak saja di daerah Desa Rubei, malah ke desa tetangga seperti Kamawen dan Sikan. Bisa jadi sampai ke perairan sungai desa lainnya di Kecamatan Montallat.

“Kalau pelaku kami tidak tau karena malam hari sulit mengenali mereka. Intinya dalam satu kelotok, biasanya ada dua orang. kami resahj dengan aktifitas mereak, tapi bagaimana lagi tak dapat berbuat banyak. Semoga keluahn kami bisa ada tindaklanjut,” terangnya.

Sepengetahuannya, alat setrum ikan itu  koneksi dari mesin Genzet, lalu disambung ke besi yang sudah diberi pengaman kayu. Kegiatan mereka, sampai mendekati rumah lanting penduduk, apalagi jika sudah tengah malam.

“Yang dicari semua jenis ikan, karena kalau alat setrum itu apa saja ikan bisa mati. Kami resah dengan aktifitas mereka,” katanya lagi.

Penyetruman ikan ternyata membahayakan ekosistem dan manusia. Selain itu, membahayakan juga bagi lingkungan. Menyetrum ikan juga berbahaya langsung bagi manusia. (eni)

 

 

 

Related Posts

Discussion about this post

ADVERTISEMENT

Recommended

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

error: Content is protected !!