Pelatihan Diksar Linmas, Pj Bupati Barut Harapkan Peserta Dapat Bersinergi dengan TNI/Polri

- Penulis Berita

Senin, 4 Desember 2023 - 16:50 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara melalui Satuan Polisi Pamong Praja mengadakan kegiatan pendidikan dasar (Diksar) Satlinmas bertempat di Balai Betang Muara Teweh, Senin (4/12/2023). Foto:Delia/1tulah.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara melalui Satuan Polisi Pamong Praja mengadakan kegiatan pendidikan dasar (Diksar) Satlinmas bertempat di Balai Betang Muara Teweh, Senin (4/12/2023). Foto:Delia/1tulah.com

1tulah.com, MUARA TEWEH-Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan pendidikan dasar (Diksar) anggota Linmas yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara melalui Satuan Polisi Pamong Praja, diharapkan benar-benar bermanfaat secara utuh.

Pasalnya, dalam pelatihan ini para pesertanya akan dilatih dan dibekali teknik-teknik dasar kemampuan bela diri secara fisik dan pengetahuan berupa materi.

“Usai pelatihan dasar ini nantinya diharapkan anggota Linmas bisa bersinergi bersama TNI dan Polri dalam pencegahan terjadinya anarkis di tingkat desa menunjang terwujudnya keamanan dan ketertiban di masyarakat,” kata Pj Bupati Muhlis saat membuka membuka kegiatan pelatihan Pendidikan Dasar (Diksar) bagi anggota Satlinmas se-Kabupaten Barito Utara, di Rumah Betang Muara Teweh, Senin (4/12/2023).

Menurutnya, dengan pendidikan dasar wawasan kebangsaan dan baris berbaris mampu  memupuk kecintaan kepada bangsa dan negara yang tercinta.

Sehingga dapat dijadikan sebagai bekal untuk mengantisipasi kemungkinan, terjadinya bencana atau konflik di tengah masyarakat, apalagi menghadapi pesta demokrasi yang sebentar lagi akan dilasanakan bersama.

Baca Juga :  Peluang 6 Caleg DPR RI Dapil Kalteng Melaju ke Senayan; Tiga Petahana dan Tiga Wajah Baru, Siapakah Mereka?

“Saya percaya peran sekecil apapun yang anggota linmas berikan di lapangan, pasti akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Barito Utara pada khususnya. Sehingga mari kita bersama-sama menjaga kamtibmas di wilayah Kabupaten Barito Utara,” katanya.

Lebih lanjut Pj Bupati Barito Utara Muhlis juga mengharapkan, setelah mengikuti pelatihan selama 3 (tiga) hari ini dapat menambah dan meningkatkan kemampuan, anggota Satlinmas yang akan turut serta memelihara Kamtibmas dalam menghadapi tugas pengamanan Pemilu tahun 2024 mendatang.

“Selalu lakukan koordinasi dengan aparat keamanan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam tugas pengamanan nantinya. Pendidikan dasar linmas disamping membekali diri dengan kemampuan fisik, mental  juga materi dasar yang harus dikuasai adalah pendidkan baris berbaris serta tugas pokok dan fungsi ke-linmas-an dengan hak dan kewajibannya,” katanya.

Baca Juga :  Cek Harga 2024 Yamaha Grand Filano

Saat ini Pj Bupati menambahkan banyak anggota Satlinmas desa dan kelurahan yang  sudah memasuki usia lanjut, sehingga dalam rangka pembinaan fisik, mental dan disiplin pemerintah desa perlu untuk membuka perekrutan linmas baru dengan memberi kesempatan kepada masyarakat yang berusia masih muda.

“Sebagai anggota Satlinmas baru dengan pertimbangan bahwa fisik masih kuat dan mampu melaksanakan tugas serta berperan aktif dalam menjaga kamtibmas dan dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat secara maksimal tanpa ada keraguan sedikitpun,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersbeut Pj Bupati Muhlis juga meminta kepada Satgas Linmas Kecamatan dan  Satlinmas Desa dan Kelurahan agar tetap melaporkan semua kegiatan melalui aplikasi sistem informasi manajemen perlindungan masyarakat (Sim Linmas).

“Dan dalam pelaksanaan kegiatan agar selalu berkoordinasi dengan RT, Kades dan Llurah, Babinsa dan Babinkamtibmas untuk mendapat dukungan dalam penyelarasan tugas,” pungkasnya.(Delia)

 

Berita Terkait

Ketua Gerdayak Barito Utara Ajak Warga Jaga Kondusifitas Pasca Pemilu 2024
Pencaiaran Lapisan Es di Laut Antartika Semakin Parah, Ini yang Terjadi bagi Makhluk Hidup di Bumi Jika Terus Dibiarkan
Hasil Pemilu 2024, Demokrat Barut Pertahankan 5 Kursi, PKB Nambah Satu dan Bisa Usung Calon di Pemilukada
Peluang 6 Caleg DPR RI Dapil Kalteng Melaju ke Senayan; Tiga Petahana dan Tiga Wajah Baru, Siapakah Mereka?
Tumbangkan Petahana, Ini Daftar Caleg Baru yang Lolos ke DPRD Murung Raya
Daftar 7 Caleg Wajah Baru yang Lolos ke DPRD Murung Raya 2024 -2029
Daftar Caleg yang Melenggang ke DPRD di Dapil 3 Murung Raya
German Open 2024 : Rehan)Lisa ke Semifinal
Tag :

Berita Terkait

Senin, 19 Februari 2024 - 07:36 WIB

Penjualan Anjlok, Nike akan PHK 1.600 Karyawan

Rabu, 7 Februari 2024 - 19:16 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2023 Melambat,Terpengaruh Ekonomi Global

Kamis, 25 Januari 2024 - 18:25 WIB

RAT Pembukuan III KLUB Bartim, Laporkan Telah Bayar Pajak hingga Rp60 M

Senin, 22 Januari 2024 - 21:42 WIB

Mau Kejar Cuan, Startup Unicorn Xendit Umumkan PHK Karyawan

Rabu, 17 Januari 2024 - 09:39 WIB

Komisi VI DPR RI Sebut Izin TikTok Shop Akan Dicabut Kembali Jika Masih Melanggar Permendag Nomor 31

Senin, 15 Januari 2024 - 08:10 WIB

Dapat Insentif dari Pemerintah, Segini Harga Terbaru Wuling Binguo EV

Selasa, 9 Januari 2024 - 08:55 WIB

Sempat Jualan Beras Bersama Sang Ayah, Kini Penghasilan Haji Isam Dari Satu Perusahaan Bisa Tembus Rp. 40 Miliar Per Bulan

Senin, 8 Januari 2024 - 08:00 WIB

IOTF Melalui Fox Logger Perluas Layanan di IKN Resmi Dimulai Januari 2024

Berita Terbaru

Entertainment

Ed Sheeran Masuk Indonesia Gunakan Visa Jenis Baru

Minggu, 3 Mar 2024 - 20:39 WIB

Potret Wulan Guritno bersandar di dada Sabda Ahessa saat nonton konser Ne-Yo (sumber: suara.com)

Entertainment

Tanggapan Sabda Ahessa Usai Digugat Rp396 Juta oleh Wulan Guritno

Minggu, 3 Mar 2024 - 20:36 WIB

Ilustrasi: Stasiun Pengisian BBM di AS.foto pixabay

Nasional

10 Negara dengan Harga Bensin Termahal di Dunia

Minggu, 3 Mar 2024 - 20:34 WIB