Menu

Mode Gelap

Berita · 19 Sep 2022 13:07 WIB

Perusahaan yang Beroperasi di Barito Utara di Harapkan Bisa Tingkatkan SDM


 Anggota DPRD Barito Utara H Tajeri SH MH Perbesar

Anggota DPRD Barito Utara H Tajeri SH MH

1TULAH.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Utara, H. Tajeri,SE. MM,SH.MH berharap perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Barito Utara, bisa berperan aktif dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat yang ada di wilayah areal ring I.

Di wilayah Kabupaten Barito Utara ada banyak perusahaan yang beroperasi, baik dibidang pertambangan bahkan perkebunan kelapa Sawit dan Hak Penguaahaan Hutan (HPH).

Keberadaan perusahaan-perusahaan ini diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat, salah satunya adalah dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yakni melalui program beasiswa kuliah bagi putra-putri daerah.

“Kita minta Perusahaan apakah melalui Dinas pendidikan atau melalui Pemerintah Desa, agar bisa memprogramkan beasiswa kuliah untuk masyarakat, terkhusus bagi masyarakat kurang mampu yang berdomisili atau yang terkena dampak langsung dari aktivitas perusahaan (wilayah ring 1 Perusahaan),” ujar H. Tajeri, SE.MM, SH.MH.

Di Kabupaten Barito Utara juga terdapat 3 tempat perkuliahan aktif diantaranya STAIS, Polimat dan STIE Muara Teweh. Program beasiswa ini bisa untuk para putra – putri yang melanjutkan perkuliahan di dalam daerah.

Bagi H. Tajeri, putra-putri yang melanjutkan pendidikan kuliah di dalam daerah ini, hampir 70 persen adalah masyarakat kurang mampu. Dan jika kondisi orang tuanya mampu kebanyakan anaknya kuliah ke luar daerah.

“Untuk program pemberian beasiswa ini juga sudah ada dijalankan oleh beberapa perusahaan misalnya seperti PT. SMM, Perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah Desa Lemo,” ungkapnya.

Harapan H. Tajeri, perusahaan lain yang belum ada program beasiswa untuk masyarakat, dapat meniru apa yang telah dilakukan oleh perusahaan tersebut.

“Jadi tidak serta-merta jumlahnya harus 10 sampai 20 orang, tetapi tergantung dengan kemampuan perusahaan,” ucapnya.

Dalam pemberian beasiswa ini perusahaan dapat menggunakan dana CSR nya.

Misalkan saja, untuk memberi beasiswa satu orang anak dengan biaya beasiswa Rp 10 juta per tahun.

“Uang sebesar Rp 10 juta per tahun untuk program beasiswa kuliah 1 orang anak itu nilainya sangat kecil dibandingkan dengan nilai Sumber Daya Alam (SDA) yang diambil perusahaan. Pendapatan perusahaan dari hasil mengeruk kekayaan Bumi Barito Utara bisa mencapai triliunan per tahun,” paparnya.

Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Ketua Caretaker DAD Barito Utara Audensi dengan Asisten dua Mewakili Bupati dan Kapolres Barut

3 Desember 2022 - 08:46 WIB

Ketua Caretaker DAD Barito Utara bersama pengurus lain, saat audensi dengan Asisten II, Rahmat MUratni dan dengan Kapolres Barut AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Jumat (04/12/2022). Foto. Dellia Anisya Fitri/1tulah.com

Kabar Baik! Kompetisi Liga 1 Digulir 5 Desember

3 Desember 2022 - 08:39 WIB

Ilustrasi pertandingan Liga 1 2022/2023. [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Berperan Dalam Kesehatan Ibu dan Anak, Pemkab Barut Dukung Rencana Aksi Pokja Posyandu

3 Desember 2022 - 08:38 WIB

Rp 1,794 Triliun, Pemkab Barut Terima Transferan Dana Provinsi Tahun Anggaran 2023

3 Desember 2022 - 08:30 WIB

Jokowi Buka Kembali Peluang Investor Masuk ke IKN, Setelah Kawasan 1A, Giliran Kawasan 1B dan 1C yang Ditawarkan

3 Desember 2022 - 07:48 WIB

Hasil Piala Dunia Grup G : Brasil dan Swiss ke Babak 16 Besar

3 Desember 2022 - 07:12 WIB

Para pemain Timnas Brasil memberikan aplaus pada suporter usai laga Piala Dunia 2022 kontra Kamerun di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. [NELSON ALMEIDA / AFP]
Trending di Berita