• News
  • News

Pemdes Baruyan Berhasil Budidaya Ayam Petelur

1tulah.com, TAMIANG LAYANG – Program ternak Ayam Petelur di Desa Baruyan Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur(Bartim) Kalimantan Tengah, dikelola Pemerintah Desa Baruyan sudah mulai terlihat hasilnya.  Budidaya ini, sebab di awal merintis, ayam-ayam petelur ini sempat dimangsa ular dan biawak.

“Ayam petelor yang dikelola ini sudah bertelur sejak dua minggu yang lalu”.ujar Sabariani, Ketua TP PKK Desa Baruyan,Minggu(9/08/2020).

Sabariani, saat menunjukkan budidaya Ayam Petelur di belakang rumahnya itu menjelaskan, saat pertama ada 15 butir bertelur, sedangkan hari ini ada berhasil menghasilkan 120 butir telur, dan kini hasil dari penjualan telur ayam tersebut sudah sekitar Rp 600 ribu rupiah lebih.

Hasil dari penjualan telur digunakan untuk membeli pakan, kalau ada sisanya digunakan untuk menambah bibit ayam petelur lagi agar bisa trus berkembang.

Ia berharap, kedepannya ayam bisa lebih banyak lagi menghasilkan telur. Serta program yang telah di jalankan ini bisa berhasil kedepannya. Dia menceritakan, awalnya, Ayam sebanyak 300 ekor. Kini hanya tersisa 280, karena mati dimakan  ular dan biawak.

Terpisah, Kepala Desa Baruyan,  Yandi mengungkapkan, pihaknya menganggarkan untuk program Ayam Petelur melalui dana desa sebesar Rp 82 juta lebih dan alhasil program ayam petelur tersebut membuahkan hasil .(zek/eni)

,
,
,
,

Related Posts

Discussion about this post

ADVERTISEMENT

Recommended

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

error: Content is protected !!