Distanakan Bartim Lakukan Pemeriksaan 63 Sapi Qurban

141
SHARES
61
VIEWS

1tulah.com, TAMIANG LAYANG-Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur (Bartim), Provinsi Kalimatan Tengah memiliki 63 ekor Sapi qurban. Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanakan) Bartim lakukan pemeriksaan guna memastikan kesehatanya sehingga layak potong.

Kepala Distanakan, Riza Rahmadi  mengatakan kepada awak media bahwa pihaknya dari kemarin melakukan Antemortem atau pemeriksaan terhadap semua hewan qurban sebayak 63 ekor yang akan dibagikan untuk Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun 2020.

Lanjut Riza, sapi qurban yang akan dibagikan tersebut sudah siap, dan sekarang Sapi Qurban berada di Desa Sumber Rejo, Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Bartim.

Riza, mengingatkan kepada pihaknya yang bertugas, semua hewan qurban yang akan diqurbankan natinya harus hewan jantan dan dalam kondisi sehat.

“Kalau yang betina kita rekomendasi yang sudah tidak produktif lagi, kami dari Dinas Pertanian tidak merekomendasikan untuk hewan qurban betina yang masih produktif. Semua sapi yang akan diqurbankan oleh Pemkab Bartim tersebut berjenis kelamin jantan, terang Riza.

Ditempat yang sama, Kasi Penyebaran dan Pengembangan Distanakan, Rebo, S.Pt., mengatakan sesuai prosedur, kemarin bersama dengan dokter hewan dan sekretaris, serta Kabid telah memeriksa ke Desa Sumber Rejo, untuk melakukan pemeriksaan, pemeriksaan Antermortem yakni, pemeriksaan luar atau fisik.

Menurutnya, puluhan ekor sapi qurban milik Pemkab Bartim tersebut siap untuk diqurbankan dan hewan tersebut baru datang beberapa hari yang lalu, sapi tersebut rata-rata berumur dua tahun dan jantan semua, sementara untuk penyebaran hewan qurban kewenangan bagian Kesra Pemkab Bartito Timur. (Sun/eni).

Related Posts

Discussion about this post

ADVERTISEMENT

Recommended

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

error: Content is protected !!