Menu

Mode Gelap

Berita · 24 Sep 2022 12:15 WIB

Pasca Banjir Kotim, Pemerintah Diminta Jaga Ketersediaan Obat-obatan


 Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Megawati Perbesar

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Megawati

1tulah.com, SAMPIT-Dampak pasca banjir yang terjadi di wilayah Kotim adalah berbagai gangguan kesehatan. Kondisi ini harus mendapat perhatian pemerintah setempat, yakni dengan menyiapkan layanan kesehatan bagi masyarakat terdampak banjir.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Megawati mengingatkan kepada Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur supaya memperhatikan ketersedian obat obatan di Puskesmas hingga di Pustu wilayah pelosok desa.

Pasalnya, lanjutnya, pada saat musim hujan seperti ini, saat cuaca sedang tidak bersahabat, banyak penyakit bisa datang. Salah satunya adalah muntaber. Penyakit yang ditandai dengan seringnya buang air besar disertai muntah dapat menyerang siapa saja.

“Mutaber bisa menyerang  siapa pun mulai dari orang dewasa sampai anak-anak. Meski tergolong penyakit ringan, tapi bila tidak ditangani dengan benar, muntaber dapat menjadi penyakit  serius,”ujar Megawati kepada 1tulah.com di Sampit, Sabtu (24/9/2022).

Menurutnya, banyak saat ini banyak masyarakat yang sakit flu deman berat terjadi pada dewasa sementara anak anak juga banyak yang sakit diare. “Mungkin karena pasca banjir serta komndisi  cuaca kita kurang baik untuk kesehatan maka dari itu selain pihak kesehatan yang harus siaga masyarakat juga diingatkan untuk waspadai,”kata Megawati.

Diketahui penyebab umumnya adalah virus, kuman atau bakteri. Kuman yang masuk ke saluran cerna melalui makanan yang telah tercemar akan menyebabkan peradangan. Maka muncul gejala-gejala seperti: Sakit perut, kembung dan mual muntah-muntah, demam tinggi, tidak nafsu makan, lemas, dan dehidrasi. (Ifit)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua Caretaker DAD Barito Utara Audensi dengan Asisten dua Mewakili Bupati dan Kapolres Barut

3 Desember 2022 - 08:46 WIB

Ketua Caretaker DAD Barito Utara bersama pengurus lain, saat audensi dengan Asisten II, Rahmat MUratni dan dengan Kapolres Barut AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Jumat (04/12/2022). Foto. Dellia Anisya Fitri/1tulah.com

Kabar Baik! Kompetisi Liga 1 Digulir 5 Desember

3 Desember 2022 - 08:39 WIB

Ilustrasi pertandingan Liga 1 2022/2023. [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Berperan Dalam Kesehatan Ibu dan Anak, Pemkab Barut Dukung Rencana Aksi Pokja Posyandu

3 Desember 2022 - 08:38 WIB

Rp 1,794 Triliun, Pemkab Barut Terima Transferan Dana Provinsi Tahun Anggaran 2023

3 Desember 2022 - 08:30 WIB

Jokowi Buka Kembali Peluang Investor Masuk ke IKN, Setelah Kawasan 1A, Giliran Kawasan 1B dan 1C yang Ditawarkan

3 Desember 2022 - 07:48 WIB

Hasil Piala Dunia Grup G : Brasil dan Swiss ke Babak 16 Besar

3 Desember 2022 - 07:12 WIB

Para pemain Timnas Brasil memberikan aplaus pada suporter usai laga Piala Dunia 2022 kontra Kamerun di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. [NELSON ALMEIDA / AFP]
Trending di Berita