Menu

Mode Gelap

Berita ยท 24 Sep 2022 09:34 WIB

Deteksi Dini Bagi Wanita, Ini 5 Gejala Awal Serangan Jantung


 Ilustrasi serangan jantung (suara.com) Perbesar

Ilustrasi serangan jantung (suara.com)

1TULAH.COM – Kesadaran guna mendeteksi gejala awal serangan jantung, terutama wanita sangat penting. Sebab cara ini bisa menyelematkan hidup mereka sebelum serangan jantung merenggut nyawanya.

Kewaspadaan yang lemah terhadap penyakit jantung ini bisa berakibat fatal atau mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Gejala penyakit jantung jangan dianggap sepele, sebab serangan jantung bisa jadi penyebab kematian

Melansir suara.com (Medicalnewstoday.com), menyebut
seorang perempuan lebih kecil kemungkinannya selamat dari serangan jantung pertama daripada pria. Hal ini terjadi mungkin perempuan dan pria memiliki gejala serangan jantung yang berbeda.

Perempuan lebih cenderung mengalami serangan jantung diam atau menunjukkan gejala yang tidak biasa. Selain itu, wanita menciptakan faktor risiko unik serangan jantung karena beberapa penyakit, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Studi tahun 2003 pun telah membuktikannya dengan meneliti 515 wanita yang mengalami serangan jantung. Hasilnya, 80 persen wanita mengalami setidaknya 1 gejala sejak 4 minggu sebelum serangan jantung.

Berikut 5 gejala serangan jantung yang mungkin terjadi pada wanita, diantaranya:

1. Nyeri dada

Gejala umum serangan jantung adalah nyeri dada yang berupa keketatan, tekanan, tindihan dan rasa sakit di dada. Namun, wanita dapat mengalami serangan jantung tanpa nyeri dada.

Penelitian 2003, sebanyak 29 persen wanita mengalami ketidaknyamanan di dada beberapa minggu sebelum serangan jantung. Tapi, 57 persen wanita baru mengalami nyeri dada ketika serangan jantung.

2. Kelemahan

Kelemahan atau mudah goyah juga termasuk gejala umum serangan jantung pada wanita. Biasanya kelemahan ini disertai kegelisahan, pusing hingga pingsan.

3. Berkeringat

Keringat berlebihan tanpa penyebab normal termasuk gejala serangan jantung pada wanita. Selain itu, rasa dingin dan lembab juga bisa menjadi indikator masalah jantung.

4. Gangguan tidur

Hampir setelah wanita yang mengalami serangan jantung juga melaporkan masalah gangguan tidur beberapa minggu sebelumnya. Gangguan tidur ini termasuk kesulitan tidur nyenyak, begadang sepanjang malam, merasa lelah meski cukup tidur.

5. Masalah pencernaan

Beberapa wanita mungkin merasakan sakit atau tekanan di perut sebelum serangan jantung. Masalah pencernaan lainnya yang terkait dengan kemungkinan serangan jantung bisa termasuk, gangguan pencernaan, mual, dan muntah.

Demikian beberapa gejala yang harus segera disadari agar tidak memiliki akibat yang fatal. (suara.com)

Artikel ini telah dibaca 82 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua Caretaker DAD Barito Utara Audensi dengan Asisten dua Mewakili Bupati dan Kapolres Barut

3 Desember 2022 - 08:46 WIB

Ketua Caretaker DAD Barito Utara bersama pengurus lain, saat audensi dengan Asisten II, Rahmat MUratni dan dengan Kapolres Barut AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Jumat (04/12/2022). Foto. Dellia Anisya Fitri/1tulah.com

Kabar Baik! Kompetisi Liga 1 Digulir 5 Desember

3 Desember 2022 - 08:39 WIB

Ilustrasi pertandingan Liga 1 2022/2023. [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Berperan Dalam Kesehatan Ibu dan Anak, Pemkab Barut Dukung Rencana Aksi Pokja Posyandu

3 Desember 2022 - 08:38 WIB

Rp 1,794 Triliun, Pemkab Barut Terima Transferan Dana Provinsi Tahun Anggaran 2023

3 Desember 2022 - 08:30 WIB

Jokowi Buka Kembali Peluang Investor Masuk ke IKN, Setelah Kawasan 1A, Giliran Kawasan 1B dan 1C yang Ditawarkan

3 Desember 2022 - 07:48 WIB

Hasil Piala Dunia Grup G : Brasil dan Swiss ke Babak 16 Besar

3 Desember 2022 - 07:12 WIB

Para pemain Timnas Brasil memberikan aplaus pada suporter usai laga Piala Dunia 2022 kontra Kamerun di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. [NELSON ALMEIDA / AFP]
Trending di Berita