Home / Berita / Metrokrim / News / Puruk Cahu

Minggu, 22 November 2020 - 18:17 WIB

Mengaku Sebagai HRD Perusahaan Batubara, Pria Pengangguran Ini Tipu Sejumlah Warga

Pelaku saat diamankan sambil memperlihatkan berkas lamaran korban yang ditipu nya. Foto.Dok.Polisi

Pelaku saat diamankan sambil memperlihatkan berkas lamaran korban yang ditipu nya. Foto.Dok.Polisi

1tulah.com, PURUK CAHU-Seorang pengangguran Ahmad Jainudin alias Andi (51) warga Desa Tumbang Jojang Kecamatan Seribu Riam, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah di tangkap polisi setelah menipu korban yang dijanjikannya masuk kerja di salah perusahaan pertambangan.

Pelaku yang mengaku sebagai HRD di PT, Borneo Prima ini diamankan petugas, Sabtu (21/11/2020) sekira pukul 11.00 WIB. Atas ulahnya, tiga warga Puruk Cahu menjadi korban, setelah menyetorkan sejumlah uang agar bisa bekerja.

,

Kapolres Murung Raya AKBP I Gede Putu Widyana melalui Kapolsek Murung Ipda Yuliantho membenarkan pihaknya telah mengamankan seorang lelaki terkait kasus penipuan dengan modus bisa memperkerjakan di salah perusahaan.

Kronologisnya terang Ipda Yuliantho, bermula, Sabtu tanggal 14 November 2020 Pelaku menawarkan untuk mencari karyawan yang bisa bekerja di perusahaan PT. Borneo Prima. Dirinya kepada para korban mengatasnamakan HRD Perusahaan dan meminta Uang kepada.

“Uang yang diminta kepada para korban untuk adminsitrasi dan tanpa melalui tes kesehatan. Korban yang melapor ada tiga dan semua menyerahkan uang. Janji itu ternyata sampai sekarang tidak ada,” ujar Kapolsek Ipda Yuliantho.

Ketiga korban, sambung Kapolsek baru sadar bahwa telah tertipu lalu melapor ke polisi. Dari ketiga korban, pelaku mendapatkan uang sebesar Rp 3.150.000.

“Jumat kemarin pelaku berhasil kita amankan meski sempat melawan dan hendak melarikan diri, dan Sabtu (21/11/2020) setelah menjalani pemeriksaan insentif dia ditetapkan sebagai tersangka,” terang Yulianstho.

Terhadapnya, polisi menyangkakan pasal 378 KUHPidana tentang Penipuan, barang siapa dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau Orang lain dengan melawan Hak, baik dengan memakai nama palsu atau keadaan palsu, baik dengan akal dan Tipu Muslihat, maupun dengan karangan Perkataan – perkataan bohong, membujuk orang supaya memberikan sesuatu barang, membuat utang atau menghapuskan utang, dihukum karena penipuan, dengan hukuman penjara selama – lamanya Empat Tahun. (sur/eni)

 

 Advertisement Here ,
,

Share :

Baca Juga

Fashion

So you want to be a startup investor? Here are things you should know

News

Tokoh Masyarakat Hingga Mantan Pejabat Bartim, Berkumpul. Tentukan Status Desa Dambung

Buntok

Di Hari Kemerdekaan, Polres Barsel Bagikan Masker Merah Putih

Metrokrim

Gelapkan Motor Pemilik Salon, Pemuda Muara Teweh Ini di Tangkap Polisi

News

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Perumahan Mutiara Sentul Bogor

Berita

Ada Apa? Warga Laporkan Adanya ODGJ Tak Mendapat Respon

News

Astaga, Video Hot Tiga ABG Tayang Live di Medsos

News

Polsek Dusun Timur Sebar Seribu Benih Ikan Lele
error: Content is protected !!