Home / Berita / Nasional

Sabtu, 3 Desember 2022 - 07:48 WIB

Jokowi Buka Kembali Peluang Investor Masuk ke IKN, Setelah Kawasan 1A, Giliran Kawasan 1B dan 1C yang Ditawarkan

Presiden Joko Widodo saat berkemah di Titik Nol Kilometer IKN Nusantara, Kalimantan Timur). (Twitter/jokowi foto Agus Suparto/suara.com)

Presiden Joko Widodo saat berkemah di Titik Nol Kilometer IKN Nusantara, Kalimantan Timur). (Twitter/jokowi foto Agus Suparto/suara.com)

1TULAH.COM-Pembangunan kawasan IKN Nusantara terus ditingkatkan. Presiden Joko Widodo kembali membuka peluang kepada investor untuk masuk ke IKN Nusantara.

Setelah pembangunan proyek-proyek di kawasan 1A yang meliputi lokasi kantor kepresidenan dan kementerian, kini giliran kawasan 1B dan 1C yang ditawarkan.

Jika ada investor yang berminat dipersilakan menggarap proyek di kedua kawasan yang merupakan proyek sejumlah infrastruktur pendudukung kawasan 1A ini.

Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady menilai, pemindahan ibu kota negara selain membuka banyak peluang bisnis, juga akan menciptakan pemerataan dan memperkuat inklusivitas ekonomi nasional.

John menyebut pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk membuka area-area dan menampung minat investor.

Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, awal pekan ini mengarahkan jajarannya, untuk menampung minat investor berinvestasi di IKN pasca jajak pasar.

Jokowi memberikan arahan agar area-area di IKN dibuka lagi untuk menampung minat para investor, yang tidak tertampung di wilayah 1A. Wilayah 1A adalah wilayah tempat Istana Kepresidenan dan sejumlah kementerian nanti berlokasi.

Baca Juga :  Abdul Razak: Permasalahan Masyarakat di Kalteng Hampir Sama

“Sekarang kita buka lagi 1B dan 1C istilahnya. Jadi total daerah dari KIPP atau Kawasan Inti Pusat Pemerintahan itu akan kita langsung buka untuk para investor yang berminat,” kata Jokowi.

Terkait hal tersebut, Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady menilai pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, di bawah arahan Presiden Jokowi, sebagai upaya menciptakan pemerataan pembangunan.

IKN Nusantara secara geografis berada di tengah-tengah negeri kepulauan ini, bisa bermakna kemauan kuat menciptakan keadilan bagi seluruh wilayah.

“Pemindahan ibu kota adalah inisiatif yang sangat penting, memastikan pembangunan berjalan merata, serta upaya mengikis ketimpangan sehingga pembangunan berjalan inklusif. Tentunya akan banyak tercipta peluang bisnis, termasuk adanya arahan dari Presiden Jokowi untuk menampung minat investasi,” kata John dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat.

Respons positif atas pemindahan ibu kota negara dengan pembangunan di IKN Nusantara sebelumnya juga disampaikan John saat dirinya menjadi salah satu pembicara pada ajang Nikkei Global Management Forum di Tokyo, Jepang, beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Polisi di Sumut Amankan 17,37 gram Sabu

Menurut John, selain memiliki geografis yang strategis bagi Indonesia, wilayah Kalimantan dilingkupi berbagai sektor strategis untuk perekonomian nasional. IKN disangga berbagai pusat pertambangan, perkebunan, serta industri lainnya.

Pemerintah juga tidak hanya membuka peluang investasi di wilayah KIPP saja, melainkan juga di area lainnya. Sejumlah wilayah tersebut antara lain wilayah pariwisata, pusat finansial dan ekonomi, wilayah pendidikan, hingga wilayah kesehatan.

Kehadiran IKN, tegas John, bakal lebih mengembangkan wilayah Kalimantan dan sekitarnya. Seiring aktivitas perekonomian yang akan terpacu serta peningkatan populasi, maka kebutuhan berbagai sarana, prasarana, dan layanan publik juga ikut meningkat.

“Untuk mendukung kesuksesan proyek itu, kami akan mendukung dengan berbagai kemampuan kami, entah itu pembangunan rumah sakit atau penguatan sektor kesehatan, serta bisa juga ke arah sektor pendidikan. Kami ingin mengambil bagian dan berkontribusi, serta siap mewujudkan harapan bagi ibu kota baru itu,” kata John. (Sumber: suara.com)

 

Share :

Baca Juga

Berita

Jalan Jamut-Mampuak Rusak Parah Viral di Medsos, Warganet Minta Pemda Barut Segera Tangani
Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak menggelar konpers penangkapan tersangka kasus ketok palu DPRD Jambui Tahun Anggara 2017-2018 di Gedung Merah Putih KPK Jaksel pada Selasa (10/1/2023). [Suara.com/Yaumal]

Berita

28 Tersangka Kasus Suap Pengesahan RAPBD Jambi eks Anggota DPRD

Berita

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Kebaikan

Berita

Kapolres Barsel Ajak Ciptakan Kamtibmas Kondusif

Berita

Moderasi Beragama, Pesan Wabup Saat Pelantikan Pengurus PHDI Barito Utara Masa Bhakti 2023-2027

Berita

Kamis Besok: Empat Kota di Indonesia Berpotensi Hujan Disertai Petir

Berita

Pemkab Barsel Sangat Mendukung Peniadaan Mudik Lebaran Tahun ini

Berita

Korban Kebakaran di Jambu Dapat Bantuan dari Pemkab Barut