Home / Berita / Buntok / Olahraga

Minggu, 27 November 2022 - 06:14 WIB

Porkab Barsel 2022 Resmi Ditutup, Kecamatan Dusel Juara Umum

Ketua KONI Idariani (tengah) berfoto bersama tim Kecamatan Dusun Selatan yang keluar sebagai juara umum diajang Porkab Barsel 2022, Sabtu (26/11/2022).
 Foto. Alifansyah/1tulah.com

Ketua KONI Idariani (tengah) berfoto bersama tim Kecamatan Dusun Selatan yang keluar sebagai juara umum diajang Porkab Barsel 2022, Sabtu (26/11/2022). Foto. Alifansyah/1tulah.com

1tulah.com,BUNTOK-Pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Barito Selatan (Barsel), tahun 2022 telah berakhir. Hasilnya, Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) keluar sebagai juara umum dengan perolehan medali 48 emas, 25 perak dan 28 perunggu.

Acara penutupan dilakukan setelah pertandingan sepak bola selesai yang memperebutkan medali emas, antara tim dari Kecamatan Dusun Hilir (Duhil) melawan Kecamatan Karau Kuala. Dimenenagkan oleh tim Kecamatan Karau Kuala dengan skor 0:2, di Stadion Batuah, pada Sabtu (26/11/2022) di Buntok.

Di peringkat kedua Disusul oleh tim Kecamatan Gunung Bintang Awai dengan perolehan 6 emas, 10 perak, 12 perunggu, ketiga Karau Kuala 4 emas, 9 perak, 9 perunggu, keempat Jenamas 4 emas, 9 perak, 9 perunggu dan diposisi kelima Dusun Utara 4 emas, 7 perak, 7 perunggu serta kelima Duhil 3 emas, 9 perak dan 6 perunggu.

Pj Bupati Barsel Lisda Arriyana yang diwakili oleh Kepala BPKAD Akhmad Akmal Husaen menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel sangat mengapresiasi dan menyambut baik dengan diadakannya pelaksanaan Porkab pertama tahun 2022 di Kota Buntok ini.

“Karena kegiatan seperti ini sangat baik sekali sebagai sarana penjaringan atlet-atlet potensial, yang disiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah tahun 2023 yang rencananya akan dilaksanakan di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim),” ujarnya kepada wartawan usai menyerahkan medali kepada para juara.

Baca Juga :  Peduli Pendidikan Agama, PT SAB Serahkan Bantuan untuk Pompes Ass-Syifaul Amin, Rahmanto Muhidin : Keberaadan Para Investor Patut kita Dukung

 

Ia mengatakan, kegiatan ini hendaknya terus dilaksanakan guna mencari maupun mengali bibit-bibit atlet yang potensial dan berprestasi di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

“Melalui kegiatan ini diharapkan bisa menghasilkan atlet-atlet yang potensial untuk dipersiapkan mengikuti ajang Porprov Kalimantan Tengah tahun 2023 mendatang,” kata pria yang akrab disapa Akmal ini.

Akmal berharap, semoga melalui kegiatan ini bisa lebih memacu gairah dan semangat para pecinta olahraga khususnya di Kabupaten Barsel ini.

“Kami atas nama Pemkab Barsel mengucapkan terimaksih kepada KONI Barsel yang sudah berusaha maksimal, sehingga kegiatan Porkab ini dapat berjalan dengan sukses, aman dan lancar hingga selesai,” kata Akhmad Akmal Husaen.

Sementara itu, Idariani, Ketua KONI Barsel mengungkapkan, tugas KONI belum selesai, setelah Porkab ini para atlet-atlet perorangan yang sudah meraih emas, secara otomatis akan tergabung dalam tim Barsel, menuju Porprov 2023 nantinya, dan akan dilatih untuk lebih memantapkan persiapan menghadapi ajang tersebut.

Baca Juga :  PMA Nomor 73 Tahun 2022, Respons terhadap Kekerasan Seksual di Lembaga Pendidikan Binaan Kemenag

“Sementara untuk olahraga yang sifatnya beregu atau tim contohnya sepak bola, pihak PSSI Barsel sudah melakukan seleksi secara langsung diajang Porkab ini,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, tim yang tidak masuk final atau tidak merah medali sesungguhnya tidak mustahil untuk bisa tergabung dalam tim Barsel, karena didalam tim tersebut ada pemain yang bagus maupun potensial, hanya kebetulan timnya tidak meraih medali emas diajang Porkab ini.

“Artinya seperti tim futsal dan sebagainya penilainya itu individu,” ucap wanita yang akrab disapa ibu Ida ini.

Ia menambahkan, artinya akan ada penilai yang akan disampaikan dari masing-masing Cabang Olahraga (Cabor) ke KONI Barsel yang nantinya akan diteruskan ke setiap pengurus KONI Kecamatan.

“Untuk diketahui bahwa sesunguhnya Porkab ini sama dengan ajang Porprov dan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang digelar setiap 4 tahun sekali, berbeda dengan kejuaran pada umumnya yang dilaksanakan setiap tahunnya,” kata Idariani. (Alifansyah)

Share :

Baca Juga

PDAM Tirta Barito

Berita

PDAM Tirta Barito Jalin Kerjasama dengan RSUD Buntok
Penyerang Portugal Goncalo Ramos (Tengah) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol saat pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Portugal dan Swiss di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha, Qatar, Selasa (6/12/2022). [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Berita

Hasil Piala Dunia : Portugal Libas Swiss 6-1 Bentrok di Perempat Final Lawan Maroko, Goncalo Ramos Cetak Hat-Trick
banjir melanda

Berita

Potensi PLTA dan PLTB di Kalteng Mampu Penuhi Kebutuhan Listrik di IKN

Buntok

Polres Barsel Serahkan Maklumat Kapolri ke KPU dan Bawaslu
Ilustrasi paspor - persyaratan dan cara membuat paspor (suara.com)

Berita

Terbaru, Intip Persyaratan dan Cara Pembuatan Paspor secara Online serta Biaya

Berita

PWI Mura Berikan Edukasi Tangkal Hoaks Lewat Safari Jurnalistik
Suasana di rumah duka di desa Muara Joloi II

Berita

Motor Cis Terbalik, Ayah dan Anak Hilang
Viar Q1, sepeda motor listrik pertama yang dijual di Indonesia. [e-viar.com/suara.com

Berita

5 Pilihan Motor Listrik Buatan Dalam Negeri