Menu

Mode Gelap

Berita · 10 Jun 2022 14:49 WIB

Pesan Kolonel Kav Heru Baharuddin Saat Penutup Pelatihan Penanggulangan Bencana Karhutla


 Kasi Opsrem Kolonel Kav Heru Baharuddin menyerahkan sertifikat penghargaan dari Danrem kepada peserta. (Foto: Suroso/1tulah.com) Perbesar

Kasi Opsrem Kolonel Kav Heru Baharuddin menyerahkan sertifikat penghargaan dari Danrem kepada peserta. (Foto: Suroso/1tulah.com)

1tulah.com, Puruk Cahu – Latihan bersama penanggulangan bencana alam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) berakhir dan ditutup, Jumat (10/6/2022).

Diharapkan peserta pelatihan memiliki kesiapsiagaan dan mampu mendeteksi sedini mungkin segala perkembangan situasi, kemungkinan terjadinya bencana setiap saat.

Upacara penutupan dipimpin Kasi Opsrem Kolonel Kav Heru Baharuddin S.Sos. Hadir pula perwakilan Pemda Mura Asisten I Setda Mura Serampang, Kadis Sosial Mura Rusine, Kadis Kesehatan dr. Suria Siri, Pabung Kodim 1013/MTW Inf Heru Widodo dan jajaran terkait lainnya.

Baca juga : https://1tulah.com/2022/06/09/capaian-kia-dukcapil-murung-raya-lampaui-target-nasional/

Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya SE melalui Kasi Opsrem Kolonel Kav Heru Baharuddin dalam sambutannya mengatakan, bencana alam adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam atau faktor non alam maupun faktor manusia.

Yang mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

“Sehingga dalam penanganan bencana alam diperlukan langkah-langkah yang tepat dan terintegrasi agar dapat tertangani dengan tepat, dan sesuai sasaran pada saat terjadi bencana alam ataupun penanganan sesudah terjadinya bencana alam tersebut,” kata Danrem.

Baca juga : https://1tulah.com/2022/06/07/siap-berangkat-25-cjh-murung-raya-ikuti-bimbingan-manasik-haji/

Menurutnya, selama mengikuti latihan semua tenaga, pikiran dan konsentrasi para peserta terfokus pada latihan ini, tapi semua pengorbanan ini tidak sia-sia.

‘Saya yakin dan percaya kalau para peserta telah memiliki ilmu dan wawasan sebagai bekal dalam membantu Pemerintah Daerah melaksanakan penanggulangan bencana alam di wilayah secara terpadu, terencana dan berkesinambungan,” kata dia.

Baca juga : https://1tulah.com/2022/06/06/bupati-perdie-buka-pelatihan-penanggulangan-bencana-alam-karhutla/

Sementara itu, Bupati Mura melalui Asisten I Setda Mura Serampang mengatakan, melalui latihan teknis ini telah diberikan berbagai macam gambaran permasalahan aktual tentang bencana alam yang memerlukan pemecahan secara komprehensif dan terintegrasi.

“Ini sangat penting, karena kenyataan atau permasalahan aktual di lapangan, selalu memiliki dinamika dan karakteristik yang berbeda. Bila terjadi bencana alam koordinasi antara seluruh unsur terkait perlu dilakukan,” tegas Serampang.

Sehingga, ujarnya, mereka senantiasa memiliki kesiapsiagaan dan mampu mendeteksi sedini mungkin segala perkembangan situasi, kemungkinan terjadinya bencana setiap saat semua siap untuk melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi serta bantuan kemanusiaan pasca bencana.

Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polisi Masih Selidiki Penyebab Ledakan di Asrama Polisi

26 September 2022 - 10:18 WIB

Polisi masih selidiki penyebab ledakan di Asrama Polisi (suara.com)

Viral Suara Pengamen Bawakan Lagu Bon Jovi, Warganet : Keren Suaranya

26 September 2022 - 09:40 WIB

Viral pengamen mirip vokalis Bon Jovi (tangkapan youtube)

Tukang Ojek dan Nelayan Bakal Terima Bansos, Pencairan Oktober-Desember, Lengkapi Syarat-syaratnya Ini

26 September 2022 - 08:36 WIB

Sadis, Polwan BNN Diduga Aniaya dan Sekap Perempuan

26 September 2022 - 08:33 WIB

Ilustrasi - polwan BNN diduga aniaya dan sekap perempuan (suara.com)

Kejurda Grasstrack 2022 Barsel, Jaring Pebalap Lokal di Ajang Porprov 2023

26 September 2022 - 08:25 WIB

Berteman dengan 4 Zodiak Ini, Dijamin deh Selalu Riang Gembira

26 September 2022 - 07:50 WIB

Trending di Berita