Menu

Mode Gelap

Berita · 24 Sep 2022 18:11 WIB

DPRD Barut Ribut lagi Terkait Penggunaan Jalan Nasional oleh Perusahaan Tambang, Samson: UU Cipta Kerja Membolehkan


 Truck melintas di jalan negara Desa Sikui dan Hajak inilah yang dipermasalahkan anggtoa DPRD Barito Utara. Mereka mempertanyakan izin lintas. Tampak gambr salh satu truck angkutan melintas di pagi hari.(Foto.Deni/1tulah.com) Perbesar

Truck melintas di jalan negara Desa Sikui dan Hajak inilah yang dipermasalahkan anggtoa DPRD Barito Utara. Mereka mempertanyakan izin lintas. Tampak gambr salh satu truck angkutan melintas di pagi hari.(Foto.Deni/1tulah.com)

1TULAH.COM – DPRD Kabupaten Barito Utara kembali mempertanyakan aktivitas angkutan tambang yang melintas jalan Negara.

Mereka mempermasalahkan aktivitas angkutan tambang disekitar Desa Sikui ke arah simpang Jalan Hamparan Mulia, di Desa Hajak.

“Perlu dipertanyakan izin melintas di jalan nasional. Ini siapa yang memberi izin yang tentunya pihak terkait dalam hal ini Kementerian PUPR yang membidangani jalan nasional segera dievaluasi,” kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Barito Utara, H Tajeri, Senin, 18 September 2022.

Legislator Partai Gerindra Barito Utara ini, mengingatkan, bahwa jalan itu dibangun  menggunakan uang rakyat, yang dipungut dari bayar pajak dan lainnya.

Tapi kenapa justru perusahaan tambang menikmati dan menggunakan untuk angkutan produksi mereka. Apakah ada unsur pembiaran dalam hal ini.

“Nanti kita lihat pada saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPRD,” sambung Tajeri.

Ia juga meminta perwakilan masing-masing manajemen dari pusat hadir. Begitu juga dengan balai besar dibidang jalan wajib hadir.

“Karena perkara pelanggaran ini sudah berulang kali saya temukan secara langsung dan saya sampaikan untuk diperhatikan tapi kelihatannya dilapangan tidak dihriaukan, ada apa dengan semuanya,” tutupnya.

Pihak Kantor Balai Kalteng, PPTK 3.2, Solikun di konfirmasi 1tulah.com, Jum’at, 23 September 2022 melalui pesan percakapan whatsapp, tidak menjawab.

Namun, pihak pengguna jalan untuk aktifitas angkutan tambang, Manager PT Batara Perkasa, Samsom, di konfirmasi 1tulah.com, Jumat, 23 September 2022 mengatakan, sesuai aturan UU cipta kerja sekarang perusahaan swasta boleh memakai jalan umum. Selama tidak melanggar aturan, seperti dari segi kapasitas berat dan unit yang dipakai mengikuti UU dinas perhubungan.

Disinggung apakah ada mendapat izin dari Kantor Balai Kalimantan Tengah? Samson menegaskan, itu bukan izin karena tidak ada SK pemakaian jalan.

“Kalau ada kerusakan jalan kami pengguna berkordinasi dengna pihak balai jika ada perbaikan jalan,” kata Samson.

Sementara itu Manager PT Mega Multi Energi (MME), Deni Yayan mengatakan, sudah mengantongi izin/dispensasi dari Balai Besar pengelolaan Jalan dan Jembatan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Kalsel/Kalteng.

“Kami mendapat dispensasi penggunaan jalan nasional dari Balai Besar jalan nasional Kalimantan Tengah. Tapi kami juga ada kewajiban memperbaiki jalan itu jika ada kerusakan. Kami menyiapkan bahan material, dan perbaikannya ditangani balai besar,” kata Deni Yayan, Sabtu, 24 September 2022.

Menurut Deni, izin/dispensasi yang mereka kantongi sudah cukup lama, dan berapa kali mengalami perpanjangan. Malah izin dispensasi itu sudah mereka dapatkan,sejak Balai Besar pengelolaan Jalan dan Jembatan Jalan Nasional (BPJN) masih berkantor di Kalimantan Selatan. (Delia)

Artikel ini telah dibaca 654 kali

Baca Lainnya

Ketua Caretaker DAD Barito Utara Audensi dengan Asisten dua Mewakili Bupati dan Kapolres Barut

3 Desember 2022 - 08:46 WIB

Ketua Caretaker DAD Barito Utara bersama pengurus lain, saat audensi dengan Asisten II, Rahmat MUratni dan dengan Kapolres Barut AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Jumat (04/12/2022). Foto. Dellia Anisya Fitri/1tulah.com

Kabar Baik! Kompetisi Liga 1 Digulir 5 Desember

3 Desember 2022 - 08:39 WIB

Ilustrasi pertandingan Liga 1 2022/2023. [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Berperan Dalam Kesehatan Ibu dan Anak, Pemkab Barut Dukung Rencana Aksi Pokja Posyandu

3 Desember 2022 - 08:38 WIB

Rp 1,794 Triliun, Pemkab Barut Terima Transferan Dana Provinsi Tahun Anggaran 2023

3 Desember 2022 - 08:30 WIB

Jokowi Buka Kembali Peluang Investor Masuk ke IKN, Setelah Kawasan 1A, Giliran Kawasan 1B dan 1C yang Ditawarkan

3 Desember 2022 - 07:48 WIB

Hasil Piala Dunia Grup G : Brasil dan Swiss ke Babak 16 Besar

3 Desember 2022 - 07:12 WIB

Para pemain Timnas Brasil memberikan aplaus pada suporter usai laga Piala Dunia 2022 kontra Kamerun di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. [NELSON ALMEIDA / AFP]
Trending di Berita