ODGJ di Murung Raya Capai Ratusan Orang

1tulah.com, PURUK CAHU – Berdasarkan data dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Murung Raya (Mura) Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten ini pada tahun 2019, mencapai 317 orang. Sementara pada tahun 2020 terjadi penambahan dari Januari hingga bulan Agustus sebanyak 41 orang. Sehingga saat ini pihaknya mencatat totalnya menjadi 358 ODGJ.

Kepala Dinas (Kadis) Sosial Mura
Rusine menjelaskan, dalam penanganan ODGJ sebenarnya bukan hanya tertuju pada Dinsos, tetapi juga bantuan penanganan dari dinas-dinas terkait seperti Satpol PP, aparat kepolisian, tenaga kesehatan.

“Karena tanpa bantuan pihak-pihak tersebut Dinsos akan tertatih menjalankan tugas.
Misalnya untuk pasien ODGJ yang agresif, mungkin kami membutuhkan bantuan pihak keamanan dan juga kami membutuhkan petugas Dinas Kesehatan dalam hal mengetahui kejiwaan ODGJ tersebut,” beber Rusine, Rabu (6/1/2021).

Terkait adanya laporan masyarakat yang merasa terganggu dengan keberadaan ODGJ disekitarnya, menurut Rusine,  pihaknya selalu merespon bila ada laporan warga. Contohnya saat ada laporan ODGJ masuk ke rumah warga Jalan Veteran pada Jumat (1/1/2021) malam lalu.

“Memang pada saat itu ada miskomunikasi dan ada anggapan keliru bahwa kami tidak merespon laporan warga. Faktanya pada saat malam adanya laporan petugas kami ada datang untuk membantu,” tambahnya.

Rusine berharap, agar dinas serta pihak terkait untuk bisa bekerjasama agar penanganan ODGJ bisa maksimal dilakukan di Kabupaten Murung Raya. Terkait masalah ini pula, pihaknya selalu mendata maupun menangani ODGJ yang berada di kabupaten Mura setiap tahun. (sur/eni)

Related Posts

Update Terbaru

ARTIKEL LAINNYA

Media Network