Desa Muara Pari Makin Tertinggal, Akibat Jalan Rusak

Warganya Meminta Bantuan Pemkab Setempat Perbaiki Akses Menuju Desa

334
SHARES
215
VIEWS

1tulah.com,MUARA TEWEH-Akses jalan menuju desa pedalaman di Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara(Kalteng) banyak yang rusak. Kondisi ini membuat hunian warga pedalaman itu kian terisolir dan tertinggal. Salah satunya adalah Desa Muara Pari. Akses jalan sepanjang 6 kilometer rusak parah. Warga nya pun teriak meminta bantuan pemerintah daerah setempat untuk memperbaiki.

Pantauan lapangan, kondisi tepatnya mulai Ssimpang jalan lama dengan jalan yang sudah digarap Perusda menuju Muara Pari rusak parah. Warga mesti berjibaku melintasi rute ini, karena banyak kubangan.
“Kami mohon pemerintah memperbaiki jalan dari simpang tersebut menuju Muara Pari. Panjangnya sekitar enam km, supaya desa kami tidak terisolir,” ujar Maman, salah warga Desa Muara Pari,kepada wartawan, Rabu (5/2).

Dikatakannya,  jalan tersebut pernah dibersihkan oleh PT Ophir anak Medco Energy Company. Namun sejak pembersihan tiga tahun lalu, tak ada pengerasan jalan melalui proyek pemerintah, sehingga jalan menjadi rusak. Sebaliknya dari simpang jalan lama jalan sudah lumayan bagus.

“Setelah enam km keluar dari Muara Pari, kondisi jalan jauh lebih baik, karena sudah ditangani Perusda. Kami bisa keluar lewat Simpang Mardi, kalau hendak ke Karendan atau Luwe Hulu,” kata Mawan, yang juga menjabat Ketua Rt.

Warga berharap jalan segera diperbaiki, sehingga warga mudah melakulan mobilisasi kee desa tetangga dan terutama tak ada lagi alasan bagi PLN untuk menunda pemasangan jaringan listrik. “Desa kami termasuk desa terdekat dengan lokasi PLTMG.  Ada pula potensi gas di sini. Namun kondisi jalan rusak membuat terlambat maju,” melasnya.(eni)

Related Posts

Discussion about this post

ADVERTISEMENT

Recommended

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

error: Content is protected !!