Intip Spesifikasi Realme C55 NFC HP Kelas Menengah

- Penulis Berita

Selasa, 7 Maret 2023 - 22:25 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

realme C55 NFC. (Dok: realme)

realme C55 NFC. (Dok: realme)

1tulah.com – Smartphone terbaru Realme C55 NFC resmi masuk ke Indonesia.

Realme yang dikenal dengan produk-produk di segmen entry level ini tampil beda, karena memiliki spesifikasi dan fitur layaknya smartphone kelas menengah.

HP ini membawa fitur yang lebih tinggi dari produk lain di kelasnya, seperti kamera utama 64MP, storage 256GB dan seperti yang tercantum di namanya, adanya fitur NFC.

Secara spesifikasi, realme C55 NFC dapat dikatakan smartphone mumpuni dan bisa jadi smartphone juara yang digadang-gadang selama ini. Tampil beda dengan kisaran harga jual yang tentunya juga beda dari biasanya, apakah pantas realme C55 NFC Anda miliki? Simak review kami di bawah.

Desain dan isi boks

Isi boksnya cenderung standar dengan unit realme C55 NFC, adaptor 33W, kabel USB-C, SIM ejector, panduan penggunaan, dan case pelindung.

realme C55 NFC, adaptor 33W, kabel USB-C, SIM ejector, panduan penggunaan, dan case pelindung. (Dok: realme)
realme C55 NFC, adaptor 33W, kabel USB-C, SIM ejector, panduan penggunaan, dan case pelindung. (Dok: realme)
realme C55 NFC tampil persegi dengan sisi-sisi mengotak dan cukup tipis dengan ketebalan menyentuh angka 7,8mm. Unit ulasan ini merupakan varian Sunshower, yang menjadi opsi andalan realme C55 NFC, yang tampil mencolok bagaikan pelangi saat terkena siraman cahaya, ada juga opsi Rainy Night yang lebih kalem

Seluruh bagian bodi smartphone ini terbuat dari polikarbonat yang kokoh dengan tekstur halus doff, dan glossy pada area housing kamera. Penggunaan tekstur doff ini cukup meminimalisir noda sidik jari.

Realme ini juga memberikan lapisan pelindung layar untuk melindungi dari goresan saat disimpan bersama dengan kunci di dalam saku, sebab tidak diketahui apakah layar ini menggunakan kaca seperti Gorilla Glass atau tidak sama sekali.

Terdapat pula sensor sidik jari yang dipasang di samping dengan fungsi sekaligus tombol power. Sensitivitas sensor ini terasa cepat dan mudah mengenali jari saat tersentuh tidak terlalu ditekan.

Meski hanya dibekali dengan speaker tunggal, namun kualitas yang diberikan terasa bertenaga dan cukup jernih meski diatur ke tingkat volume tinggi.

Baca Juga :  Selamat, PSBS Biak Promosi ke Liga 1

Layar

realme C55 NFC menampilkan layar LCD full HD+ 6,72 inci (2412 x 1080p) dan bisa menampilkan konten secara mulus sebab sudah mendukung refresh rate 90Hz. Secara keseluruhan, kualitas tampilannya cukup terang untuk membaca konten di luar ruangan juga jernih dengan sudut pandang yang luas.

Kamera

Kamera menjadi salah satu fitur andalan di realme C55 NFC. Di bagian belakang terdapat housing kamera yang besar dengan dua buah lingkaran kamera, karena memang terdapat dua modul – 64MP kamera utama, didukung oleh 2MP kamera potret B&W , keduanya ditemani single LED flash. Pada bagian depan terdapat kamera selfie 8MP.

Untuk pemotretan siang hari dan dalam ruangan dengan banyak cahaya, realme C55 NFC menghadirkan foto berkualitas dengan detail yang bagus. Terlebih dengan adanya mode pemotretan 64MP, melakukan cropping dapat mudah dilakukan karena tidak terlalu menurunkan ketajaman foto.

Sedangkan saat digunakan untuk pemotretan di malam hari, kamera utama dengan sensor OV64B, yang merupakan sensor pada seri flagship realme ini mampu menangkap gambar yang cukup baik dan cukup detail di kelasnya.

Untuk meningkatkan kualitas pemotretan malam hari, pengguna bisa memanfaatkan Night Mode sehingga hasil terlihat ada peningkatan di ketajaman dan kecerahan lebih baik dengan noise juga sedikit berkurang.

Meski memang bukan digunakan untuk keperluan profesional, tapi realme terlihat cukup berusaha beri fitur yang cukup lengkap seperti seri-seri di atasnya. Salah satunya adalah mode Street Photography yang pertama kali diterapkan di lini C Series. Ada juga sejumlah filter untuk hasil foto yang lebih kreatif.

realme C55 NFC juga menjadi C series realme yang menggunakan chipset keluaran MediaTek, setelah sekian lama berkutat dengan chipset Unisoc. Chipset Helio G88 yang diusungnya masih dapat diandalkan untuk melahap aplikasi-aplikasi masa kini.

Fitur juara yang digadang-gadang realme berada di sisi memori. Untuk urusan storage, realme C55 NFC didukung oleh RAM LPPDDR4x 6GB/8GB dengan penyimpanan 128GB/256GB (eMMc 5.1).

realme C55 NFC turut mendukung kartu memori yang dapat diisi hingga 1TB, jika kapasitas tersebut terasa masih kurang cukup.

Baca Juga :  1.113 TPS Gelar PSU, Ketua KPU: Berdasarkan Rekomendasi Panwas dan Bawaslu

Smartphone ini dilengkapi teknologi Dynamic RAM Expansion (DRE), di mana pengguna dapat menambah RAM bawaan 6GB/8GB dengan kapasitas virtual hingga dua kali lipat menjadi 12GB/16GB, asalkan masih ada cukup ruang di storage. Dengan fitur ini, perangkat akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih lancar terutama saat membuka aplikasi yang berada di background.

realme UI 4.0 menjadi sesuatu yang spesial berikutnya dari smartphone ini karena sudah berbasis Android 13 dan menjadi C Series pertama yang berjalan di versi tersebut. Secara garis besar tidak begitu banyak perubahan yang terasa dibandingkan realme UI 3.0, tetap menawarkan pengalaman kustomisasi yang luas sehingga pengguna yang suka bermain-main dengan tampilan homescreen, tema, dan UI secara keseluruhan akan merasa nyaman. Dengan penggunaan versi Android terbaru juga tentu akan memperkuat keamanan smartphone.

Baterai

Baterai berkapasitas 5000mAh di realme C55 NFC mampu memberikan lebih dari satu hari dalam penggunaan normal. Dengan penggunaan ekstrem seperti menonton video YouTube berjam-jam dan gaming, perangkat masih bisa bertahan seharian. Hal ini berkaitan juga chipset yang digunakan yaitu Helio G88 yang memang tidak begitu haus daya.

Selain itu, dengan pengisi daya 33W SUPERVOOC, perangkat ini mampu mengisi kapasitas baterai dari nol hingga 100 persen dalam waktu kurang lebih satu jam.

Kesimpulan

realme C55 NFC berikan upgrade segar dalam lini C Series dari realme yang selama ini memang berada di kelas entry level. realme C55 NFC menjadi juara di lininya bahkan berikan fitur dan spesifikasi seperti smartphone kelas menengah. Sekaligus bisa dikatakan juara di segmennya berkat sejumlah peningkatan seperti resolusi kamera dan storage serta NFC yang sulit ditemukan di pasaran saat ini.

Smartphone realme C55 NFC tersedia di realme Official Stores online seperti Shopee dan website realme.com/id melalui Flash Sale, yang berlangsung dari tanggal 8-10 Maret 2023 pukul 12:00 WIB, dan akan tersedia secara luas di Indonesia pada 11 Maret 2023.

(sumber : suara.com)

Berita Terkait

Pencaiaran Lapisan Es di Laut Antartika Semakin Parah, Ini yang Terjadi bagi Makhluk Hidup di Bumi Jika Terus Dibiarkan
Peluang 6 Caleg DPR RI Dapil Kalteng Melaju ke Senayan; Tiga Petahana dan Tiga Wajah Baru, Siapakah Mereka?
Tumbangkan Petahana, Ini Daftar Caleg Baru yang Lolos ke DPRD Murung Raya
Daftar 7 Caleg Wajah Baru yang Lolos ke DPRD Murung Raya 2024 -2029
Daftar Caleg yang Melenggang ke DPRD di Dapil 3 Murung Raya
German Open 2024 : Rehan)Lisa ke Semifinal
Dibuka Secara Resmi oleh Pj Bupati Barut, Ini Agenda Festival Keuangan Barito (FKB) 2024
Rencanakan Program Penambangan di Wilayah Barito Utara, Ini Janji Komitmen PT EBS
Tag :

Berita Terkait

Senin, 19 Februari 2024 - 07:36 WIB

Penjualan Anjlok, Nike akan PHK 1.600 Karyawan

Rabu, 7 Februari 2024 - 19:16 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2023 Melambat,Terpengaruh Ekonomi Global

Kamis, 25 Januari 2024 - 18:25 WIB

RAT Pembukuan III KLUB Bartim, Laporkan Telah Bayar Pajak hingga Rp60 M

Senin, 22 Januari 2024 - 21:42 WIB

Mau Kejar Cuan, Startup Unicorn Xendit Umumkan PHK Karyawan

Rabu, 17 Januari 2024 - 09:39 WIB

Komisi VI DPR RI Sebut Izin TikTok Shop Akan Dicabut Kembali Jika Masih Melanggar Permendag Nomor 31

Senin, 15 Januari 2024 - 08:10 WIB

Dapat Insentif dari Pemerintah, Segini Harga Terbaru Wuling Binguo EV

Selasa, 9 Januari 2024 - 08:55 WIB

Sempat Jualan Beras Bersama Sang Ayah, Kini Penghasilan Haji Isam Dari Satu Perusahaan Bisa Tembus Rp. 40 Miliar Per Bulan

Senin, 8 Januari 2024 - 08:00 WIB

IOTF Melalui Fox Logger Perluas Layanan di IKN Resmi Dimulai Januari 2024

Berita Terbaru

Entertainment

Ed Sheeran Masuk Indonesia Gunakan Visa Jenis Baru

Minggu, 3 Mar 2024 - 20:39 WIB

Potret Wulan Guritno bersandar di dada Sabda Ahessa saat nonton konser Ne-Yo (sumber: suara.com)

Entertainment

Tanggapan Sabda Ahessa Usai Digugat Rp396 Juta oleh Wulan Guritno

Minggu, 3 Mar 2024 - 20:36 WIB

Ilustrasi: Stasiun Pengisian BBM di AS.foto pixabay

Nasional

10 Negara dengan Harga Bensin Termahal di Dunia

Minggu, 3 Mar 2024 - 20:34 WIB