Home / Berita / Kesehatan

Selasa, 29 November 2022 - 20:54 WIB

Kenali Bahaya Minuman Beracun dalam Teh dan Kopi

Tempat kejadian perkara di Dusun Prajenan, Desa Mertoyudan, Kabupaten Magelang dipasang garis polisi. [ANTARA/Heru Suyitno]

Tempat kejadian perkara di Dusun Prajenan, Desa Mertoyudan, Kabupaten Magelang dipasang garis polisi. [ANTARA/Heru Suyitno]

1TULAH.COM – Warga Magelang Jawa Tengah digegerkan dengan Kasus pembunuhan tiga orang anggota keluarga yang ditemukan tak bernyawa di dalam rumah pada Senin (28/11/2022) cukup menghebohkan publik.

Ternyata terduga pelaku disebut anak kedua dari korban yang mencampuri teh hangat dan es kopi dengan racun yang dibeli secara online.

Motif sang anak meracuni ibu, bapak dan kakak kandungnya sendiri terungkap adalah didorong rasa sakit hati.

Para korban yakni Abas Azhar (ayah), Heri Riyani (ibu), dan Dea Karunisa (anak pertama) ditemukan di tiga kamar mandi. Sedangkan terduga pelaku berinisial DD (22) yang merupakan anak kedua sudah ditangkap oleh polisi. Sebagai informasi, efek fatal mencampur racun dengan minuman memang bisa terjadi dalam waktu singkat. Keracunan sendiri didefinisikan sebagai cedera atau kematian karena menelan, menghirup, menyentuh atau menyuntikkan berbagai obat, bahan kimia, racun atau gas.  Lantas bagaimana mengenali ciri-ciri minuman beracun? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga :  Pemkab Murung Raya Gelar Rakordal, Evaluasi Pelaksanaan Program

1. Warna Berubah

Salah satu hal mencolok yang mungkin bisa dilihat dari minuman beracun adalah warna yang berubah. Jika minuman telah dibubuhi zat beracun, maka akan ada perubahan warna. Minuman beracun warnanya bisa menjadi cenderung lebih gelap atau lebih terang dari sebelumnya. Bahkan sebuah racun ada yang berwarna biru ketika bercampur dengan minuman.

2. Terlihat Keruh

Walau terkadang sulit mendeteksi minuman beracun atau tidak, tapi ada peringatan khusus yang perlu diwaspadai. Jika sebuah minuman seharusnya berwarna bening tapi kemudian menjadi keruh, maka patut dicurigai.

Baca Juga :  Jalan Rusak Bak "Kubangan Kerbau" di Baturaya 1 dan 2, PUPR Kirim Eksavator Lakukan Penanganan

3. Berbuih Seperti Soda

Ciri selanjutnya minuman beracun yakni tampak berbuih seperti soda. Namun hal ini akan semakin sulit untuk dideteksi terlebih pada minuman berkarbonasi. Namun jika pada minuman tak berkarbonasi tapi memiliki buih atau gelembung, jangan coba-coba untuk meminumnya karena ada kemungkinan sudah dicampur dengan zat berbahaya.

4. Rasanya “Lucu”

Terakhir ciri minuman beracun yakni rasanya lebih aneh dari yang biasanya. Jika terlanjur diminum, jangan ditelan dan segera muntahkan. Minuman yang sudah tercampur racun biasanya akan berasa lebih pahit, asin atau berbeda dari biasanya.

(Sumber : suara.com)

Share :

Baca Juga

Berita

Kurangi Penggunaan Obat Kimia, Ramuan Herbal Bisa Kok Sembuhkan Asam Urat dan Kolesterol

Berita

Pemkab Mura Dukung Peluncuran PIDI 4.0

Berita

Ajak Warga Tingkatkan Keamanan
Wakil Bupati Barito Utara hadiri pelantikan ketua IDI cabang Barito Utara dan rayakan HUT ke-72. (Foto: Delia Anisya Fitri/1tulah.com)

Berita

IDI Gelar Pelantikan Ketua dan HUT ke-72 di Hotel Armani dan di Hadiri Oleh Wakil Bupati Barito Utara
Kapolres Barito Utara AKBP Gede Pasek Muliadnyana didampingi Kabag Ops AKP Budi, saat menyerahkan Beras kepada salah satu warga di kelurahan Melayu, Selasa (11/10?2022). Foto.Delia Anisya Fitri.Foto/1tulah.com

Berita

Polres Barito Utara Salurkan Sembako ke Warga Terdampak Kenaikan BBM

Berita

Tim Ben-Ujang Barsel Lapor Dugaan Pelanggaran ke Bawaslu. Di Bartim Dua Keberatan Saksi di Telusuri

Berita

Musrenbangcam Masih Melalui Zoom, Ini Alasannya
Penyerang Timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh. [Haitham AL-SHUKAIRI / AFP]

Berita

Hasil Piala AFF 2022 Grup B: Vietnam Cukur Laos 6-0, Malaysia Hanya Menang 1-0