PT. Riung Mitra Lestari Rekrut Tenaga Kerja Lokal

  • Bagikan

1tulah.com, BUNTOK – Untuk mensejahterakan warga lokal, PT Riung Mitra Lestari subkon dari PT Multi Tambangraya Utama, yang berkantor di Desa Patas I, Kecamata. Gunung Bintang Awai, Barito Selatan, Kalimantan Tengah ini memprioritaskan warga lokal untuk direkrut sebagai karyawan di perusahaanya, karena Peraturan Bupati mengharuskan 70 persen karyawan perusahaan harus warga lokal.

Hal teraebut disampaikan oleh Penanggung Jawab Operasional PT. Riung Mitra Lestari, Andi Eko Apriadi kepada wartawan saat dijumpai dikantornya, Minggu (15/11/2021) di Kecamatan Gunung Bintang Awai.

Ia mengatakan, perekrutan ini mengacu pada Peraturan Bupati Barito Selatan Nomor 26 Tahun 2020 tentang pemberdayaan tenaga kerja lokal oleh perusahaan yang masuk di Wilayah setempat.

Ia melanjutkan, tentang penyerapan tenaga kerja lokal, pihakanya membuka rekruitmen di wilayah kerjanya yaitu di Desa Patas I, Kecamatan Gunung Bintang Awai, dengan menerapkan peraturan tersebut yakni 70 persen tenaga lokal dan 30 persen tenaga teknis kiriman dari perusahaan pusat.

“Saat ini tenaga kerja yang kita pakai sesuai dengan peraturan tersebut, yaitu 70-30 persen,” ucapnya

Ia menambahkan, guna memenuhi target penyerapan tenaga kerja lokal, pihaknya sudah membuka tes penerimaan karyawan pada Bulan September 2021 lalu di Aula Kecamatan setemoat, dengan jumlah peserta tes mencapai 400 lebih warga dari 20 desa yang masuk ring satu.

Sebelum membuka, lanjut ia penerimaan pihaknya sudah meminta izin untuk mensosialisasikan hal tersebut kepada pemerintah desa, kecamatan dan bahkan Demang Kepala Adat di setiap desa setempat.

“Untuk saat ini kita sudah mulai pemanggilan,” ujar Andi

Salah satu karyawan lokal PT. Riung Mitra Lestari yang bertugas di bagian admin Ayuni Citra Dewi mengaku senang karena bisa bergabung menjadi bagian dari perusahaan yang bergerak sebagai kontraktor tambang tersebut.

“Bergabung dengan perusahaan ini juga sangat membantu perekonomian kami yang sebelumnya tidak bekerja sekarang kami sudah bekerja,” kata Ayuni Citra Dewi. (Alifansyah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *