14.680 Vaksin Sinovac Covid-19 Untuk Warga Kalteng Tiba

  • Bagikan

1tulah.com, PALANGKA RAYAVaksin Sinovac Covid-19 untuk warga Kalimantan Tengah datang. Sebanyak 14.680 dosis vaksin itu tiba di Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Selasa (5/1/2021).

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng, Ayonni Rizal, mengatakan, yang datang ini vaksinasi tahap awal dan diperuntukan bagi para tenaga keseahatan. Diutamakan bagi mereka yang bertugas atau bersentuhan langsung dengan penanganan Covid-19 di fasilitas-fasilitas kesehatan.

“Kita tinggal menunggu menunggu izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin Covid-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Bpom) RI. Setelah izin penggunaan darurat itu keluar, maka vaksin sudah bisa didistribusikan ke kabupaten dan kota di provinsi ini. Kemungkinan antara tanggal 7 atau 8 ini,” kata Ayonni Rizal.

Disisi lain, Kepala BPOM Palangka raya, Leonard Duma mengatakan, selama menunggu izin penggunaan darurat keluar, dinas kesehatan harus menyimpan vaksin tersebut dalam suatu ruangan dengan suhu 2 hingga 8 derajat Celcius.

“saat ini pengamatan dari inspektur kami, Dinkes melalui instalasi farmasi provinsi di sini sudah menyiapkan fasilitas itu dengan suhu ruang penyimpanan 2,2, yang berarti sudah sangat aman,” kata Leonardo Duma.

Lebih lanjut dijelaskan, belum keluarnya izin penggunaan darurat, disebabkan pihaknya masih mengumpulkan sejumlah data terkait keamanan dari vaksin tersebut.

“Kita belum punya data yang banyak, harus dikumpul uji klinis yang sedang dilaksanakan di negara kita termasuk yang dilaksanakan di negara lain. Kemudian data itu kita kumpulkan dan dilakukan evaluasi dan itu kemungkinan tanggal 7 tanggal 8 baru ada keputusan, itu dengan catatan data yang dihasilkan dari uji klinis tahap 3, tidak ada yang membahayakan kesehatan masyarakat karena masalah kesehatan tidak bisa uji coba,” tukasnya. (Ra/eni)

 Advertisement Here ,  Advertisement Here ,  Advertisement Here ,  Advertisement Here ,  Advertisement Here ,  Advertisement Here , Advertisement Here , Advertisement Here , Advertisement Here , Advertisement Here , Advertisement Here , Advertisement Here ,  Advertisement Here , Advertisement Here ,  Advertisement Here
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.