Menu

Mode Gelap

Berita · 21 Nov 2022 08:08 WIB

Ketahuilah, Ini Dia Beragam Manfaat Daun Mangga


 manfaat daun mangga - pohon mangga, daun mangga (Photo by Khalil Atif Khan/pexels.com) Perbesar

manfaat daun mangga - pohon mangga, daun mangga (Photo by Khalil Atif Khan/pexels.com)

1TULAH.COM – Tak seperti buahnya, manfaat daun mangga mungkin masih banyak yang belum tahu. Padahal, daun mangga banyak memberikan manfaat.

Daun mangga kaya akan vitamin A, B, dan C. Sehingga jangan dibuang begitu saja jika anda memilikinya.

Tidak hanya itu saja, daun satu ini juga mengandung berbagai senyawa yang baik untuk tubuh seperti alkaloid, thiamin, riboflavin, ata-karoten, dan flavonoid. Dengan kekayaan kandungan ini, manfaat daun mangga terbukti baik untuk tubuh.

Berikut manfaat daun mangga untuk kesehatan

Dari mulai kesehatan rambut, ginjal, hingga gula darah, Anda bisa memanfaatkan daun mangga saja loh.

1. Mengurangi tanda penuaan

Ekstrak daun mangga dapat terbukti mampu mengurangi tanda penuaan dengan mendorong produksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan protein yang dapat mengurangi garis halus dan kerutan di wajah.

Selain itu, sifat antibakteri pada daun mangga juga bisa membantu mengobati infeksi kulit akibat bakteri dan luka bakar. Manfaat ini dapat Anda dapatkan dengan membakar daun mangga dan menggunakan abunya untuk dioleskan pada luka bakar.

2. Membuat rambut lebih berkilau

Daun mangga kaya akan vitamin A dan C yang bagus untuk kesehatan rambut. Rambut yang semula kusam akan terlihat lebih berkilau dengan masker daun mangga yang dapat Anda buat sendiri.

Caranya, haluskan daun mangga dengan sedikit air sampai memiliki tekstur pasta. Setelah itu, oleskan rambut Anda sebelum keramas dan diamkan selama 15 menit.

3. Menyeimbangkan gula darah

Manfaat daun mangga selanjutnya adalah menyeimbangkan kadar gula darah pada pasien diabetes. Pasalnya, daun mangga mengandung tanin yang disebut anthocyanidins yang membantu mengobati diabetes dini.

Cara memanfaatkan daun mangga untuk menekan gula darah adalah, merebus 10-15 lembar daun mangga dengan secangkir ai. Setelah itu, diamkan airnya semalaman sampai dingin dan minumlah dengan perut kosong di pagi hari.

4. Menghentikan cegukan

Cegukan yang terus menerus terkadang mengganggu dan membuat Anda tidak nyaman melakukan berbagai aktivitas, Tapi tenang saja, Anda dapat mengatasinya dengan merebus daun mangga.

Caranya, bakar beberapa lembar daun mangga lalu hirup asapnya. Ini akan membantu mengurangi cegukan. Sementara itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk meredakan maag dengan merebus daun mangga.

5. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun mangga dapat membantu mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Selain itu, air rebusannya juga dapat memperbaiki metabolisme dalam tubuh sehingga mencegah kenaikan berat badan.

Caranya, rebus segenggam daun mangga dengan 150 ml air, lalu minum. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ekstrak daun mangga.

6. Mengelola tekanan darah tinggi

Daun mangga memiliki sifat hipotensi yang artinya membantu menurunkan tekanan darah. Daunnya akan membuat pembuluh darah menjadi kuat dan sehat. Ini merupakan salah satu obat herbal yang efektif untuk varises.

7. Mengobati batu empedu dan ginjal

Siapa sangka bahwa serbuk daun mangga dapat digunakan untuk mengobati batu empedu dan batu ginjal. Obat herbal ini akan membantu memecah batu ginjal dan membuangnya melalui air kencing.

Caranya, ambil beberapa lembar daun mangga lalu keringkan. Campurkan bubuk daun mangga dengan air lalu simpan semalaman untuk diminum esok paginya dalam keadaan perut kosong.

Demikian penjelasan beberapa manfaat daun mangga yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun sebelum mencobanya konsultasikan dahulu ke dokter atau ahli medis yang berkompeten. (suara.com).

 

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua Caretaker DAD Barito Utara Audensi dengan Asisten dua Mewakili Bupati dan Kapolres Barut

3 Desember 2022 - 08:46 WIB

Ketua Caretaker DAD Barito Utara bersama pengurus lain, saat audensi dengan Asisten II, Rahmat MUratni dan dengan Kapolres Barut AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Jumat (04/12/2022). Foto. Dellia Anisya Fitri/1tulah.com

Kabar Baik! Kompetisi Liga 1 Digulir 5 Desember

3 Desember 2022 - 08:39 WIB

Ilustrasi pertandingan Liga 1 2022/2023. [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Berperan Dalam Kesehatan Ibu dan Anak, Pemkab Barut Dukung Rencana Aksi Pokja Posyandu

3 Desember 2022 - 08:38 WIB

Rp 1,794 Triliun, Pemkab Barut Terima Transferan Dana Provinsi Tahun Anggaran 2023

3 Desember 2022 - 08:30 WIB

Jokowi Buka Kembali Peluang Investor Masuk ke IKN, Setelah Kawasan 1A, Giliran Kawasan 1B dan 1C yang Ditawarkan

3 Desember 2022 - 07:48 WIB

Hasil Piala Dunia Grup G : Brasil dan Swiss ke Babak 16 Besar

3 Desember 2022 - 07:12 WIB

Para pemain Timnas Brasil memberikan aplaus pada suporter usai laga Piala Dunia 2022 kontra Kamerun di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. [NELSON ALMEIDA / AFP]
Trending di Berita