Menu

Mode Gelap

Berita ยท 24 Nov 2022 08:02 WIB

Gairahkan Sektor Perekonomian, Legislator Ini Dorong Optimalisasi Perbankan Daerah


 Anggota DPRD Kalteng, Hj. Rusita Irma mendorong optimalissai perbankan daerah untuk menggairahkan perekonomian Kalteng, Rabu (23/11/2022). Foto.ingkit/1tulah.com Perbesar

Anggota DPRD Kalteng, Hj. Rusita Irma mendorong optimalissai perbankan daerah untuk menggairahkan perekonomian Kalteng, Rabu (23/11/2022). Foto.ingkit/1tulah.com

1tulah.com, PALANGKA RAYA-Kondisi perekonomian daerah mulai bangkit kembali pasca pandemi covid. Upaya menggairahkan sektor perekonomian ini, harus terus mendapat dukungan semua pihak.

Termasuk kalangan swasta yang bergerak dalam bidang perkebunan maupun pertambangan serta jasa usaha konstruksi. Oleh karena itu, Rusita Irma salah seorang anggota DPRD Kalteng mendorong agar pemda juga berupaya mengoptimalisasi peranan perbangkan di daerahnya masing-masing.

Anggota DPRD Kalteng, Rusita Irma mendorong adanya upaya pemulihan ekonomi yang dilakukan pemda melalui optimalisasi peranan perbankan, khususnya bank daerah dengan berbagai kebijakan yang dilakukan.

Ia mengatakan, pemda dapat memberikan dukungan melalui implementasi kebijakan dan penyertaan modal bagi bank daerah. Dukungan tersebut nantinya dapat dikelola untuk membantu masyarakat di situasi ekonomi yang belum stabil seperti saat ini.

“Saya rasa ada sejumlah hal yang dapat diimplentasikan, seperti mendukung penghimpunan dana pihak ketiga berupa tabungan giro, deposito maupun penyalurannya melalui kredit konsumen, krIdit modal dan krIdit investasi di wilayah Kalteng. Sehingga lebih banyak masyarakat yang dapat dibantu nantinya,” kata Rusita Irma kepada 1tulah.com, Rabu (23/11/2022).

Disebutkannya, melalui kerja sama dalam pemulihan ekonomi, nantinya bank daerah dapat menjadi salah satu sarana yang dapat memfasilitasi pajak dan retribusi daerah kabupaten seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), KIR atau pembayaran lain bagi masyarakat.

Lebih lanjut ia juga berharap dukungan pemerintah dapat menjangkau perluasan kapasitas layanan perbankan, dengan membangun sarana prasarana pendukung, seperti pembangunan kantor cabang pembantu, kantor kas maupun atm secara merata di setiap daerah.

“Untuk membangun itu tentu membutuhkan waktu, tapi perlu dilakukan supaya akses layanan perbankan menjadi lebih mudah. Perbankan juga harus proaktif terutama dalam memberikan kredit bunga ringan dan bantuan dalam bentuk CSR dengan begitu masyarakat dapat terbantu ekonominya karena memiliki modal lebih untuk memajukan usahanya,” ujarnya. (Ingkit)

 

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua Caretaker DAD Barito Utara Audensi dengan Asisten dua Mewakili Bupati dan Kapolres Barut

3 Desember 2022 - 08:46 WIB

Ketua Caretaker DAD Barito Utara bersama pengurus lain, saat audensi dengan Asisten II, Rahmat MUratni dan dengan Kapolres Barut AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Jumat (04/12/2022). Foto. Dellia Anisya Fitri/1tulah.com

Kabar Baik! Kompetisi Liga 1 Digulir 5 Desember

3 Desember 2022 - 08:39 WIB

Ilustrasi pertandingan Liga 1 2022/2023. [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Berperan Dalam Kesehatan Ibu dan Anak, Pemkab Barut Dukung Rencana Aksi Pokja Posyandu

3 Desember 2022 - 08:38 WIB

Rp 1,794 Triliun, Pemkab Barut Terima Transferan Dana Provinsi Tahun Anggaran 2023

3 Desember 2022 - 08:30 WIB

Jokowi Buka Kembali Peluang Investor Masuk ke IKN, Setelah Kawasan 1A, Giliran Kawasan 1B dan 1C yang Ditawarkan

3 Desember 2022 - 07:48 WIB

Hasil Piala Dunia Grup G : Brasil dan Swiss ke Babak 16 Besar

3 Desember 2022 - 07:12 WIB

Para pemain Timnas Brasil memberikan aplaus pada suporter usai laga Piala Dunia 2022 kontra Kamerun di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. [NELSON ALMEIDA / AFP]
Trending di Berita