Menu

Mode Gelap

Berita · 22 Nov 2022 10:04 WIB

Tumpukan Sampah Masih Banyak Berserakan, Pemkab Perlu Memperbanyak TPS di Muara Teweh


 Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Wardatun N. Jamilah,ST menyarankan penambahan TPS di Kota Muara Teweh untuk mengatasi permasalahan sampah, Senin (21/11/2022). Foto:Delia  Perbesar

Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Wardatun N. Jamilah,ST menyarankan penambahan TPS di Kota Muara Teweh untuk mengatasi permasalahan sampah, Senin (21/11/2022). Foto:Delia

1tulah.com,MUARA TEWEH-Masalah kebersihan di dalam kota Muara Teweh mendapat perhatian serius dari anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Wardatun N. Jamilah,ST.

Sebabnya, sejauh ini kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan masih terbilang rendah. Hal ini tampak dari banyaknya sampah-sampah berserakan yang tidak terangkut, terutama di kawasan permukiman dan daerah pinggiran kota.

Ia menyayangkan, masih ada saja  masyarakat yang  kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan di sekitar.

Menurutnya, bukan tanpa sebab,  melainkan hasil  pemantuan  langsung di lapangan,  di beberapa tempat di pinggiran  kota Muara Teweh,  maupun di perumahan, masih terlihat tumpukan sampah  berserakan.

“Padahal, sosialisasi dan imbauan sudah sering  dilakukan oleh pemerintah kabupaten Barito Utara,  mulai dari spanduk, baliho,  hingga imbauan dan sosialisasi di radio serta mobil pengangkut sampah langsung yang setiap hari didengarkan secara langsung oleh masyarakat sekitarnya, kata H. Wardatun, Senin (21/11) pagi.

Namun sayangnya, masyarakat tidak mengidahkan,  dan masih saja membuang  sampah di sembarang tempat  atau tidak pada tempatnya.

“Untuk itu saya  berharap  kesadaran dari warga semakin ditingkatkan lagi peduli akan kebersihan lingkungan sekitarnya. Mengingat apalagi  pada  saat ini cuaca sering turun hujan, yang  dikhawatirkan akan menimbulkan bibit bibit penyakit, maka dari itulah perlu kesadaran dari masyarakat kita di bumi Iya Mulik Bangkang Turan ini,” ucapnya.

Legislator PPP ini juga memberi saran kepada pemerintah daerah untuk memperbanyak tempat pembuangan sampah (TPS), baik di lingkungan perumahan masyarakat dan juga difasilitas umum yang ada di kota Muara Teweh ini.

Selain itu juga agar digalakkan peraturan untuk pembuangan sampah baik di TPS lingkungan, sementara dan TPA.  Bahwa kesadaran akan  kebersihan dapat  dimulai dari hal kecil dalam keluarga. Maka dengan secara tidak langsung  kita telah bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

“Dengan  lingkungan yang bersih dan indah  saya  yakin  masyarakat akan terbebas  dari penyembaran penyakit demam berdarah dan lain-lain nya,” pungkas Legislator PPP  ini. (Delia)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua Caretaker DAD Barito Utara Audensi dengan Asisten dua Mewakili Bupati dan Kapolres Barut

3 Desember 2022 - 08:46 WIB

Ketua Caretaker DAD Barito Utara bersama pengurus lain, saat audensi dengan Asisten II, Rahmat MUratni dan dengan Kapolres Barut AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Jumat (04/12/2022). Foto. Dellia Anisya Fitri/1tulah.com

Kabar Baik! Kompetisi Liga 1 Digulir 5 Desember

3 Desember 2022 - 08:39 WIB

Ilustrasi pertandingan Liga 1 2022/2023. [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Berperan Dalam Kesehatan Ibu dan Anak, Pemkab Barut Dukung Rencana Aksi Pokja Posyandu

3 Desember 2022 - 08:38 WIB

Rp 1,794 Triliun, Pemkab Barut Terima Transferan Dana Provinsi Tahun Anggaran 2023

3 Desember 2022 - 08:30 WIB

Jokowi Buka Kembali Peluang Investor Masuk ke IKN, Setelah Kawasan 1A, Giliran Kawasan 1B dan 1C yang Ditawarkan

3 Desember 2022 - 07:48 WIB

Hasil Piala Dunia Grup G : Brasil dan Swiss ke Babak 16 Besar

3 Desember 2022 - 07:12 WIB

Para pemain Timnas Brasil memberikan aplaus pada suporter usai laga Piala Dunia 2022 kontra Kamerun di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. [NELSON ALMEIDA / AFP]
Trending di Berita