Menu

Mode Gelap

Berita · 23 Sep 2022 05:53 WIB

Pemkab Bartim Dukung Program Sawit Rakyat, Ampera: Sumber Dananya Ditopang DTU


 Bupati Bartim Ampera AY Mebas. 
Foto :1tulah.com/zakirin
Perbesar

Bupati Bartim Ampera AY Mebas. Foto :1tulah.com/zakirin

1tulah.com,TAMIANG LAYANG-Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) mensinergikan kebijakan fiskal antara APBD dan APBN untuk menekan inflasi di daerah, Kamis (22/09/2022).

Bupati Bartim Ampera Ay Mebas menyampaikan, pihaknya dalam APBD memprogramkan sawit masyarakat, dan APBN sudah menyediakan sebanyak dua persen dari dana transfer umum (DTU) untuk penangananan dampak inflasi.

“Program sawit masyarakat seperti pembukaan lahan dan pemberian bibit dan sarana dan prasarana pendukungnya, agar masyarakat bisa mengembangkan sawit yang bermanfaat dan mampu mensejahterakan masyarakat,” tuturnya

Ditambahkannya, program sawit masyarakat ini program jangka panjang, program jangka pendeknya ditopang dari dua persen DTU dengan program bantuan sosial kepada ojek, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan nelayan, kemudian penciptaan lapangan kerja serta pemberian subsidi sektor transportasi angkutan umum di daerah.

“Untuk program sawit masyarakat ini sudah dianggarkan melalui APBD Perubahan dan akan segera dilaksanakan pembukaan lahan dengan kisaran hingga 1.000 hektare,” papar Bupati

Dijelaskannya lagi, Pemkab Bartim akan membelanjakan perlindungan sosial pada Oktober – Desember 2022 yang dananya bersumber dari DTU.

“Kita akan subsidi transportasinya untuk menekan biaya produksi dalam mengelola hasil panen petani agar tidak terjadi lonjakan harga beras local,” beber Bupati.

Demikian pula dengan UMKM binaan, jelas Buapti, bantuan subsidi yang diberikan kepada UMKM dengan tujuan para pelaku UMKM bisa tetap berusaha dengan kondisi saat ini.

“Untuk aksi bulan Oktober itu, kita akan merapatkan secara teknis untuk pengambilan kebijakan yang dilaksanakan dalam waktu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dalam menekan inflasi,” pungkasnya. (zek)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polisi Masih Selidiki Penyebab Ledakan di Asrama Polisi

26 September 2022 - 10:18 WIB

Polisi masih selidiki penyebab ledakan di Asrama Polisi (suara.com)

Viral Suara Pengamen Bawakan Lagu Bon Jovi, Warganet : Keren Suaranya

26 September 2022 - 09:40 WIB

Viral pengamen mirip vokalis Bon Jovi (tangkapan youtube)

Tukang Ojek dan Nelayan Bakal Terima Bansos, Pencairan Oktober-Desember, Lengkapi Syarat-syaratnya Ini

26 September 2022 - 08:36 WIB

Sadis, Polwan BNN Diduga Aniaya dan Sekap Perempuan

26 September 2022 - 08:33 WIB

Ilustrasi - polwan BNN diduga aniaya dan sekap perempuan (suara.com)

Kejurda Grasstrack 2022 Barsel, Jaring Pebalap Lokal di Ajang Porprov 2023

26 September 2022 - 08:25 WIB

Berteman dengan 4 Zodiak Ini, Dijamin deh Selalu Riang Gembira

26 September 2022 - 07:50 WIB

Trending di Berita