Home / Berita

Kamis, 15 September 2022 - 13:02 WIB

Buruan, Lowongan CASN PPPK 2022 Dibuka, Simak Penjelasannya

ilustrasi - lowongan CASN PPPK 2022 dibuka (suara.xom)

ilustrasi - lowongan CASN PPPK 2022 dibuka (suara.xom)

1TULAH.COM- Kabar gembira, tidak lama lagi, pemerintah akan segera membuka lowongan kerja untuk calon aparatur sipil negara atau CASN PPPK pada tahun ini mulai pekan ketiga September 2022.

Lowongan ini hanya dibuka untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) profesi guru, tenaga kesehatan, dan honorer.

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara atau BKN, Satya Pratama, mengatakan, bahwa lowongan CASN pada tahun ini tidak dibuka untuk posisi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sebab kebutuhan formasi tahun 2022 ini hanya untuk PPPK semata. “Lowongan ini hanya dibuka untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) profesi guru, tenaga kesehatan, dan honorer,” kata dia.

Seperti apa seleksi CASN PPPK 2022? Mari simak ulasan di bawah ini sampai akhir.

Seleksi CASN PPPK 2022

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa Kementerian PANRB telah menetapkan 530.028 kebutuhan ASN sesuai data instansi pemerintahan per 6 September 2022. Kebutuhan ASN ini hanya fokus untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) profesi guru, tenaga kesehatan, dan honorer saja.

Baca Juga :  Perusahaan Tidak Bayar THR Akan Diberikan Sanksi

Dijelaskan pula bahwa fokus pengadaan ASN pada tahun 2022 ini adalah untuk menjawab fenomena permasalahan rekrutmen ASN, yaitu penyebaran ASN yang tidak merata dan masih menumpuk di kota besar. Sementara, proses rekrutmen, penyebaran, serta kebutuhan tiap tahun dibuat akuntabel sesuai dengan kebutuhan.

Jadwal Perkiraan Pelaksanaan Seleksi CASN PPPK 2022

Dikutip dari laman KemenpanRB, Abdullah Azwar sempat menyinggung bahwa seleksi PPPK 2022 akan dibuka pada akhir bulan September 2022. Hal tersebut juga disampaikannya di hadapan Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dan jajaran lainnya.

Melihat tenggat waktu yang cukup mepet, Abdullah Azwar juga mengingatkan kepada pihak penyelenggara seleksi PPPK 2022 supaya dapat bekerja cepat untuk menuntaskan persiapan seleksi PPPK 2022 ini.

Baca Juga :  Peristiwa Langka, Perempuan Ini Sembuh Sendiri dari HIV/AIDS

“Dengan begitu, harapannya adalah seleksi PPPK 2022 dapat digelar sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan,” ujarnya dikutip dari suara.com- jaringan 1tulah.com.

Formasi CASN PPPK 2022 yang Dibuka

Adapun formasi yang akan dibuka dalam rekrutmen PPPK 2022 nanti cukup banyak, di mana KemenpanRB mengumumkan bahwa pemerintah telah menetapkan kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) nasional tahun 2022 sebanyak 530.028. Angka tersebut diperoleh dari data per 6 September 2022.

Rincian kebutuhan ratusan ribu ASN itu berasal dari instansi pusat yaitu sebanyak 90.690 dan instansi daerah sebanyak 439.338. Adapun formasi yang dibuka untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah sebagai berikut:

– PPPK Guru: 319.716

– PPPK Tenaga Kesehatan: 92.014

– PPPK Tenaga Teknis: 27.608

Diketahui, penetapan jumlah formasi yang dibutuhkan tersebut sesuai dengan komitmen pemerintah terhadap penataan tenaga non-ASN dan penyebaran ASN.
(suara.com)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi mandi (pexels)

Berita

Bacaan Niat Mandi Puasa Ramadhan

Berita

Duhh! Mantan Kades Diduga Menjual Tanah Desa untuk Pembangunan Jalan

Berita

Pemkab Barut Dukung Pemberantasan Korupsi di Daerah, Ini 8 Area yang Perlu Pengawasan Ketat Menurut KPK
Ilustrasi sholat (Unsplash/Rumman Amin)

Berita

Niat Sholat Tarawih Lengkap

Berita

Barut Siapkan Raperda Pajak Retribusi, Ditargetkan Rampung Sebelum Berakhir Masa Jabatan Bupati

Berita

65 Pelaku Usaha Mikro di Kabupaten Asahan Terima Dana Bergulir, Ingat Bukan Dana Hibah!

Berita

Pemkab Asahan Selenggarakan FGD Pencegahan Korupsi
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko. [Suara.com/M Yasir]

Berita

9 Hakim MK Diduga Palsukan Surat Putusan