Menu

Mode Gelap

Berita ยท 4 Sep 2022 13:36 WIB

Coba Cek Leher Belakang Anda, Jika Berwarna Hitam; Jangan-jangan Pertanda Ini


 Ilustrasi: Perubahan warna pada kulit leher.foto pixabay Perbesar

Ilustrasi: Perubahan warna pada kulit leher.foto pixabay

1TULAH.COM-Seberapa peduli anda dengan bagian tubuh. Jangan-jangan hanya bagian luar dan mudah terlihat saja yang selalu diperhatikan.

Padahal, perubahan sedikit pun pada bagian tumbuh anda bisa berdampak serius. Seperti halnya warna bagian leher belakang tetiba berubah, biasanya warnanya biasa saja, berubah menjadi hitam atau kehitaman.

Tidak sakit memang. Tetapi, perubahan warna menjadi hitam ini, patut diwaspadai. Mengapa?

Merawat setiap bagian tubuh seharusnya menjadi hal yang dilakukan semua orang. Tak hanya di bagian yang terlihat saja, kesehatan kulit misalnya, wajib dijaga juga untuk bagian yang tak secara langsung terlihat, seperti pada bagian belakang leher.

Anda wajib paham penyebab leher belakang hitam, agar dapat menghindarinya dan menjaga kulit bagian ini tetap tampak sehat dan segar.

Penyebab leher hitam tidak hanya karena kurangnya perawatan, namun juga dapat diakibatkan karena gangguan kesehatan tertentu. Jika Anda menemui kondisi leher bagian belakang lebih hitam dari sebelumnya, mari simak penjelasan di bawah ini, dirangkum dari Medical News Today.

  1. Terjadinya Hiperpigmentasi

Bagian kulit belakang leher mudah menjadi gelap karena adanya kondisi hiperpigmentasi. Kondisi ini sering menyerang orang dengan berat badan yang berlebih, orang dalam kondisi hamil, dan sebagainya.

Idealnya, hiperpigmentasi ini tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan perawatan yang tepat.

  1. Kondisi Akantozis Nigrikans

Kondisi ini menyebabkan kulit bagian leher memiliki tekstur seperti beludru dan terasa tebal. Munculnya bisa secara tiba-tiba, namun bukan merupakan kondisi yang berbahaya atau menular.

Kondisi ini sering dialami pada penderita obesitas atau diabetes, dan dapat diatasi dengan mengendalikan berat badan.

  1. Dyskeratosis Congenita

Juga dikenal dengan istilah sindrom Zinsser-Engman-Cole, dan menjadi salah satu penyebab leher belakang hitam yang jarang terjadi. Kondisi ini merupakan penyakit genetik yang sering bermanifestasi dengan tanda mukokutan, kegagalan sumsum tulang, atau fibrosis paru atau hati.

Untuk mengatasinya sangat direkomendasikan mendatangi dokter kepercayaan Anda.

  1. Tinea Versicolor

Kondisi selanjutnya yang menjadi penyebab leher belakang hitam adalah tinea versicolor. Kondisi ini diakibatkan oleh infeksi jamur yang disebut Malassezia furfur.

Sebenarnya hal ini bersifat alami, namun ketika tumbuh terlalu cepat, bagian leher belakang bisa menjadi hitam. Kondisi serupa bisa terjadi di area punggung, dada, dan lengan.

Salah satu tanda uniknya adalah ketika bagian leher belakang terkena sinar matahari yang intens, maka akan terasa gatal.

  1. Memiliki Kadar Insulin Darah yang Tinggi

Keberadaan insulin merupakan hasil dari hormon yang dibuat di pankreas, untuk menggunakan glukosa sebagai sumber energi. Ketika kadarnya di dalam darah terlalu tinggi, hal ini dapat memicu kondisi lain, salah satunya adalah hiperpigmentasi di bagian belakang leher.

Anda harus segera melakukan tes darah jika dicurigai mengalami hal tersebut, agar lekas bisa diatasi.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai 5 penyebab leher belakang hitam yang sering dialami kebanyakan orang. Semoga berguna dan selamat melanjutkan aktivitas Anda! (Dikutip dari suara.com)

 

 

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua Caretaker DAD Barito Utara Audensi dengan Asisten dua Mewakili Bupati dan Kapolres Barut

3 Desember 2022 - 08:46 WIB

Ketua Caretaker DAD Barito Utara bersama pengurus lain, saat audensi dengan Asisten II, Rahmat MUratni dan dengan Kapolres Barut AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Jumat (04/12/2022). Foto. Dellia Anisya Fitri/1tulah.com

Kabar Baik! Kompetisi Liga 1 Digulir 5 Desember

3 Desember 2022 - 08:39 WIB

Ilustrasi pertandingan Liga 1 2022/2023. [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Berperan Dalam Kesehatan Ibu dan Anak, Pemkab Barut Dukung Rencana Aksi Pokja Posyandu

3 Desember 2022 - 08:38 WIB

Rp 1,794 Triliun, Pemkab Barut Terima Transferan Dana Provinsi Tahun Anggaran 2023

3 Desember 2022 - 08:30 WIB

Jokowi Buka Kembali Peluang Investor Masuk ke IKN, Setelah Kawasan 1A, Giliran Kawasan 1B dan 1C yang Ditawarkan

3 Desember 2022 - 07:48 WIB

Hasil Piala Dunia Grup G : Brasil dan Swiss ke Babak 16 Besar

3 Desember 2022 - 07:12 WIB

Para pemain Timnas Brasil memberikan aplaus pada suporter usai laga Piala Dunia 2022 kontra Kamerun di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. [NELSON ALMEIDA / AFP]
Trending di Berita