Menu

Mode Gelap

Berita ยท 12 Apr 2022 16:57 WIB

Di Muara Teweh, Pencuri Kotak Amal, Satu Diantaranya Ketahuan Warga


 Foto : Kotak amal yang berhasil dirusak dan uangnya diambil.Inzet, pelaku yang beraksi di masjid baitul Atiq saat diamankan warga.Foto.Deni/1tulah.com Perbesar

Foto : Kotak amal yang berhasil dirusak dan uangnya diambil.Inzet, pelaku yang beraksi di masjid baitul Atiq saat diamankan warga.Foto.Deni/1tulah.com

1tulah.com, MUARA TEWEH – Dua hari berturut-turut kotak amal di mushola dan masjid di Kota Muara Teweh, di bobol maling.

Peristiwa pertama terjadi di Mushola Nurul Ilham di Kelurahan Lanjas, pada hari Senin tangal 10 April 2022. Pelaku berhasil merusak dan mengambil uang dari kotak amal.

Seadang pad Peristiwa kedua terjadi di Masjid Baitul Atiq di Kelurahan Melayu pada Hari Selasa tanggal 11 April 2022. Namun pelaku kepergok warga dan berhasil diamankan.

Warga di kawasan pasar PBB bernama Fahmi mengatakan, maling diduga memanjat pagar mushola dari arah samping, sehingga tidak terdeteksi kamera pengintai atau Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di Pasar PBB.

“Ada empat kamera CCTV yang dipasang di pasar ini. Tetapi maling mungkin melalui jalan lain, sehingga tidak terpantau kamera. Kita menduga maling sudah mempelajari dan menguasai seluk-beluk daerah sekitar Pasar PBB, ” kata Fahmi kepada 1tulah.com, Selasa siang.

Fahmi juga ikut membuka rekaman CCTV. Dari rekaman, kata dia, terpantau maling beraksi sekitar dua (2) menit. Kotak amal dirusak dan uang dibawa kabur. Wajah maling tidak bisa terlihat karena dia beraksi dari arah dalam, bukan dari los pasar tempat kamera pengintai dipasang.

Menurut seorang pedagang, aksi pencurian uang kotak amal sudah dua kali terjadi di lokasi tersebut. “Ini kedua kalinya kotak amal dibobol. Uang dalam kotak amal bisa sampai jutaan rupiah, tapi untungnya, baru seminggu lalu pengurus mushola sempat membuka dan mengambil duit dari dalam kotak amal,” kata seorang pedagang.

Peristiwa pencurian di Mushola Nurul Ilham belum dilaporkan kepada polisi. “Belum ada laporan masuk, ” kata perwira piket Polres Teweh Tengah.

MALING KOTAK AMAL MASJID BAITUL ATIQ DIAMANKAN WARGA

Berselang sehari kemudian, terjadi pula pencurian uang di kotak amal Masjid Baitul Atiq, Jalan Wira Praja, RT 33 A, Kelurahan Melayu, Muara Teweh, tepatnya Selasa subuh sekitar pukul 02.45 WIB.

Kali ini pelakunya berhasil diamankan warga saat hendak beraksi yang selanjutnya di serahkan ke polisi.

Terduga pelaku berinisial I langsung dibawa ke Polres Barito Utara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Ya benar, tim buru sergap menyerahkan seorang terduga pelaku pencurian di Masjid Baitul Atiq. Pelaku sudah diamankan sambil menunggu laporan resmi dari Kaum Masjid,” kata Kepala Unit (Kanit) II Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Barito Utara, Aiptu Yon Wisnu, Selasa siang.

Kepala Unit Buser Aipda Asep membenarkan, pihaknya menangkap seorang terduga pelaku tindak pidana pencurian uang di kotak amal Masjid Baitul Atiq, Jalan Wira Praja.(*)

Artikel ini telah dibaca 109 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua Caretaker DAD Barito Utara Audensi dengan Asisten dua Mewakili Bupati dan Kapolres Barut

3 Desember 2022 - 08:46 WIB

Ketua Caretaker DAD Barito Utara bersama pengurus lain, saat audensi dengan Asisten II, Rahmat MUratni dan dengan Kapolres Barut AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Jumat (04/12/2022). Foto. Dellia Anisya Fitri/1tulah.com

Kabar Baik! Kompetisi Liga 1 Digulir 5 Desember

3 Desember 2022 - 08:39 WIB

Ilustrasi pertandingan Liga 1 2022/2023. [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Berperan Dalam Kesehatan Ibu dan Anak, Pemkab Barut Dukung Rencana Aksi Pokja Posyandu

3 Desember 2022 - 08:38 WIB

Rp 1,794 Triliun, Pemkab Barut Terima Transferan Dana Provinsi Tahun Anggaran 2023

3 Desember 2022 - 08:30 WIB

Jokowi Buka Kembali Peluang Investor Masuk ke IKN, Setelah Kawasan 1A, Giliran Kawasan 1B dan 1C yang Ditawarkan

3 Desember 2022 - 07:48 WIB

Hasil Piala Dunia Grup G : Brasil dan Swiss ke Babak 16 Besar

3 Desember 2022 - 07:12 WIB

Para pemain Timnas Brasil memberikan aplaus pada suporter usai laga Piala Dunia 2022 kontra Kamerun di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. [NELSON ALMEIDA / AFP]
Trending di Berita