Home / Nasional / News

Sabtu, 9 Januari 2021 - 07:45 WIB

Makin Ketat, Keluar Masuk Jawa-Bali Wajib Tes Antigen

Doni Monardo

Doni Monardo

1tulah.comWarga di luar Pulau Jawa dan bali mesti perhatikan iniSatuan Tugas Penanganan Covid-19 memperpanjang dan memperketat aturan mengenai pembatasan perjalanan orang di Jawa-Bali dengan wajib kantongi hasil negatif rapid test antigen atau PCR, mulai 9-25 Januari 2021.

Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo menjelaskan perpanjangan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2001 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19 ini karena pandemi Covid-19 semakin parah. Hal itu ditandai oleh positivity rate, kasus aktif dan penambahan kasus positif di tingkat nasional.

,

“Peraturan ini berlaku bagi seluruh pengguna moda transportasi pribadi maupun umum, baik melalui udara, perkeretaapian, darat maupun laut,” kata Doni melalui keterangannya seperti di lansir suara.com, jaringan media 1tulah.com, Jumat (8/1/2021).

Pulau Jawa-Bali

Berikut aturan perjalanan darat, laut, dan udara di Jawa dan Bali. Untuk perjalanan ke Pulau Bali, pelaku perjalanan dengan moda transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR paling lama 3 x 24 jam atau rapid test antigen paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Sementara untuk pengguna moda transportasi darat atau laut, baik pribadi maupun umum, wajib menunjukkan keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR atau nonreaktif rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Sedangkan untuk perjalanan dari dan ke Pulau Jawa serta di dalam pulau Jawa, antar Provinsi/Kab/Kota, pelaku perjalanan dengan moda transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR paling lama 3 x 24 jam atau rapid test antigen paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Sementara untuk pengguna moda transportasi laut dan kereta api antarkota wajib menunjukkan keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR atau nonreaktif rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Untuk perjalanan ke daerah lainnya, pelaku perjalanan dengan moda transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR paling lama 3 x 24 jam atau rapid test antigen paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Sementara untuk pengguna moda transportasi laut, wajib menunjukkan keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR atau rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatannya.

 Advertisement Here ,
,

Share :

Baca Juga

Muara Teweh

Hari Ini Dua Lagi Warga Barut Positif COVID. Kabar Bahagianya Tujuh Sembuh

Muara Teweh

SPBU Km 7 Salurkan Bantuan ke Dua Panti Asuhan di Muara Teweh

Buntok

Perbup Terkait Pendisiplinan Protokol Kesehatan Akan Dijadikan Perda

Muara Teweh

Nah Santer Kabar Beredar, Besok Pagi Bupati Nadalsyah Lantik Pejabat Eselon

Berita

Barut Usul Rusunawa Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

News

Kodim 1013/MTW, Polres, dan Pemkab Barito Utara Tegakkan Disiplin Masyarakat, Paska New Normal

Muara Teweh

Kapolda Kalteng Bersama Dandrem, Kunjungi Desa Pantang Mundur, Hajak

Metrokrim

Polisi Amankan Seseorang Berbisnis Sarung Tangan Medis Bekas
error: Content is protected !!