Barut Usul Rusunawa Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

  • Whatsapp
Seperti Rusunawa MBR di Gorontalo inilah yang diusulkan Pemkab Barut. Foto.Ist.

1tulah.com, MUARA TEWEH–   Meski belum terealisasi Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PRKPP) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah kembali mengusulkan  rumah susun sewa (rusunawa) ke PUPR Pusat. Peruntukannya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Ini merupakan usula tahun ketiga sejak 2018. Harapan kita bisa direalisasi di tahun 2021 pembangunan rusunawa MBR di daerah kita,” kata Kepala Dinas PRKPP H Yaser Arafat didampingi Kabid Perumahan Rakyat H Hasan Basri, Kamis (26/11/2020).

,

Keduanya meyakini Barut akan dapat lagi bangunan Rusunawa, sebab, syarat administrasi lengkap. Seperti lahan milik Pemkab sudah ada, tepatnya di Jalan Panti Ajar Belakang Lembaga Pemasyarakatan. Begitu juga dengan status tanah seluas 32.160 M2 sudah bersertifikat.

Ditambahkan Yaser, pembangunan rumah yang layak dan terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat memperbaiki taraf kehidupan dalam hal pemukiman serta mampu mendekatkan kembali masyarakat tersebut dengan pusat aktivitas kesehariannya.

Selain juga mampu mencegah tumbuhnya kawasan kumuh di perkotaan, meningkatan efisiensi penggunaan tanah sesuai peruntukan dan tata ruang, Rusunawa nantinya dapat meningkatkan daya tampung, mobilitas, produktivitas, dan daya saing kota.

“Jika direalisasi calon penghuni rusunawa itu untuk masyarakat berpenghasilan rendah di daerah ini berprofesi petani, buruh dan pedagang kecil,” tutupnya.

Seperti diketahui Barut sendiri sebenarnya sudah mendapatkan bangunan Rusunawa. Namun peruntukannya untuk tenaga medis dan tenaga kesehatan RSUD Muara Teweh. Kali ini Barut melalui Dinas PRKPP mengusulkan lagi rusunawa untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan juga Rusunawa untuk pendidikan.(eni)

 

 Advertisement Here ,
,

Pos terkait