124 Calhaj Barut Gagal Berangkat Haji. Prioritas Berangkat Tahun 2021

298
SHARES
282
VIEWS

1tulah. Com, MUARA TEWEH- Terkait keputusan Mentri Agama Republik Indonesia,  tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun 2020, ratusan alon haji(calhaj) Kabupaten Barito Utara(Barut) juga batal berangkat.

Kakandepag Barut,  HM Yusi Abdhiah mengatakan,  124 calhaj Barut dipastikan gagal berangkat,  meskipun mereka sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji(Bipih).

Pembatalan ini kata dia, mengingat dan mempertimbangkan faktor keselamatan. Karenanya diputuskan oleh Mentri Agama melalui keputusan no 494 tahun 2020.

“Pembatalan ini sudah melalui berbagai peertimbangan semua demi keselamatan jamaah,  dan juga melihat perkembangan di Arab Saudi yang belum membuka sepenuhnya kawasan dua Kota suci di sana, yang masih terdampak pandemi,” ujar Yusi Abdhiah,  saat di temui diruang kerjanya, Kamis(4/6) siang.

Terkait 124 calhaj Barut yang hampir kesemuanya sudah melunasi Bipih, dikatakan Yusi,  mereka sudah di berikan solusi dan altrnatif. Selain sudah prioritas bisa dipastikan berangkat di tahun 2021, calhaj dipersilahkan memilih,  dana yang sudah di setor untuk di biarkan ada di rekening setoran haji,  atau diperbolehkan pula untuk di tarik.

“Semua kembali ke Calhaj dibiarkan dana di rekening setoran haji atau ingin di tarik(diluar setoran awal)   Semua dana di kelola oleh badan penyelenggara haji. Yang pasti mereka prioritas berangkat haji di tahun 2021,” terang Yusi.

Yusi juga menerangkan,  kesiapan calhaj Barut sebenarnya sudah ready.  Dan sudah menjalani berbagai proses dari manasik haji,  memenuho kelengkapan haji(paspor) sampai pada tahap pemeriksaan kesehatan.

Karena dampak pandemi covid 19 belum tau kapan berakhir,  dan demi keselamatan jamaah,  pemerintah dalam hal ini Kementrian Agama mengambil keputusan pembatalan keberangkatan jamaah haji 1 Juni tahun 2020.

“Kita ikuti aturan dam keputusan pemerintah,  dan alhamdulillah calhaj di Barut pun legowo, ” tukas Yusi Abdhiah.  (eni)

 

,

Related Posts

Discussion about this post

ADVERTISEMENT

Recommended

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.