Jual Zodium Sianida Secara Ilegal, Warga Mura Diamankan Polisi

241
SHARES
450
VIEWS

1tulah,com,PALANGKARAYA – Seorang warga Murung Raya(Mura) Kalimantan Tengah diamankan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalimantan Tengah(Kalteng). Pelaku yang juga merupakan pemilik CV Hikmah Karya Bersaudara ini ketahuan menjual Zodium Sianida, Jumat (6/3/2020) Sore.

Pengungkapan ini setelah polisi mendapat laporan dari masyarakat bahwa warga Desa Dirung Kecamatan Tanah Siang ini menjual bahan berbahaya secara ilegal.

Dirreskrimsus Polda Kalteng Kombes Pol Pasma Royce mengatakan, pelaku sekaligus Direktur di CV Hikmah Karya Bersaudara ini terbukti menjual bahan kimia Zodium Sianida yang merupakan barang berbahaya. Dari hasil penyelidikan petugas berhasil melakukan penggrebekan serta menyita 39 ember berisi bahan Sianida tersebut dengan berat 2,1 ton.

“Pelaku menjual bahan kimia ini secara ilegal dan dampaknya sangat berbahaya. Bahan tersebut sering digunakan untuk tambang ilegal,” kata Pasma Royce.

Kasus ini akan terus dikembangkan dan akan ditelusuri lebih jauh sejak kapan pelaku ini menjual bahan kimia tersebut di Daerah Murung Raya dan berasal dari mana pelaku dapat mendapatkannya.

“Pelaku menjual bahan tersebut dengan harga yang bervariasi dan kebanyakan penambang emas yang membeli,” imbuhnya.

Adapun rincian barang bukti yang diamankan dari pelaku, 33 kaleng dengan berat 50 kg, 6 kaleng dengan berat isi 50 kg dan yang dalam bentu kemasan 12 bungkus dengan isi 8 kg serta 9 bungkus dengan berat isi 10 kilo gram.

“Keseluruhan barang bukti tersebut kini sudah diamankan dan jumlah total 2,1 ton,” ungkapnya.

Saat ini pelaku sudah diamankan dan menjalani proses hukum. Terhadap pelaku dikenakan Pasal 106 Undang-undang Nomor 7 dengan ancaman hukuman selama 7 tahun penjara.(Am/eni)

Related Posts

Discussion about this post

ADVERTISEMENT

Recommended

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

error: Content is protected !!