Mengintip Jejak Kisah Cinta Prabowo dan Titiek Soeharto

- Jurnalis

Sabtu, 24 Juni 2023 - 13:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto saat kampanye akbar di Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/4/2019). [Instagram/titieksoeharto]

Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto saat kampanye akbar di Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/4/2019). [Instagram/titieksoeharto]

1tulah com – Kisah cinta antara Prabowo Subianto dengan Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto kandas di tengah jalan. Mereka berdua menikah pada Mei 1983 dan bercerai setelah 15 tahun hidup bersama pada Mei 1998.

Dari pernikahan tersebut, keduanya dikaruniai buah hati bernama Ragowo Hediprasetyo atau yang lebih akrab disapa Didit Prabowo. Meski kerap diceritakan, rupanya masih banyak orang yang belum tahu betul tentang kisah cinta Prabowo dan Titiek ini.

Kisah cinta antara Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dengan Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto diketahui dari orang-orang dekat mereka.

Salah satunya oleh ayah Prabowo, Sumitro Djojohadikusumo yang mengungkapnya dalam buku karyanya berjudul ‘Jejak Perlawanan Begawan Pejuang-Sumitro Djojohadikusumo’.

Adapun kisah cinta anak dan menantunya tertulis dalam Bab Besanan dan Hubungan dengan Soeharto yang diterbitkan pada tahun 2000. Prabowo dan Titiek sendiri menikah pada Mei 1983.

Hal ini serta perpisahan mereka yang paling dihafal oleh publik. Padahal ada kisah lainnya yang memang jarang diketahui dan terkemas dalam buku tersebut.

Berpacaran Selama Hampir 2 Tahun

Prabowo dan Titiek diketahui sempat berpacaran hampir dua tahun. Titiek sendiri bukan cinta pertama Prabowo, karena mantan perwira TNI itu kerap menjalin hubungan yang serius dengan beberapa wanita.

Hingga pada suatu hari, ia meminta izin kepada sang ayah, Sumitro, untuk mengenalkan wanita bernama Titiek Soeharto sebagai kekasihnya. Dikatakan oleh Prabowo dalam sebuah buku, Titiek Soeharto merupakan salah satu murid Sumitro.

Usai dikenalkan, ayahnya itu pun memberikan pesan khusus kepadanya. Ia disebut payah apabila hubungannya dengan Titiek kali ini tidak serius. Hal tersebut disampaikan Sumitro karena mengetahui sang anak yang cukup sering gonta-ganti wanita.

Proses Lamaran

Dalam suatu kesempatan, Tien Soeharto selaku ibu Titiek, mendekati Sumitro dan berbisik mengenai kedekatan Prabowo dan anaknya. Tak lama kemudian, datang Tjoa Hok Sui yang merupakan orang kepercayaan adik Soeharto, Probosutedjo.

Ia diminta untuk mendorong Sumitro agar segera meresmikan hubungan Prabowo dengan Titiek. Sumitro yang kala itu masih bingung, bertanya kepada Prabowo mengenai keseriusannya terhadap Titiek.

Prabowo pun menjawab akan melamar kekasihnya sendirian. Namun, hal tersebut tidak diperbolehkan karena lamaran harus dilakukan oleh keluarga yang mendatangi pihak perempuan. Prabowo mengaku sempat terkejut dengan informasi ini.

Baca Juga :  Indra Sjafri Lindungi Timnas U-19 dari Sorotan Media, Fokus Kejaran Mimpi!

Setelah itu, Sumitro pun datang melamar Titiek untuk dijadikan istri bagi anaknya. Soeharto kemudian menerimanya dengan bahagia, namun ia perlu berbicara dengan anaknya serta Prabowo untuk diberikan nasihat.

Sebab, pernikahan keduanya akan disorot publik mengingat Soeharto adalah kepala negara dan Sumitro sebagai cendekiawan terkemuka.

Memiliki Anak

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa pernikahan Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto dikaruniai satu anak laki-laki. Putra semata wayang keduanya itu bernama Ragowo Hediprasetyo atau yang lebih akrab disapa Didit Prabowo.

Didit diketahui besar di Boston, Amerika Serikat dan kini menetap di Paris dengan bekerja sebagai seorang desainer.

Hubungan Antar Keluarga Renggang karena Politik

Sumitro mengatakan bahwa ia tidak bisa menempatkan diri dalam suasana keluarga yang sangat Jawa seperti yang diterapkan Cendana.

Keluarga Soeharto sebetulnya menghormati perbedaan tersebut, karena bahkan ketika lebaran atau hari ulang tahun Soeharto dan Tien, keluarga Sumitro pun tetap diundang untuk datang ke kediaman Cendana.

Namun, hubungan antara Sumitro dan Soeharto mulai renggang pada tahun 1995. Sumitro bersikap terbuka dan kerap mengkritik kebijakan Soeharto, hingga menerima lawan politik Soeharto, yakni H.R. Darsono.

Sementara itu, salah satu kritik Sumitro yang membuat Soeharto marah adalah soal sinyal terkait kebocoran 30 persen dari dana pembangunan. Padahal kala itu diketahui merupakan tiga tahun terakhir sebelum akhirnya Soeharto jatuh dan masa ini terbilang kritis.

Pasalnya, kritik untuknya semakin susah dikirim. Lalu, apabila Sumitro mengkritik, maka menantunya, yakni Titiek Soeharto akan datang menyampaikan pesan Soeharto. Namun, hal tersebut tidak pernah digubris oleh Sumitro.

Putuskan Berpisah

Ketika lengsernya Soeharto pada 21 Mei 1998, keluarga Cendana marah karena menilai Prabowo membiarkan mahasiswa menduduki gedung MPR/DPR.

Mereka curiga bahwa hal tersebut sengaja dilakukan sebagai bagian dari konspirasi untuk menjatuhkan Soeharto. Dalam buku, tercatat dua anak Soeharto yang mengomeli Prabowo.

Mereka adalah Siti Hardiyanti Hastuti (Tutut) dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek), yang dituliskan marah-marah kepada Prabowo. Keduanya mengaku heran mengapa Prabowo membiarkan mahasiswa menduduki gedung MPR/DPR.

Namun, saat itu, ia menanyakan apakah ia seharusnya menembaki para mahasiswa yang berunjuk rasa. Kemudian, pada 25 Mei 1998, Prabowo Subianto yang berpangkat Letjen resmi dicopot dari Pangkostrad dan dipindahkan menjadi Komandan Sesko ABRI di Bandung.

Baca Juga :  Barito Utara Rayakan HUT ke-74 dengan Semangat Kebersamaan: Ramah Tamah dan Silaturahmi Mempererat Persatuan

Tak berapa lama usai diperiksa Dewan Kehormatan Perwira (DKP), karier militernya diakhiri oleh Wiranto. Ia pun akhirnya memutuskan berkarier sebagai pengusaha di luar negeri.

Permasalahan itu kemudian disebut-sebut menjadi penyebab Prabowo dan Titiek berpisah. Keduanya resmi mengakhiri rumah tangga setelah masa Orde Baru yang dipimpin Soeharto, runtuh pada tahun 1998. Namun, hingga kini tidak ada yang mengetahuinya secara persis soal kepastian waktu mereka bercerai.

Pernah Diisukan Bakal Rujuk

Kemesraan antara Prabowo dengan Titiek kembali muncul menjelang Pilpres 2019, di mana keduanya berfoto selfie bersama dan saling mengunggahnya di media sosial masing-masing.

Saat itu, Titiek juga ditanya wartawan apakah ia dan mantan suaminya ini akan rujuk. Ia hanya tertawa dan enggan memberikan jawaban ketika dikonfirmasi ulang.

Hal serupa juga sempat terjadi saat Prabowo Subianto mendaftar sebagai capres di Kantor KPU, di kawasan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018) lalu. Titiek terlihat menemani untuk turut mendukung Prabowo dan Sandiaga Uno dalam kompetisi politik Pilpres 2019. Adapun kedatangannya itu sebagai kapasitas perwakilan dari Partai Berkarya.

Setelah mendaftar, Prabowo kerap menyapa Titiek Soeharto dalam sambutannya. Kemudian, para pendukungnya yang ada di ruang pendaftaran menggoda mereka.

Di sisi lain, Titiek pun bercerita bahwa mantan suaminya itu sempat mendatangi keluarga Cendana usai deklarasi capres pada 9 Agustus 2018 lalu untuk meminta dukungan.

Kekinian, keduanya tampak bersama-sama menghadiri Pasar Kangen di Pura Mangkunegaran Solo, pada Jumat (23/6/2023). Dalam kunjungan itu, Prabowo dan Titiek akan menonton pertunjukan Sudamala yang berjudul “Satu dalam Cinta”.

Adapun tontonan ini diproduseri oleh aktor-aktris ternama, yakni Nicholas Saputra dan Happy Salma. Tak hanya itu, Titiek juga dikabarkan akan bergabung dengan Partai Gerindra yang diketuai oleh mantan suaminya.

Putri keempat Soeharto ini bakal diusung maju dalam Pemilihan Legislatif 2024 dari partai tersebut untuk daerah pemilihan (dapil) Yogyakarta. Namun, terkait nomor urutnya sebagai calon anggota dewan masih belum ditentukan. (suara.com)

Berita Terkait

Bayi Hiu Telah Dewasa! Park Geon Roung, Bintang Video Viral ‘Baby Shark Dance’, Kini Tampan Menawan di Usia 15 Tahun
Cinta Lama Bersemi Kembali di Tengah Kisah Rumit: Drama Korea ‘Love Next Door’ Segera Hadir!
Timnas Indonesia U-19 Hadapi Timor Leste: Garuda Muda Wajib Menang Demi Tiket Semifinal!
Pj Bupati Murung Raya Resmi Buka MTQ ke X di Kecamatan Permata Intan
Barito Utara Rayakan HUT ke-74 dengan Semangat Kebersamaan: Ramah Tamah dan Silaturahmi Mempererat Persatuan
Wakil Gubernur Kalteng Pimpin Upacara HUT Ke-74 Barito Utara: Harmonis Menuju Pembangunan Berkelanjutan
Bareskrim Bongkar Peredaran Poppers Ilegal: Biasa Dipergunakan sebagai Obat Perangsang
Real Madrid Jual Tiket Super VIP Senilai Rp4,4 Miliar, Tiket Sepak Bola Termahal di Dunia?
Tag :

Berita Terkait

Selasa, 23 Juli 2024 - 14:19 WIB

Bayi Hiu Telah Dewasa! Park Geon Roung, Bintang Video Viral ‘Baby Shark Dance’, Kini Tampan Menawan di Usia 15 Tahun

Selasa, 23 Juli 2024 - 14:03 WIB

Cinta Lama Bersemi Kembali di Tengah Kisah Rumit: Drama Korea ‘Love Next Door’ Segera Hadir!

Selasa, 23 Juli 2024 - 13:51 WIB

Timnas Indonesia U-19 Hadapi Timor Leste: Garuda Muda Wajib Menang Demi Tiket Semifinal!

Selasa, 23 Juli 2024 - 09:31 WIB

Pj Bupati Murung Raya Resmi Buka MTQ ke X di Kecamatan Permata Intan

Senin, 22 Juli 2024 - 17:03 WIB

Barito Utara Rayakan HUT ke-74 dengan Semangat Kebersamaan: Ramah Tamah dan Silaturahmi Mempererat Persatuan

Senin, 22 Juli 2024 - 16:50 WIB

Wakil Gubernur Kalteng Pimpin Upacara HUT Ke-74 Barito Utara: Harmonis Menuju Pembangunan Berkelanjutan

Senin, 22 Juli 2024 - 16:26 WIB

Bareskrim Bongkar Peredaran Poppers Ilegal: Biasa Dipergunakan sebagai Obat Perangsang

Senin, 22 Juli 2024 - 16:11 WIB

Real Madrid Jual Tiket Super VIP Senilai Rp4,4 Miliar, Tiket Sepak Bola Termahal di Dunia?

Berita Terbaru

error: Content is protected !!