Home / Berita / Internasional / Nasional / Olahraga

Kamis, 9 Maret 2023 - 08:47 WIB

Ketua Umum PSSI Erick Tohir Beri Lampu Hijau Timnas Israel Berlaga di Piala Dunia U-20 di Indonesia

Ilustrasi: Gelaran Piala Dunia U-20 di Korea Selatan pada tahun 2017 lalu (voaindonesia.com)

Ilustrasi: Gelaran Piala Dunia U-20 di Korea Selatan pada tahun 2017 lalu (voaindonesia.com)

1TULAH.COM-Gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia pada bulan Mei 2023 mendatang, bakal diikuti oleh Timnas Israel. Soal kehadiran timnas Israel ini tidak dipermasalahkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Tohir.

Padahal di sisi lain,  banyak pihak, termasuk MUI menyatakan penolakan terhadap keikutserataan Negara Israel di gelaran piala dunia U-20. Hal ini bercermin dengan sikap tegas FIFA yang menolak keikusertaan Negara Rusia pada gelaran Piala Dunia 2022 lalu, dengan alasan menginvansi Ukraina.

Israel akan mengirim tim sepak bola untuk kejuaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia Mei nanti. Sejumlah pakar mengatakan dari sisi aturan, Israel berhak dan harus diizinkan mengikuti kompetisi itu, namun mengingat tidak adanya hubungan diplomatik antara kedua negara, hal ini mulai memicu polemik.

Pelaksanaan Piala Dunia FIFA U-20 di Indonesia masih dua bulan lagi, namun polemik sudah meruap terkait partisipasi Israel dalam turnamen itu. Maklum saja, Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik.

Isu apapun menyangkut Israel di tanah air sangat sensitif, karena mayoritas warga muslim mendukung perjuangan bangsa Palestina untuk merdeka, terlebih dengan serangkaian aksi kekerasan tanpa henti yang dilakukan oleh Israel.

Beragam organisasi kemasyarakatan Islam telah menyatakan penolakan dan mendesak pemerintah untuk tidak mengizinkan tim nasional Israel.

Meski begitu, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Tohir menegaskan akan tetap menerima kehadiran tim nasional Israel. Pernyataan serupa pernah disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga

Baca Juga :  Jaksa Gadungan Diduga Peras Orang Berperkara Ditangkap, KPK Beri Apresiasi Kejaksaan Agung

.MUI Tolak Kehadiran Tim Israel di U-20

Ketua Bidang Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sudarnoto Abdul Hakim menyatakan MUI menolak kehadiran tim nasional Israel.

Dia menjelaskan Indonesia merupakan negara dan bangsa yang terus memiliki komitmen tinggi dan konsisten membela rakyat dan bangsa Palestina dari agresi dan penjajahan Israel.

Pemerintah Indonesia juga mendukung solusi dua negara untuk mewujudkan Palestina merdeka dan berdaulat, tetapi hingga saat ini tak kunjung terlaksana.

Selain itu, lanjut Sudarnoto, Indonesia tidak mau membuka hubungan diplomatik dengan Israel, selama Palestina masih dijajah. Posisi ini sesuai amanat Pembukaan UUD 1945 yang tidak mengakui penjajahan di muka bumi.

“Karena kita tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel, maka harusnya tidak ada ruang sekecil apapun (bagi) warga Israel, termasuk dalam urusan Piala Dunia U-20 ini, tidak boleh masuk. Karena dengan (tim nasional Israel) masuk, secara resmi pemerintah menyambut orang-orang Israel masuk ke wilayah Indonesia dengan atribut-atributnya,” ujar Sudarnoto.

Invasi Ukraina, FIFA Tak Izinkan Rusia Ikut Piala Dunia 2022

Meski partisipasi Israel dalam Piala Dunia U-20 sesuai aturan FIFA, Sudarnoto mengingatkan FIFA juga menerapkan standar ganda, yakni mencoret Rusia pada Piala Dunia 2022 di Qatar karena menginvasi Ukraina. Dia menilai FIFA mestinya mencoret Israel karena sudah puluhan tahun menjajah Palestina.

Baca Juga :  Dosen UII Diduga Hilang Usai dari Kunjungan ke Norwegia, Jejak Terakhir di Turki

Soal olahraga harus dipisahkan dengan politik, dia kembali menyebut alasan FIFA mencoret Rusia saat Piala Dunia 2022 karena menginvasi Ukraina.

Jika pemerintah tetap menerima kehadiran tim nasional Israel, Sudarnoto memperingatkan isu ini dapat meningkat suhu politik di tengah masyarakat menjelang Pemilihan Umum 2024.

Dia mengkhawatirkan akan ada kekuatan-kekuatan tertentu yang akan membentuk elemen-elemen masyarakat.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir telah menyatakan akan memberikan jaminan keamanan bagi Timnas Israel yang datang ke Indonesia untuk Piala Dunia U-20.

Ia menyebut negara menjamin kedatangan siapa pun yang bermain di Indonesia sesuai kontrak sebagai tuan rumah.

“Khususnya mengenai tim-tim yang akan main, saya rasa konteksnya kita tidak bisa melihat masing-masing negara, bahwa bedasarkan host contract bahwa negara menjamin kedatangan siapapun yang bermain. Kalau kita tidak bisa mengambil posisi mengamankan, mungkin Indonesia jangan lagi bidding event-event internasional,” kata Erick.

Jaminan ini tidak hanya berlaku untuk Piala Dunia U-20, tapi juga tim yang datang ke Indonesia untuk kompetisi lainnya. Erick juga mengingatkan bahwa Indonesia masih mau ikut bidding Olimpiade 2036, hingga Piala Dunia 2034.

Piala Dunia U-20 tersebut akan berlangsung di Indonesia mulai 20 Mei hingga 11 Juni 2023.(Sumber:voaindonesia.com)

 

Share :

Baca Juga

Aturan kerja baru PNS. Sumber foto : pmjnews.com

Nasional

Menjelang Bulan Suci Ramadhan, Jam Kerja ASN Langsung Berubah
Ilustrasi mandi (pexels)

Berita

Bacaan Niat Mandi Puasa Ramadhan

Berita

Duhh! Mantan Kades Diduga Menjual Tanah Desa untuk Pembangunan Jalan

Berita

Pemkab Barut Dukung Pemberantasan Korupsi di Daerah, Ini 8 Area yang Perlu Pengawasan Ketat Menurut KPK
Ilustrasi sholat (Unsplash/Rumman Amin)

Berita

Niat Sholat Tarawih Lengkap

Berita

Barut Siapkan Raperda Pajak Retribusi, Ditargetkan Rampung Sebelum Berakhir Masa Jabatan Bupati

Berita

65 Pelaku Usaha Mikro di Kabupaten Asahan Terima Dana Bergulir, Ingat Bukan Dana Hibah!

Berita

Pemkab Asahan Selenggarakan FGD Pencegahan Korupsi