Home / Daerah / Muara Teweh

Selasa, 31 Januari 2023 - 14:57 WIB

Cinta Produk Dalam Negeri, Pemkab Barito Utara Sosialisasikan P3DN

Sosialisasi peningkatan pemahaman penggunaan produk dalam Negeri (P3DN) yang diselanggarakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) dihadiri oleh Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra, Selasa (31/1/2023). Foto:Delia/1tulah.com

Sosialisasi peningkatan pemahaman penggunaan produk dalam Negeri (P3DN) yang diselanggarakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) dihadiri oleh Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra, Selasa (31/1/2023). Foto:Delia/1tulah.com

1tulah.com, MUARA TEWEH-Dalam upaya peningkatan kecintaan produk dalam Negeri, Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin), menyosialisasikan peningkatan pemahaman penggunaan produk dalam Negeri (P3DN).

Program P3DN ini merupakan langkah strategis Pemkab Barut, tujuannya untuk memperkuat industri dalam negeri, sehingga penguatan sektor ekonomi dalam negeri semakin kuat.

Kepala Dinas Disdagrin Barito Utara, Hajranoor menyampaikan, dasar kegiatan dilaksanakan sesuai dengan yang tertuang dalam Inpres no. 02 tahun 2022, yaitu Instruksi Presiden (INPRES) tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam rangka menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang/ jasa pemerintah.

Baca Juga :  Beredar Kabar Pasien PDP di RSUD Muara Teweh Kondisi nya Menurun

Sementara itu, Bupati Barito Utara H. Nadalsyah dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra mengatakan, Program P3DN ini merupakan langkah strategis Pemkab Barito Utara bertujuan untuk memperkuat industri dalam negeri, sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap impor.

Meski telah terjadi penurunan impor, namun penurunan ini belum cukup karena nilai penggunaan barang impor masih cukup tinggi.

Baca Juga :  Kabupaten Barito Utara Terima Sertifikat Bebas Penyakit Frambusia

“Penggunaan produk dalam Negeri, harus bisa diimplementasikan, agar kita semua tidak selalu tergantung pada produk impor, sehingga bisa menjadi Negara yang mandiri,ā€¯ujarnya.

Ditambahkannya, Gerakan Nasional bangga buatan Indonesia (GernasBBI) harus selalu digaungkan dan salah satunya wujudnya adalah dengan pelaksanaan dalam belanja barang/jasa pemerintah daerah.

Acara diikuti Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekretaris Daerah, Drs. Muhlis, Kepala Perangkat Daerah beserta Kepala Subbagian dan Operator. (Delia)

Share :

Baca Juga

Berita

Pemkab Barut Dukung Pemberantasan Korupsi di Daerah, Ini 8 Area yang Perlu Pengawasan Ketat Menurut KPK

Berita

Barut Siapkan Raperda Pajak Retribusi, Ditargetkan Rampung Sebelum Berakhir Masa Jabatan Bupati

Muara Teweh

Masih Menjual di Atas HET, 4 Agen LPG Bersubsidi Dapat Surat Teguran Pemkab Barut

Berita

Bantu Korban Banjir, Pemkab Barsel Salurkan 1.084 Paket Sembako

Berita

Reses di Daerah Pemilihannya, Anggota DPRD Barut ini Serap Usulan Warga

Berita

Polres Barsel Musnahkan 51,23 Gram Sabu, Hasil Penangkapan Satu Tersangka

Berita

Tetapkan Arah Pembangunan Strategis, Pemkab Barsel Selenggarakan Musrenbang Tingkat Kabupaten

Berita

Gelar Pasar Murah, Kantor Kejari Barsel Diserbu Warga