Home / Berita / Bisnis / Muara Teweh

Rabu, 30 November 2022 - 05:23 WIB

UMK Barito Utara Naik 8,68 Persen, Jadi Rp3,5 Juta Lebih


Sidang dewan pengupahan yang dipimpin Kepala DisnakertransKop dan UKM, yang juga selaku Ketua Dewan Pengupahan Kabupaten, M Mastur, Selasa (29/11/2022). Foto:Delia/1tulah.com

Sidang dewan pengupahan yang dipimpin Kepala DisnakertransKop dan UKM, yang juga selaku Ketua Dewan Pengupahan Kabupaten, M Mastur, Selasa (29/11/2022). Foto:Delia/1tulah.com

1tulah.com, MUARA TEWEH-Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut), menyepakati Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2023 sebesar Rp3.595.013,49 per bulan, atau naik 8,68 persen naik sebesar Rp287.246,49,- dari tahun sebelumnya yaitu Rp 3.307.767,-.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranskop UKM) Barito Utara  Mastur, pada saat rapat pengupahan, Selasa (29/11/2022).

“UMK Barito Utara ditetapkan sebesar Rp3.595.013,49 per bulan, yang disesuaikan dengan kondisi¬† pandemi COVID -19, dan inflasi yang telah berdampak pada kondisi perekonomian, dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi hak pekerja/buruh, termasuk di dalamnya membayar upah,” ungkap Mastur.

Baca Juga :  Pajak Air Permukaan Berpotensi Dongkrak PAD

Mastur juga mengatakan, tahapan proses penetapan UMK hasil rapat dewan pengupahan kabupaten, disampaikan ke Bupati Barito Utara kemudian dilaporkan kepada Gubernur Kalteng untuk ditetapkan.

“Nantinya penetapan UMK Kabupaten Barito Utara melalui Surat Keputusan (SK) Gubernur Kalteng,” kata Mastur.

Ia juga mengatakan UMK yang akan berlaku mulai 1 Januari 2023 ini, dalam rangka memberikan perlindungan dan kelangsungan bekerja bagi pekerja/buruh, serta menjaga kelangsungan usaha, perlu dilakukan penyesuaian terhadap penetapan upah minimum pada situasi pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19.

Baca Juga :  Hakim Tolak Eksepsi Kuat Maruf, Kuasa Hukum: Dakwaan JPU Tidak Cermat

Kesepakatan UMK Barito Utara tersebut ditetapkan dalam sidang dewan pengupahan yang dihadiri Kepala DisnakertransKop dan UKM, yang juga selaku Ketua Dewan Pengupahan Kabupaten, M Mastur, Andry Cristian Hutabarat (Wakil Ketua) Dr Akhmad Rizali (Sekretaris merangkap anggota), Sugiarno (anggota), Juni Rantetampang (anggota), OB Sibarani (anggota), Karianto Saman (anggota) Sabirin (anggota), dan Syaifudin (anggota). (Delia)

 

Share :

Baca Juga

Berita

BIN Targetkan Vaksinasi 27 Ribu Warga Kalteng
Hakim Agung Mahkamah Agung (MA) Sudrajad Dimyati berjalan dengan mengenakan rompi tahanan masuk ke mobil tahanan (suaea.com

Berita

Mantan Hakim Agung Minta Sidang di MA Harus Transparans, Antisipasi Celah Hakim Bermain

Berita

Muhaimin Optimistis PKB Masuk Dua Besar di Pemilu 2024

Berita

Jangan hanya Rangkul-rangkulan Tebar Kemesraan, Jokowi Dorong KIB Segera Tentukan Capres

Berita

Pemkab Mura Dukung Peluncuran PIDI 4.0

Muara Teweh

Warga Terdampak Covid-19 Yang Ada di 10 Kelurahan di Barut Bakal Dapat Bantuan Beras
Ilustrasi sholat, Sholat Dhuha Sampai Jam Berapa (Freepik

Berita

Panduan Tata Cara Sholat Dhuha dan Waktu Terbaik Mengerjakannya
Petugas kepolisian dan BPBD mengevakuasi jasad warga negara Ukraina di Shortcut Canggu, Kuta Utara, Badung, Bali (10/1/2023). [ANTARA/Polres Badung]

Berita

Ngeri, Bule Ukraina Tewas Terkena Gorong-gorong Beton