Menu

Mode Gelap

Berita · 16 Nov 2022 20:47 WIB

Gemar Minum Es Batu? Berikut Dampak Konsumsi Es Batu Berlebihan


 Ilustrasi Es Batu. (Foto: Suara.com) Perbesar

Ilustrasi Es Batu. (Foto: Suara.com)

1TULAH.COM – Apakah anda sangat gemar minum es batu? Jika iya, maka anda harus berhati – hati karena kebiasaan tersebut akan menimbulkan masalah pada kesehatan.

Sebagian orang mungkin sangat gemar sekali mengonsumsi es batu dengan cara mengigitnya langsung, apalagi pada saat cuaca sedang panas – panasnya mengonsumsi es batu akan membantumu untuk menghilangkan rasa haus ditenggorokkan.

Namun, terlalu seringnya megonsumsi es batu terjadi dampak yang menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh. apalagi jika pengolahan es batunya bukan dari air bersih.

Es batu yang tidak bersih, akan menimbulkan penularan penyakit berbagai kuman, seperti virus, parasit, gastroenteritis atau diare, demam tifoid, shigellosis, hepatitis A dan kolera.

Dikutip Alodokter.com terdapat sebagian beberapa hal masalah kesehatan yang dapat kita lihat jika terlalu sering mengonsumsi es batu, yaitu :

1. Gangguan pada jantung

Terlalu sering mengonsumsi es batu dapat menimbulkan penyebab resiko anemia. Saat menderita anemia zat besi, pasokan yang ada didalam darah akan berkurang sehingga detak jantung yang tidak normal atau terlalu cepat itulah yang menyebabkan pembesaran jantung atau gagal jantung.

2. Menghambat pertumbuhan

Terlalu sering mengonsumsi es batu dapat menghambat pertumbuhan. Hal ini disebabkan anemia defisiensi besi yang dapat menimbulkan gangguan pada tumbuh kembangnya anak – anak. Selain itu, juga dapat menyebabkan anak lebih rentan terkena infeksi dan daya tubuh melemah.

3. Masalah kehamilan

Wanita hamil memiliki penderita anemia defisiensi besi berisiko tinggi memiliki bayi prematur dan bayi yang dilahirkan dengan berat badan rendah. dengan resiko tidak ingin melahirkan bayi prematur ada baiknya rutin memeriksakan kandungan.

Itulah bahaya yang terjadi jika anda terlalu gemar mengonsumsi es batu,semoga bermanfaat.

 

(Sumber: suara.com)

Artikel ini telah dibaca 26 kali

Baca Lainnya

Ketua Caretaker DAD Barito Utara Audensi dengan Asisten dua Mewakili Bupati dan Kapolres Barut

3 Desember 2022 - 08:46 WIB

Ketua Caretaker DAD Barito Utara bersama pengurus lain, saat audensi dengan Asisten II, Rahmat MUratni dan dengan Kapolres Barut AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Jumat (04/12/2022). Foto. Dellia Anisya Fitri/1tulah.com

Kabar Baik! Kompetisi Liga 1 Digulir 5 Desember

3 Desember 2022 - 08:39 WIB

Ilustrasi pertandingan Liga 1 2022/2023. [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Berperan Dalam Kesehatan Ibu dan Anak, Pemkab Barut Dukung Rencana Aksi Pokja Posyandu

3 Desember 2022 - 08:38 WIB

Rp 1,794 Triliun, Pemkab Barut Terima Transferan Dana Provinsi Tahun Anggaran 2023

3 Desember 2022 - 08:30 WIB

Jokowi Buka Kembali Peluang Investor Masuk ke IKN, Setelah Kawasan 1A, Giliran Kawasan 1B dan 1C yang Ditawarkan

3 Desember 2022 - 07:48 WIB

Hasil Piala Dunia Grup G : Brasil dan Swiss ke Babak 16 Besar

3 Desember 2022 - 07:12 WIB

Para pemain Timnas Brasil memberikan aplaus pada suporter usai laga Piala Dunia 2022 kontra Kamerun di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. [NELSON ALMEIDA / AFP]
Trending di Berita