Menu

Mode Gelap

Berita · 13 Sep 2022 12:34 WIB

5 Kandungan Produk Makeup yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Kering


 Ilustrasi kulit kering (suara.com) Perbesar

Ilustrasi kulit kering (suara.com)

TULAH.COM – Memilih produk yang sesuai jenis kulit merupakan kunci untuk memperoleh hasil yang maksimal. Selain berlaku pada skincare, memilih produk yang tepat juga harus diterapkan ketika kamu ingin membeli produk makeup.

Kulit kering adalah kondisi permanen yang ditandai oleh sensasi tertarik di seluruh wajah dan tubuh akibat kurang terbentuknya pelindung alami kulit. Kulit kering juga disebabkan oleh beberapa bahan dalam skincare atau produk makeup yang tidak cocok untuk kulit kering.

Untuk produk makeup, berikut 5 bahan yang harus dihindari pemilik kulit kering:

1. Salicylic Acid
Mungkin kamu familiar dengan kandungan yang umum ditemukan di dalam produk skincare ini. Ya, salicylic acid juga ada di dalam produk makeup, seperti foundation, primer, tisu yang bisa menghapus makeup. Apabila kamu memiliki kulit kering, sebaiknya hindari menggunakan makeup yang mengandung salicylic acid karena dapat membuat kulitmu jadi lebih kering.

2. Alkohol
Alkohol bisa mengeringkan dan mengiritasi. Bahan ini mungkin muncul dalam beberapa bentuk yang berbeda menurut Rhonda Klein, MD, MPH, FAAD, seorang dokter kulit di Modern Dermatology .

Alkohol SD, Alkohol Terdenaturasi, atau Isopropil Alkohol, adalah istilah yang harus diwaspadai—kesamaan di masing-masingnya adalah mengeringkan kulit,” katanya.

Biasanya bahan ini sering ditemukan pada produk makeup yang bersifat matte.

3. Wewangian
Pewangi dapat memperburuk kondisi kulit sensitif atau kering, karena kulit menganggapnya sebagai bahan iritasi. Hindari produk yang memiliki tambahan wewangian apapun jenis kulitmu, karena ini adalah penyebab iritasi kulit yang umum.

4. Paraben
Paraben adalah pengawet dan bahan sintetis yang ditambahkan ke produk yang dimaksudkan untuk memperpanjang umur simpannya. Paraben mungkin mengiritasi mereka yang memiliki kulit kering karena lebih rentan terhadap iritasi dan alergi.

5. Glycolic Acid (asam glikolat)
Glycolic acid atau asam glikolat juga sebaiknya dihindari untuk tipe kulit kering. Kandungan ini berupa exfoliant kimia yang umumnya digunakan untuk mengurangi dan membersihkan komedo serta pori-pori tersumbat.

Meskipun asam glikolat penting untuk menjaga sel-sel kulit mati, jika kalian memiliki kulit kering, kalian tidak memerlukannya dalam bahan kandungan makeup. (mengutip suara.com)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tukang Ojek dan Nelayan Bakal Terima Bansos, Pencairan Oktober-Desember, Lengkapi Syarat-syaratnya Ini

26 September 2022 - 08:36 WIB

Sadis, Polwan BNN Diduga Aniaya dan Sekap Perempuan

26 September 2022 - 08:33 WIB

Ilustrasi - polwan BNN diduga aniaya dan sekap perempuan (suara.com)

Kejurda Grasstrack 2022 Barsel, Jaring Pebalap Lokal di Ajang Porprov 2023

26 September 2022 - 08:25 WIB

Berteman dengan 4 Zodiak Ini, Dijamin deh Selalu Riang Gembira

26 September 2022 - 07:50 WIB

Heboh, Suara Ledakan Keras di Asrama Polisi, Ini Penjelasan Kapolda Jateng

26 September 2022 - 06:38 WIB

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi (Polda Jateng)

Larissa Chou Berikan Konfirmasi Terkait Kabar Kedekatannya dengan Rio Haryanto

25 September 2022 - 17:24 WIB

Larissa Chou Rio Haryanto
Trending di Berita