Menu

Mode Gelap

Berita ยท 31 Agu 2022 20:53 WIB

Sayang Dilewatkan, Ini 6 Manfaat Buah Semangka Merah


 Ilustrasi buah semangka (Pixabay) Perbesar

Ilustrasi buah semangka (Pixabay)

1tulah.comSemangka adalah buah-buahan rendah kalori dan hampir tidak mengandung lemak. Meskipun menyediakan banyak nutrisi berharga (seperti vitamin A dan C), gulanya agak tinggi, jadi orang yang memantau asupan gula mereka mungkin paling baik dilayani dengan makan buah ini dalam jumlah sedang.

Semangka merah merupakan salah satu buah paling ikonik di musim panas, rendah kalori dan kaya air. Semangka merah juga merupakan sumber vitamin A, vitamin C dan likopen yang sangat baik.

Dilansir dari suara.com, berikut ini manfaat buah semangka merah yang perlu diketahui, seperti :

1. Mengatasi Dehidrasi

Semangka mengandung hampir 92% air, sehingga tepat menjadikannya pilihan makanan yang sangat menghidrasi. Jika Anda atau anak Anda kesulitan untuk minum cukup air, terutama pada hari-hari musim panas, cobalah mengonsumsi beberapa porsi semangka.

2.. Mengurangi Tekanan Darah

Semangka memiliki kandungan antioksidan karena merupakan sumber likopen yang sangat baik, fitonutrien karotenoid yang menurut penelitian dapat membantu mengurangi atau mencegah tekanan darah tinggi. Tomat dikenal sebagai sumber likopen, tetapi semangka yang sudah matang memiliki lebih banyak likopen daripada tomat.

3. Mengurangi Risiko Infeksi dan Kanker

Flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid adalah beberapa antioksidan yang terkandung dalam semangka. Antioksidan seperti ini membantu dalam perbaikan sel dan dapat membantu menurunkan risiko infeksi dan beberapa jenis kanker.

4. Berkontribusi pada Penurunan Berat Badan

Dalam sebuah penelitian kecil terhadap orang dewasa yang kelebihan berat badan, mereka yang mengonsumsi semangka menunjukkan penurunan berat badan, indeks massa tubuh, rasio pinggang-pinggul, dan tekanan darah yang bagus.

5. Membantu Meringankan Kelelahan Otot

Dalam semangka, terdapat jumlah asam amino citrulline yang signifikan. Kapsul citrulline pekat kerap dijual sebagai suplemen nutrisi untuk kinerja olahraga. Sebab, beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen citrulline dapat mengurangi kelelahan selama berolahraga.

6. Menyehatkan Rambut dan Kulit

Semangka juga memiliki kandungan yang bermanfaat dalam menyehatkan rambut dan kulit. Jika Anda mengalami masalah rambut rontok atau masalah kulit kering bersisik, Anda bisa mengonsumsi buah semangka merah secara rutin.

Demikian informasi mengenai manfaat semangka merah untuk kesehatan yang penting untuk diketahui. Sebagai informasi, karena semangka mengandung gula, penderita diabetes mungkin perlu berhati-hati saat makan semangka untuk menghindari lonjakan gula darah. (sumber : Suara.com)

Artikel ini telah dibaca 109 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua Caretaker DAD Barito Utara Audensi dengan Asisten dua Mewakili Bupati dan Kapolres Barut

3 Desember 2022 - 08:46 WIB

Ketua Caretaker DAD Barito Utara bersama pengurus lain, saat audensi dengan Asisten II, Rahmat MUratni dan dengan Kapolres Barut AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Jumat (04/12/2022). Foto. Dellia Anisya Fitri/1tulah.com

Kabar Baik! Kompetisi Liga 1 Digulir 5 Desember

3 Desember 2022 - 08:39 WIB

Ilustrasi pertandingan Liga 1 2022/2023. [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Berperan Dalam Kesehatan Ibu dan Anak, Pemkab Barut Dukung Rencana Aksi Pokja Posyandu

3 Desember 2022 - 08:38 WIB

Rp 1,794 Triliun, Pemkab Barut Terima Transferan Dana Provinsi Tahun Anggaran 2023

3 Desember 2022 - 08:30 WIB

Jokowi Buka Kembali Peluang Investor Masuk ke IKN, Setelah Kawasan 1A, Giliran Kawasan 1B dan 1C yang Ditawarkan

3 Desember 2022 - 07:48 WIB

Hasil Piala Dunia Grup G : Brasil dan Swiss ke Babak 16 Besar

3 Desember 2022 - 07:12 WIB

Para pemain Timnas Brasil memberikan aplaus pada suporter usai laga Piala Dunia 2022 kontra Kamerun di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. [NELSON ALMEIDA / AFP]
Trending di Berita