Menu

Mode Gelap

Berita ยท 25 Agu 2022 16:17 WIB

Tak Perlu Khawatir, Ini 4 Cara Hilangkan Bruntusan


 Ilustrasi wajah bruntusan (suara.com) Perbesar

Ilustrasi wajah bruntusan (suara.com)

1tulah.comBruntusan merupakan kondisi kulit yang permukaannya kasar dan tidak rata. Cirijya, saat diraba kulit yang mengalami bruntusan akan terasa seperti ada bintik-bintik kecil yang menonjol.

Masalah bruntusan sering dialami setiap orang yang dapat terjadi diberbagai area kulit.

Namun kulit wajah adalah kulit yang paling rentan mengalami bruntusan. Terutama di bagian dahi, hidung, dan dagu.

Bruntusan dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti komedo, iritasi wajah, dermatitis, milia, peradangan pada folikel rambut, dan keratosis seboroik. Namun meski begitu, komedo merupakan cikal bakal dari bruntusan.

Jika kamu sedang mengalami masalah bruntusan, kamu tak perlu khawatir karena kamu dapat mengatasinya dengan beberapa cara berikut.

1. Menggunakan Es Batu

Salah satu cara yang dapat kamu coba untuk menghilangkan bruntus adalah dengan menggunakan es batu. Karena sensasi dinginnya, es batu dipercaya dapat mengurangi gatal akibat bruntusan.

Jika kamu ingin menggunakan es batu untuk mengobati bruntusan, kamu cukup menekan-nekan es batu tersebut di permukaan wajah kamu.

2. Menggunakan Madu

Cara selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi bruntusan adalah dengan menggunakan madu. Sejak dulu madu memang dikenal luas memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan juga kecantikan. Nah, ternyata madu juga terbukti ampuh menghilangkan bruntusan loh.

Jika kamu ingin menggunakan madu untuk menghilangkan bruntusan, kamu cukup mengoleskan madu murni secukupnya pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Biarkan hingga mengering, lalu langsung bilas dengan air bersih.

3. Menggunakan Teh Hijau

Teh hijau dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi inilah yang menyebabkan teh hijau dapat membantu mengatasi bruntusan secara efektif
Untuk menggunakannya, kamu cukup membuat masker sederhana dari teh hijau, yaitu dengan mencampurkan bubuk teh hijau dengan sedikit air, lalu oleskan ke kulit yang mengalami bruntusan. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

4. Menggunakan Lidah Buaya

Memberikan efek dingin, lidah buaya mampu meredakan rasa gatal akibat bruntusan. Lidah buaya yang kaya akan vitamin E ini, ampuh mengatasi luka bakar dan gatal akibat iritasi.
Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya di area yang gatal. Kemudian bilas dengan air dingin.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bruntusan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
(sumber : suara.com)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polisi Masih Selidiki Penyebab Ledakan di Asrama Polisi

26 September 2022 - 10:18 WIB

Polisi masih selidiki penyebab ledakan di Asrama Polisi (suara.com)

Viral Suara Pengamen Bawakan Lagu Bon Jovi, Warganet : Keren Suaranya

26 September 2022 - 09:40 WIB

Viral pengamen mirip vokalis Bon Jovi (tangkapan youtube)

Tukang Ojek dan Nelayan Bakal Terima Bansos, Pencairan Oktober-Desember, Lengkapi Syarat-syaratnya Ini

26 September 2022 - 08:36 WIB

Sadis, Polwan BNN Diduga Aniaya dan Sekap Perempuan

26 September 2022 - 08:33 WIB

Ilustrasi - polwan BNN diduga aniaya dan sekap perempuan (suara.com)

Kejurda Grasstrack 2022 Barsel, Jaring Pebalap Lokal di Ajang Porprov 2023

26 September 2022 - 08:25 WIB

Berteman dengan 4 Zodiak Ini, Dijamin deh Selalu Riang Gembira

26 September 2022 - 07:50 WIB

Trending di Berita