6 Hikmah dan Keutamaan Isra Miraj: Turunnya Salat Lima Waktu dan Terkabulnya Segala Doa yang Dipanjatkan

- Jurnalis

Jumat, 25 Februari 2022 - 10:41 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi berdoa (foto suara.com)

Ilustrasi berdoa (foto suara.com)

1tulah.com – Isra Miraj merupakan peristiwa penting bagi umat Islam yang diperingati setiap tanggal 27 Rajab. Ada beberapa hikmah dan keutamaan di balik peringatan Isra Miraj.

Dalam peristiwa Isra Miraj, Nabi Muhammad melakukan perjalanan malam yang menakjubkan. Lewat peristiwa Isra Miraj, turun perintah untuk menjalankan salat 5 waktu.

Tak hanya perintah salat 5 waktu yang harus dijalankan umat Muslim, ada hikmah dan keutamaan lain yang dapat dipetik dari peristiwa besar Umat Islam ini.

Hikmah Isra Miraj

Dilansir dari Suara.com mengulas mengenai hikmah dan keutamaan Isra Miraj yang akan diperingati pada Senin, 28 Februari 2022 mendatang.

1. Waktu Salat

Hikmah Isra Miraj pertama dan yang paling penting adalah waktu mendirikan salat. Umat Islam wajib menjalankan salat lima waktu. Selain itu, berdasarkan surat Al-Muzammil ayat 2 juga disebutkan tentang mendirikan salat di malam hari.

“Dirikanlah sholat di malam hari, kecuali sedikit.” Al-Muzammil ayat 2.

2. Waktu Dikabulkan Doa

Hikmah Isra Miraj lainnya adalah waktu dikabulkannya doa Nabi Yaqub AS, sesuai dengan firman Allah dalam surat Yusuf ayat 98 tentang permohonan ampunan.

Dia (Yakub) berkata, “Aku akan memohonkan ampunan bagimu kepada Tuhanku. Sungguh, Dia Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

3. Waktu Turun Wahyu Pertama

Hikmah Isra Miraj berkaian erat dengan dengan turunnya wahyu pertama. Adapun penjelasannya berdasarkan HR Bukhari adalah sebagai berikut:

“Malaikat Jibril datang (ke gua hira) dan berkata: “Bacalah!” Beliau menjawab: “Aku tidak bisa baca”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan: Maka Malaikat itu memegangku dan memelukku sangat kuat kemudian melepaskanku dan berkata lagi: “Bacalah!” Beliau menjawab: “Aku tidak bisa baca”. Maka Malaikat itu memegangku dan memelukku sangat kuat kemudian melepaskanku dan berkata lagi: “Bacalah!”. Beliau menjawab: “Aku tidak bisa baca”. Malaikat itu memegangku kembali dan memelukku untuk ketiga kalinya dengan sangat kuat lalu melepaskanku, dan berkata lagi: (Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah).” (HR. Bukhari no. 6982, Muslim no. 160).

Baca Juga :  Selamatkan Terumbu Karang, Amerika Siap Hapus Utang Indonesia $35 Juta

4. Hikmah tentang Penjelasan Waktu

Isra Miraj terjadi pada malam hari karena beberapa alasan khusus berdasarkan kisah kehidupan para nabi sebelum Muhammad SAW. Adapun yang bisa menjadi penjelasan adalah kisah Nabi Ibrahim yang awalnya menganggap bintang adalah Tuhan seperti yang dijelaskan dalam surat Al-An’am ayat 76.

“Ketika malam telah gelap, ia melihat sebuah bintang (lalu) ia berkata: Inilah Tuhanku, tetapi tatkala bintang itu tenggelam ia berkata: Saya tidak suka kepada yang tenggelam.”

5. Waktu Mustajab yang Mulia

Malam hari sebagai malam keberangkatan Rasul SAW ke langit merupakan waktu terbaik yang dijanjikan Allah dan diyakini sebagai waktu mustajab untuk berdoa karena akan dikabulkan oleh Allah. Berbeda dengan siang hari, di mana hanya hari Jumat memiliki keutamaan mustajab dibandingkan malam hari.

6. Waktu yang terbaik untuk pikiran

Baca Juga :  ASN Pindah ke IKN Dapat Tunjangan Pionir dan Hunian, Berapa Besarannya?

Hikmah Isra Miraj yang terakhir adalah menyebutkan malam hari sebagai waktu terbaik untuk pikiran dengan cara istirahat. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Furqan ayat 47.

“Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat. Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha.”

Berikut Keutamaan Isra Miraj.

Selain hikmah yang bisa dipetik, ada pula keutamaan Isra Miraj yang menjadikannya sangat istimewa. Ada doa malam Isra Miraj yang dianjurkan untuk dibaca karena memiliki keistimewaan luar biasa.

Berikut doa malam Isra Miraj beserta artinya.

Allahuma inni as-aluka bi musyahadati israari al-muhibbin, wabilhalawatillati khash-shashasta biha sayyidil mursalin, hina asrarta bihi lailata as-sab’I wal ‘isyriina,anirham qalbiia al-haziin,tujibta da’wati,yaa-akramil akramiin

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia para ahlul mahabbah dengan kemulian khalwat (pertemuan tersembunyi) yang hanya Engkau berikan kepada Nabi Muhammad pemimpin para Rasul ketika Engkau berikan kesempatan kepada beliau pada malam 27 Rajab, berikanlah hatiku yang sedang galau akan kasih sayang-Mu serta kabulkan doa-doaku, Wahai yang Maha memiliki kedermawanan.”

Al-Arif Billah Sayyidi Imam Muhammad Bin Abdul Wahid An-Nazhifiy (1270 H-1366 H) menyatakan, “Siapa saja yang membaca doa ini pada malam 27 Rajab, akan Allah Taala ijabah segala doanya, diangkat kedudukannya dan dihidupkan hatinya dengan aneka kebaikan.”

Itulah ulasan mengenai hikmah dan keutamaan Isra Miraj bagi umat Islam. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda terkait Isra Miraj.

Sumber : suara com

Berita Terkait

Peduli Pers, Dandim 1013/Mtw Terima Penghargaan dari PWI
Indonesia Termasuk Negara Penyumbang Sampah Terbesar di Dunia, Setara 4.800 Candi Borobudur!
Kamal Haasan Kembali Beraksi di Indian 2! Simak Sinopsis dan Daftar Pemainnya
Olimpiade Paris 2024: Momen Bersejarah Kesetaraan Gender Penuh Disambut Atlet Perempuan!
DPRD dan Pemkab Barito Utara Sepakati Penyempurnakan Struktur Perangkat Daerah
Khofifah Makin Pede Menang di Pilkada Jatim Usai PPP Turut Beri Dukungan
Terbuka dan Akuntabel: Pemkab Barito Utara Libatkan DPRD dalam Penyusunan APBD 2025
Katy Perry Kembali dengan Album Baru Bertajuk “143”, Penuh Semangat dan Cinta!

Berita Terkait

Sabtu, 13 Juli 2024 - 16:23 WIB

Peduli Pers, Dandim 1013/Mtw Terima Penghargaan dari PWI

Sabtu, 13 Juli 2024 - 07:58 WIB

Indonesia Termasuk Negara Penyumbang Sampah Terbesar di Dunia, Setara 4.800 Candi Borobudur!

Sabtu, 13 Juli 2024 - 07:50 WIB

Kamal Haasan Kembali Beraksi di Indian 2! Simak Sinopsis dan Daftar Pemainnya

Sabtu, 13 Juli 2024 - 07:39 WIB

Olimpiade Paris 2024: Momen Bersejarah Kesetaraan Gender Penuh Disambut Atlet Perempuan!

Jumat, 12 Juli 2024 - 20:01 WIB

Khofifah Makin Pede Menang di Pilkada Jatim Usai PPP Turut Beri Dukungan

Jumat, 12 Juli 2024 - 17:19 WIB

Terbuka dan Akuntabel: Pemkab Barito Utara Libatkan DPRD dalam Penyusunan APBD 2025

Jumat, 12 Juli 2024 - 16:31 WIB

Katy Perry Kembali dengan Album Baru Bertajuk “143”, Penuh Semangat dan Cinta!

Jumat, 12 Juli 2024 - 16:15 WIB

Pj Bupati Barito Timur Raih Prestasi dan Catatan Penting di Evaluasi Triwulan III 2024!

Berita Terbaru

Oplus_0

Berita

Peduli Pers, Dandim 1013/Mtw Terima Penghargaan dari PWI

Sabtu, 13 Jul 2024 - 16:23 WIB